https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-326-06 xx resto ini sudah ada dari sebelum jaman kemerdekaan.jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-326-06 xx resto ini sudah ada dari sebelum jaman kemerdekaan.jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-326-06 xx resto ini sudah ada dari sebelum jaman kemerdekaan.jpg

Travel

5 Rekomendasi Resto Legendaris dari Sebelum Zaman Kemerdekaan

22 Agustus 2022

Share

Berwisata saat melakukan perjalanan dinas bisa dibilang merupakan adalah hal yang cukup tricky. Wisata kuliner seringkali menjadi jalan tengah untuk tetap menikmati kota di sela padatnya jadwal pertemuan, bahkan tak jarang obrolan pun dilakukan sambil menikmati kudapan dan hidangan setempat.

 

Manjakan lidah Anda dengan menu-menu lawas nan nikmat dari resto legendaris maupun kedai lawas yang telah ada sejak sebelum zaman kemerdekaan. 

 

 

Berikut 5 rekomendasi resto legendaris yang telah ada ada dari sebelum zaman kemerdekaan

 

1. Tiptop Restaurant (Medan)

Restoran kebanggaan warga Medan ini bermula pada tahun 1929 dari sebuah toko roti bernama Jangkie yang berlokasi di Jalan Pandu. Baru pada tahun 1934, Jangkie Bakery menempati lokasi sekarang di kawasan kesawan yang tak kalah legendaris serta berganti nama menjadi Tiptop Restaurant. 

 

Meski sudah berganti nama menjadi restoran namun Tiptop tetap menyajikan aneka roti dan kue, bahkan mereka masih menggunakan oven aku bakar yang sama sejak tahun 1934. Tiptop Restaurant menghidangkan berbagai menu yang terinspirasi dari masakan Asia dan Eropa, sebut saja aneka Bistik, Hurasen Salad, Ayam Goreng Semboi, Jamur Goreng Rebung, Saucijsebrood dan banyak lainnya. Oh iya, jangan lupakan juga aneka hidangan penutup yang akan membuat hari Anda semakin manis.


 

 

 

2. Kopi Es Tak Kie (Jakarta)

Kedai yang terletak di dalam Gang Gloria ini telah menyajikan es kopi jauh sebelum gerai-gerai modern menjamur di tanah air. Kopi Es Tak Kie dikenal dengan racikan es kopi susu dan es kopi hitamnya sejak tahun 1927. Selain dua minuman tersebut, kedai ini juga menyediakan bubur, mie ayam serta nasi campur yang cocok menjadi hidangan makan pagi maupun brunch. Anda juga bisa membeli beberapa jajanan pasar yang terdapat di kawasan pecinan dan menikmatinya bersama segelas kopi yang Anda pesan.

 

 

 

3. Sumber Hidangan dan Braga Permai (Bandung)

Jika Anda penikmat suasana lawas, maka sebaiknya luangkan sedikit waktu untuk singgah di Jalan Braga saat berkunjung ke Bandung. Ada dua resto legendaris yang bisa Anda coba, yaitu Sumber Hidangan dan Braga Permai. Sumber hidangan atau yang dulu dikenal dengan Het Snoephuis telah melayani para nona dan tuan sejak tahun 1929 dengan beragam roti hangat serta es krim yang nikmat. Rekomendasi menu yang harus Anda coba di tempat ini adalah bitterballen (bola ragout daging) serta sorbet frambos yang segar.

 

Perhentian selanjutnya adalah Braga Permai, resto yang dibuka tahun 1918 ini dulunya bernama Maison Bogerijen. Tempat ini cocok untuk menjadi destinasi makan siang Anda bersama kolega. Cicipi Aneka menu Indonesia dan western seperti Steak Lidah dan Lobster Thermidore yang menggugah selera. 

 

 

 

4. Toko Oen (Semarang dan Malang)

Toko Oen pertama kali melayani pembelinya saat pasangan Oen Tjoen Hok membuka sebuah toko kue di Yogyakarta pada Tahun 1910. Baru lah pada tahun 1934 mereka memiliki cabang di Jakarta dan tahun 1936 di Semarang dan Malang. Hingga kini hanya Toko Oen Semarang yang masih dikelola oleh keturunan sang pionir, Toko Oen Malang telah alih kepemilikan sejak tahun 1990 dan dua toko lainnya telah tutup berdekade lalu.

 

Baik di Toko Oen Semarang maupun Malang memiliki menu yang hampir sama, fusion kuliner Indonesia dengan cita rasa barat dan tiongkok, sebut saja menu ayam kodok alias gevulde kip, kroket hingga aneka pasta dan sop buntut. Cicipi juga aneka es krim rasa dan kue ala jaman dahulu yang terlalu sayang untuk dilewatkan.

 

 

 

5. Mak Beng (Bali)

Berdiri sejak tahun 1941, warung makan yang berada di kawasan Sanur, Denpasar ini hanya memiliki 1 paket menu saja yaitu; ikan goreng dan nasi putih yang dilengkapi seporsi sup ikan. Segar! Ikan yang digunakan di warung Mak Beng ini adalah ikan laut antara lain ikan cakalang, kakap maupun tenggiri yang ditangkap oleh nelayan lokal. Sayangnya, Anda tak bisa memilih ikan mana yang akan Anda santap. Tak perlu khawatir,  karena apapun jenis ikannya masakan di warung makan ini selalu sedap dari waktu ke waktu.

 

 

 

Tak hanya sekadar nikmat, 5 resto legendaris di atas mengandung nilai sejarah. Hampir semua resto legendaris masih menempati bangunan lamanya, menambah aura klasik pada setiap hidangan yang Anda santap. Resto-resto ini tak hanya cocok disambangi di sela perjalanan bisnis namun juga cocok untuk kunjungan santai bersama teman maupun keluarga.

 

Agar perjalanan dinas kali ini makin nyaman, sebaiknya Anda menggunakan layanan rental mobil saat hendak berkeliling kota. Waktu yang terbatas untuk mengunjungi destinasi kuliner dan wisata sebaiknya tak dibuang percuma untuk sekadar mencari tempat parkir maupun menunggu kendaraan umum.

 

Pilih layanan rental mobil yang terpercaya dengan pelayanan prima, seperti yang ditawarkan oleh TRAC. Kenyamanan dan keamanan Anda saat bepergian merupakan faktor yang diutamakan terutama di penghujung pandemi, oleh karena itu TRAC senantiasa melaksanakan SMART Protocol yang meliputi; pembersihan armada saat sebelum dan setelah bertugas, melengkapi armada dengan sekat pembatas antara pengemudi dan penumpang serta menempatkan hand sanitizer di semua unit. 

 

Reservasi layanan rental mobil maupun sewa bus dari TRAC bisa dibilang mudah banget. Anda dapat langsung melakukan pemesanan melalui aplikasi TRACtoGO yang dapat diunduh melalui Google Playstore maupun di Apple App Store. Untuk mengetahui lebih lanjut layanan rental mobil prima dari TRAC, Anda dapat menghubungi Customer Assistance Center di 1500009 atau mengirimkan email ke rco.nasional@trac.astra.co.id

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp