5 Rekomendasi Museum di Jakarta Yang Bikin Anak Betah
5 Rekomendasi Museum di Jakarta Yang Bikin Anak Betah
5 Rekomendasi Museum di Jakarta Yang Bikin Anak Betah

Travel

5 Rekomendasi Museum di Jakarta Yang Bikin Anak Betah

29 Juni 2022

Share

Kata museum saat ini tak hanya tertuju pada koleksi benda-benda kuno saja tetapi juga karya seni yang menarik dan unik. Dengan adanya sentuhan teknologi, display yang menarik dan kegiatan yang asyik kini Anda tak perlu ragu untuk mengajak si kecil menghabiskan waktu liburnya ke beberapa museum yang ada di Jakarta bahkan beberapa diantaranya merupakan museum interaktif lho.

 

 

5 Museum di Jakarta Yang Bisa Dikunjungi Bareng Anak

 

 

1. Museum Bank Indonesia

Lokasinya sangat strategis, tak jauh Taman Fatahillah yang menjadi pusat Kota Tua Jakarta. Beragam diorama terkait dengan keuangan dan bank sentral ditampilkan dengan apik dan menarik, beberapa diantaranya dilengkapi dengan video untuk menambah penjelasan terkait dengan display yang ditampilkan.

 

Jangan lupa mampir ke Ruang Numismatik untuk melihat koleksi uang lokal maupun internasional. Oh iya, bangunan Museum Bank Indonesia juga tak kalah menarik dari koleksinya lho! 

 

2. Museum Layang-layang

Merupakan satu dari sedikit museum yang ada di Kawasan Jakarta Selatan, berbeda dari banyak museum yang biasanya berkumpul di komplek Kota Tua. Tak hanya mengenal aneka layang-layang tradisional Indonesia dan internasional, di sini anak-anak juga akan diajak mengikuti workshop membuat layang-layang.

 

Tentunya layang-layang yang didesain oleh si kecil bisa dibawa pulang lho. Tak hanya itu, banyak juga kegiatan yang bisa diikuti oeh anak-anak dan orang dewasa seperti kelas yoga, kelas tari dan workshop lainnya.

 

 

3. Magic Art 3D Museum Kota Tua

Selain Museum Sejarah Jakarta, Museum Wayang dan Museum Keramik dan Seni Rupa ada satu lagi museum yang bisa Anda sambangi saat menjelajah Kawasan Taman Fatahillah di seputaran kota Tua Jakarta.

 

Menempati salah satu bangunan lawas yang ada, museum lukisan 3 dimensi ini sebenarnya terbilang cukup baru. Terdapat 17 zona tema dan 104 spot foto, tak hanya di dinding lukisannya juga ada di lantai.

 

Tak perlu khawatir kebingungan cara memotretnya karena para petugas akan dengan senang hati membantu memotret bahkan mengarahkan gaya.

 

4. Moja Museum

Dengan lokasinya yang mudah dijangkau di pusat kota, Museum of Jakarta alias Moja Museum menjadi museum favorit para milenial dan keluarga muda. Moja terdiri dari 3 wahana: Roja by Moja yakni mengelilingi museum dan berfoto-foto memakai sepatu roda, SUMoPaint yakni aktivitas melukis di kanvas atau dinding, serta Golf by Moja yakni bermain golf di lapangan mini 11 hole. Beragam spot foto warna-warni ada di sini, gemas!

 

 

5. Museum Macan

Museum Macan (Modern And Contemporary Art in Nusantara) memamerkan seni kontemporer dan interaktif. Instalasi-instalasi seni dan lukisan-lukisan bergaya modern dipajang untuk memuaskan pancaindera pengunjung.

 

Salah satu spot yang antrenya mengular adalah Infinity Mirrored Room, pengunjung cuma diberi waktu 45 detik untuk berfoto di dalam ruangan ini. Setiap jangka waktu tertentu, Museum Macan juga menghadirkan pameran karya seniman dan instalator kontemporer. Contohnya seperti Ruang Seni Anak, karya Theresia Agustina Sitompul yang berjudul Kembara Biru. Cocok untuk dikunjungi bersama si kecil! 

 

 

 

Wah terlihat seru ya menghabiskan waktu liburan bersama si kecil ke museum-museum di atas. Anda dapat mengunjungi satu-persatu maupun sekaligus beberapa museum di satu hari yang sama.

 

Karena beberapa museum lokasinya menyebar, dan tak semua museum memiliki lahan parkir yang memadai maka sebaiknya mencari alternatif transportasi yang nyaman dan aman.

 

Anda bisa memanfaatkan layanan rental mobil TRAC untuk perjalanan bersama keluarg. terlebih di penghujung pandemi ini TRAC tetap konsisten menerapkan SMART Protocol sebagai protokol kesehatan dan keselamatan selama melayani Anda. SMART Protocol meliputi beberapa hal berikut ini:

 

  • Melakukan penyemprotan disinfektan ke semua unit yang akan bertugas maupun setelah melayani pelanggan
  • Menyediakan hand sanitizer di semua unit yang bertugas melayani pelanggan
  • Menerapkan social distancing di seluruh unit yang mengangkut pelanggan
  • Memberikan sekat pembatas antara driver dengan pelanggan
  • Setiap driver yang bertugas akan melalui proses pengecekan kesehatan
  • Setiap driver yang bertugas diwajibkan menggunakan masker dan sarung tangan
  • 7Driver tidak diperkenankan melakukan kontak fisik apapun kepada pelanggan.

 

Untuk kemudahan melakukan reservasi, unduh dan instal aplikasi TRACtoGo di Google Play Store dan Apple App Store. Dapatkan juga berbagai promo dan penawaran terbaik hanya di aplikasi keren ini. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi Customer Assistance Center TRAC melalui nomor telepon 1500009 atau mengirimkan email ke rco.nasional@trac.astra.co.id.

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp