10 Tak hanya punya pantai, xx rekomendasi wisata di Lombok yang cocok untuk anak gunung (1).jpg
10 Tak hanya punya pantai, xx rekomendasi wisata di Lombok yang cocok untuk anak gunung (1).jpg
10 Tak hanya punya pantai, xx rekomendasi wisata di Lombok yang cocok untuk anak gunung (1).jpg

Travel

5 Rekomendasi Wisata di Lombok yang Cocok untuk Anak Gunung

31 Oktober 2022

Share

Wisata di Lombok tak hanya jadi favoritnya ‘anak pantai’, namun juga ‘anak gunung’. Selain pantai-pantai yang cantik tersebar di seluruh penjuru pulau, Anda tak boleh melupakan fakta bahwa Lombok juga menjadi rumah salah satu gunung tertinggi di Indonesia. 

 

Anugerah kekayaan alam dipadu dengan budaya setempat seolah membuat wisata di Lombok menjadi satu paket yang lengkap. Ditambah, kini ada Sirkuit Pertamina Mandalika yang menjadi tempat perhelatan MotoGP. Tak aneh, jika banyak wisatawan yang rela berulang kali datang ke pulau ini.

 

Kunjungan kali ini, Anda bisa kesampingkan dahulu Pantai Senggigi yang tersohor maupun Kawasan Kuta Mandalika yang menjadi pujaan wisatawan. Persiapkan ransel dan jaket Anda untuk berpetualang di bukit, gunung dan hutan yang ada di Pulau Lombok.


 

 

Tak hanya jadi favorit anak pantai, ini 5 spot wisata di Lombok yang jadi andalan anak gunung.
 

Puncak Gunung Rinjani, salah satu ikon wisata di Lombok

Puncak setinggi 3.726 mdpl ini adalah impian bagi banyak pendaki, titik ini digadang menjadi salah satu titik tertinggi di Indonesia. Masih ada perdebatan mengenai peringkat ketinggian gunung ini, beberapa orang menyematkan predikat sebagai gunung tertinggi ke-3 di Indonesia sedangkan beberapa lainnya menyatakannya sebagai yang tertinggi ke-4 setelah Puncak Jaya, Kerinci dan Semeru.

 

Ada 4 jalur yang biasa digunakan oleh wisatawan dan pendaki untuk mencapai salah satu ikon wisata di Lombok ini antara lain jalur Sembalun, jalur Senaru, jalur Aik Berik dan jalur Timbanuh. Setidaknya siapkan waktu luang sekitar 1 pekan apabila Anda menginginkan pendakian yang nyaman, menikmati keindahan sekitar dan bisa juga mampir ke destinasi wisata lain di Pulau Lombok. 


 

 

Plawangan Sembalun, cocok untuk berkemah

Merupakan pos terakhir yang akan Anda temukan pada pendakian di Gunung Rinjani melalui jalur Desa Sembalun. Anda yang tak berniat muncak bisa sekadar berkemah di lokasi ini sambil menikmati pemandangan pegunungan yang ciamik. Oh iya, dari sini Anda juga bisa melanjutkan perjalanan ke Danau Segara Anak yang terkenal.

 

Waktu terbaik untuk menikmati Plawangan Sembalun adalah antara bulan April, Mei hingga awal Juni. Kombinasi hamparan awan dan padang savana hijau di sisi Sembalun serta danau Segara anak di sisi lainnya seolah memanjakan mata dan jiwa. Tentunya, dari sini juga sudah terlihat puncak yang maha megah dari Gunung Rinjani.


 

Desa Wisata Sesaot, tujuan asik untuk bersantai

Menjelajah Hutan Sesaot hingga menjajal olahraga downhill dapat menjadi pilihan saat bertandang ke Desa Wisata Sesaot. Ingin lebih santai? Anda dapat mengunjungi Pusat Rekreasi masyarakat dan nikmati pemandian alam yang berwarna biru tosca. Rasakan juga bermalam di rumah adat khas Suku Sasak.

 

Secara administratif, desa wisata ini terletak di Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat dan dapat dijangkau selama kurang lebih 1 jam 15 menit berkendara dari Bandar Udara Internasional Lombok. Desa Sesaot berada di kawasan Gunung Api Purba Punikan dan tak jauh dari kompleks Gunung Api Rinjani. Menarik!


 

 

Sendang Gile dan Air Terjun Tiu Kelep, untuk yang suka blusukan

Berlokasi di kaki Gunung Rinjani sebelah utara, dua air terjun ini akan menjadi pengalaman tersendiri bagi Anda yang suka blusukan ke alam. Sekitar 2 jam perjalanan berkendara dari Mataram, maka Anda akan sampai di gerbang masuk menuju dua air terjun ini.

 

Tak butuh effort besar untuk menjangkau Sendang Gile, hanya 15 menit berjalan kaki dari gernang maka Anda sudah bisa menikmati air terjun ini. Jika ingin yang lebih menantang, maka lanjutkan 45 menit perjalanan menembus hutan dan melewati sungai untuk mencapai Tiu Kelep dengan terjunan yang aduhai.


 

Air Terjun Benang Kelambu dan Benang Stokel, hidden gem wisata di Lombok

Namanya sangat unik, begitu pun pemandangan yang akan disuguhkan di sana. Berbeda dengan air terjun biasanya yang turun langsung dari puncak tebing, di sini Anda akan terpukau dengan air yang turun dari sela-sela rimbunnya pepohonan. Pastikan waktu kunjungan Anda tepat saat debit air cukup deras dan bersih untuk menggambarkan pemandangan terbaik.

 

Dua air terjun ini hanya terpisah sekitar 1 kilometer, keduanya masuk dalam kawasan Geopark Gunung Rinjani dan dapat dijangkau sekitar 90 menit dari pantai Senggigi. Selain pemandangan yang indah, Anda juga bisa bermain air di sekitar air terjun dengan aman namun tetap berhati-hati ya.

 

 

 

Destinasi di atas bisa terbilang cukup jauh dari kawasan pantai yang biasanya menjadi pilihan tinggal wisatawan, lokasinya pun terbilang jauh dari keramaian. Untuk itu, sebaiknya Anda menggunakan layanan rental mobil TRAC untuk mengantar Anda ke tempat-tempat tersebut. Sebagai penyedia rental mobil yang memiliki jangkauan layanan terluas, TRAC juga hadir untuk bermacam keperluan Anda saat bertandang ke Pulau Lombok.

 

Berbagai pilihan armada siap mengantar Anda untuk menjelajah, dan tentunya didampingi juga oleh pengemudi andal yang akan membuat perjalanan semakin nyaman. Untuk rental mobil bali, ataupun sewa mobil harian di Lombok, Anda bisa langsung melakukan reservasi melalui aplikasi TRACtoGo yang bisa diunduh di Google Play Store maupun Apple App Store. Selain rental mobil, TRAC juga memiliki layanan Airport Service yang akan mengantar Anda dari dan ke Bandara Internasional Lombok.

 

Tak hanya di Lombok, TRAC memiliki layanan di berbagai kota di Indonesia dengan bermacam layanan yang akan mendukung segala kebutuhan baik personal maupun perusahaan. Jangan lupa, ikuti media sosial TRAC untuk informasi terkini maupun penawaran menarik melalui instagram @trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter @TRACastra. Untuk informasi informasi tambahan Anda bisa menghubungi Customer Assistance Center di 1500009 maupun mengirimkan email ke rco.nasional@trac.astra.co.id

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp