• Beranda
  • Blog
  • Travel
  • 5 Produk Kreatif Lombok yang Cocok Jadi Oleh-Oleh Setelah Nonton MotoGP

https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/thumbnail-271-03 Rekomendasi 5 Oleh-oleh dari Mandalika, (1).jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/thumbnail-271-03 Rekomendasi 5 Oleh-oleh dari Mandalika, (1).jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/thumbnail-271-03 Rekomendasi 5 Oleh-oleh dari Mandalika, (1).jpg

Travel

5 Produk Kreatif Lombok yang Cocok Jadi Oleh-Oleh Setelah Nonton MotoGP

17 Maret 2022

Share

Wisata ke Lombok belum lengkap rasanya tanpa membawa oleh-oleh untuk orang tersayang. Selain satu atau dua merchandise resmi yang dibeli saat acara balap, pastikan juga Anda sempat membeli produk kreatif lokal Lombok untuk dibawa pulang. 

 

Balapan MotoGP seri 2 berlangsung di Pertamina Mandalika International Street Circuit pada 18-20 Maret 2022, tak ada salahnya untuk menghabiskan beberapa hari tambahan agar bisa merasakan keindahan pulau Lombok baik alam maupun budayanya. Selain itu, Lombok juga kaya akan produk kreatif yang rasanya terlalu sayang untuk dilewatkan.

 

Berikut rekomendasi produk kreatif Lombok yang cocok jadi oleh-oleh.

 

1. Kerajinan Mutiara Laut Selatan 

Mutiara adalah salah satu ikon kerajinan di Pulau Lombok sejak puluhan tahun lalu. Mutiara laut selatan sangat populer dan diminati di Lombok, jenis mutiara ini merupakan salah satu yang terbaik di kelasnya. 

 

Budidaya mutiara air asin di Lombok biasanya terdapat di kawasan Lombok Barat namun produknya bisa ditemukan hampir di seluruh wilayah. Ingin banyak pilihan? Mampir lah di kawasan Sekarbela, Mataram dan jelajahi Kecinan, Senggigi, sampai ke Pantai Kuranji. Dapatkan koleksi mutiara indah yang tak akan Anda dapatkan di mana pun.

 

 

 

2. Cintai wastra lewat songket dan tenun ikat

Tenun ikat dan songket merupakan kain yang diproduksi melalui tangan-tangan terampil para wanita di Lombok, dengan teknik tradisional dan khas. Meski kain sejenis bisa Anda temukan di berbagai daerah di Indonesia, tentu masing-masing memiliki corak yang unik termasuk di Lombok.

 

Kain tenun khas Lombok biasanya diproduksi dan dipasarkan di Lombok bagian selatan. Tak jauh dari Sirkuit Internasional Mandalika, Anda bisa menemukan Desa Sade yang menjadi ‘rumah’ bagi Suku Sasak yang merupakan suku asli Pulau Lombok.

 

Siapkan dana dan bersiaplah untuk membawa pulang lebih dari satu potong kain. Percaya lah, Anda akan terpesona oleh pola dan corak tenun yang luar biasa. 

 

 

 

3. Cukli

Anda mencari oleh-oleh yang tak biasa? Cobalah untuk melirik Cukli. Kerajinan tangan unik khas Lombok ini terbuat dari potongan kerang yang ditempel di kayu, biasanya kayu mahoni maupun jati.

 

Umumnya Cukli diaplikasikan pada furnitur maupun perabotan kecil, dari tempat tisu, wadah air mineral, piring-piring kayu hingga meja dan kursi bahkan lemari. Untuk mendapatkan kerajinan Cukli langsung dari pengrajin, pergilah ke tempat kelahirannya di Lendang Re, sebuah desa kecil yang terletak di utara kota Mataram. 

 

 

 

4. Madu Sumbawa 

Sumbawa adalah sebuah pulau yang terletak di sebelah Lombok yang dikenal sebagai penghasil madu berkualitas. Anda tak akan kesulitan untuk menemukan madu Sumbawa asli di toko oleh-oleh yang ada di Lombok.

 

Madu Sumbawa dikenal dengan rasa manis alami dan manfaatnya bagi kesehatannya. Anda dapat mengkonsumsinya secara langsung atau mencampurnya dengan secangkir teh. Ingin cara yang lebih asyik? Oleskan madu pada roti panggang. Nikmati sesuka hati Anda karena madu yang enak akan cocok dinikmati dengan cara apapun. 

 

 

 

5. Minyak Gosok

Tidak hanya madu, Sumbawa juga memproduksi beberapa jenis minyak gosok yang dibuat secara tradisional. Sama seperti madu, minyak gosok khas sumbawa ini juga banyak dijual di toko cinderamata di Lombok. Dibuat dari berbagai macam bahan alami, minyak ini sangat baik untuk mengatasi berbagai nyeri ringan seperti; keseleo, rematik, dan berbagai macam masalah otot.

 

Karena Pulau Lombok sangat luas dan sentra oleh-oleh tersebar di berbagai penjuru pulau, sebaiknya Anda menyewa mobil untuk mencapainya atau bahkan bus jika Anda bepergian dalam kelompok yang besar. Percayakan urusan transportasi pada rental mobil terbaik dan terpercaya di Lombok pada TRAC. Dengan pengemudi yang dilengkapi dengan sertifikasi defensive driving, TRAC menawarkan berbagai jenis kendaraan untuk Anda sewa. Dari mobil kecil hingga minibus dan bahkan bus untuk rombongan, tinggal sesuaikan dengan kebutuhan Anda. 

 

Kunjungi kantor cabang TRAC di Jl. Pancaka No. 8, Mataram Barat, Selaparang, Mataram, Nusa Tenggara Barat. Untuk informasi lebih lanjut, Anda juga dapat melakukan pemesanan melalui email resmi rco.nasional@trac.astra.co.id atau menghubungi Customer Assistance Center di 1500009. Berencana untuk mengunjungi destinasi lain di Indonesia? Tenang saja, TRAC tersedia di berbagai penjuru tanah air. 

 

Untuk kenyamanan dan keamanan penumpang di masa Pandemi, TRAC fokus mengimplementasikan standar kesehatan dan keamanan dalam berkendara.melalui TRAC SMART Protocol yang meliputi;

 

  • Pembersihan dan disinfeksi kendaraan setelah dan sebelum digunakan
  • Menyediakan hand sanitizer di semua armada. 
  • Menerapkan pembatasan jarak fisik (physical distancing)
  • Memasang pembatas antara penumpang dan pengendara
  • Semua pengemudi yang bertugas harus melalui rangkaian tes kesehatan
  • Mewajibkan pengemudi untuk selalu menggunakan sarung tangan dan masker
  • Larangan bagi pengemudi untuk melakukan kontak fisik dengan penumpang

 

Untuk melakukan reservasi dengan penawaran terbaik, pastikan aplikasi TRACtoGo telah terinstal di ponsel Anda. Segera unduh TRACtoGo dari Google Playstore  atau Apple App Store untuk segala kemudahan dalam pemesanan.

 

Mulai 18 Maret 2022, Anda juga dapat melakukan pemesanan bus melalui aplikasi TRACtoGo, lho! Dapatkan cashback atau bahkan free ride untuk pemesanan bus melalui aplikasi. 

 

Jangan ketinggalan juga promo Ramadhan dan Lebaran! Lakukan pemesanan dari jauh-jauh hari untuk memastikan ketersediaan unit.

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp