08 xx spot keren di sekitar Gunung Bromo (1).jpg
08 xx spot keren di sekitar Gunung Bromo (1).jpg
08 xx spot keren di sekitar Gunung Bromo (1).jpg

Travel

5 Spot Keren di Sekitar Gunung Bromo

28 Oktober 2022

Share

Keindahan Gunung Bromo telah tersohor hingga ke penjuru negeri, tak aneh jika destinasi ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Perjalanan berburu matahari pagi di Gunung Bromo umumnya dimulai sejak tengah malam hingga pagi dan menjelang siang. Jangan buang waktu Anda dengan percuma, jika memungkinkan maka Anda dapat melanjutkan eksplorasi ke beberapa lokasi lain di sekitar Gunung Bromo.

 

TRAC telah merangkum, setidaknya ada 5 spot ciamik yang bisa Anda sambangi sepulang dari tur Gunung Bromo maupun didatangi langsung saat waktu senggang bersama teman dan keluarga.


 

 

5 lokasi cantik di sekitar Gunung Bromo yang harus didatangi


 

1. Puncak B29, menikmati Gunung Bromo dari sisi yang lain

Berlokasi di sebelah tenggara, Puncak B29 setinggi 2.900 mdpl itu dapat menjadi alternatif menikmati keindahan Gunung Bromo. Jika cuaca sedang cerah, setidaknya Gunung Bromo, Arjuno – Welirang, Argopuro, Raung, serta Semeru bisa dinikmati dari kejauhan. Datanglah di sore hari untuk mendapatkan pemandangan terbaik, meski pagi hari pun tak kalah menarik.

 

Selain B29, ada pula puncak P30 yang digadang sebagai hidden gem. Siapkan diri Anda untuk menghadapi medan jalanan yang cukup terjal sebelum terbius pemandangan yang lebih aduhai dari ketinggian 3.000 mdpl. Secara administratif, baik B29 maupun P 30 masuk dalam wilayah Kabupaten Lumajang. 

 

 

2. Bukit Mentigen, camping sambil hunting sunrise

Satu lagi lokasi alternatif untuk menikmati matahari terbit di Gunung Bromo. Berbeda dari kawasan Pananjakan yang ramai wisatawan, Bukit Mentigen atau Mentigen Hill cenderung sepi terutama jika Anda melakukan perjalanan saat weekdays. Di sini Anda juga bisa menunggu sunrise sambil bersantai di dalam tenda. Ya, Pengelola Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru secara resmi mengizinkan wisatawan untuk mendirikan tenda di lokasi isi. Seru!

 

Selain untuk sekadar menikmati malam hingga matahari terbit, kawasan ini juga dikenal cocok untuk berburu milky way di malam hari hingga foto prewedding di pagi dan sore hari. Anda cukup dengan berjalan kaki (trekking) sekitar 15 menit dari rest area Ngadisari, lokasi kendaraan roda 4 bisa diparkir dengan aman.


 

3. Air Terjun Madakaripura, air terjun tertinggi di Pulau Jawa

Dilabeli yang tertinggi di Pulau Jawa dan kedua di Indonesia,  Air Terjun Madakaripura memiliki terjunan setinggi 200 m. Kombinasi tebing batu, dan hijau pemandangan sekitar seolah berpadu apik dengan air terjun. Dari kawasan Gunung Bromo, diperlukan perjalanan sekitar 1 jam untuk mencapai lokasi ini

 

Sesuai namanya, air terjun yang berada di Kabupaten Probolinggo ini memiliki keterkaitan dengan Gajah Mada. Konon katanya, patih Kerajaan Majapahit itu menjadikan air terjun ini ini sebagai tempat bertapa.


 

 

4. Coban Pelangi, cocok untuk singgah setelah menikmati Gunung Bromo

Jika Anda berangkat dari lokasi Pasir Berbisik yang terkenal, maka Air Terjun Pelangi atau Coban Pelangi dapat dijangkau dengan kurang dari 1 jam berkendara ke arah Tumpang, Kabupaten Malang. Lokasi ini cocok disinggahi setelah mengejar matahari pagi di Gunung Bromo. Terik matahari pada rentang pukul 10 pagi hingga 2 siang akan menciptakan bias pelangi di air terjun setinggi 110 meter itu.


 

5. Desa Wisata Ngadas, kampung atas awan yang masih memegang adat

Disebut sebagai desa tertinggi di Pulau Jawa, tak ayal desa ini disebut sebagai kampung di atas awan. Selain pemandangan yang indah, udara yang sejuk, masyarakat Desa Ngadas juga masih memegang kuat adat dan budaya nenek moyang. Ada banyak acara yang diselenggarakan di desa ini, jika beruntung Anda dapat terlibat di salah satunya.

 

Desa Wisata Ngadas memiliki beberapa homestay yang dikelola oleh masyarakat, sehingga cocok bagi Anda yang ingin beristirahat setelah atau sebelum melakukan perjalanan ke Gunung Bromo. Meski udara di sini cenderung dingin namun Anda akan senantiasa disambut dengan hangat oleh penduduk Desa Ngadas.

 

Lima spot di atas biasanya tak ada dalam daftar jadwal perjalanan tur Gunung Bromo, untuk itu sebaiknya Anda menyiapkan sendiri kunjungan kali ini. Atur kunjungan bersama teman-teman maupun keluarga besar agar perjalanan semakin ramai dan seru. Berwisata bersama tentu akan mempererat tali silaturahmi dengan orang-orang tersayang.

 

 

Jika pergi dengan banyak orang, Anda tentu memerlukan dukungan kendaraan yang mumpuni terlebih untuk mencapai kawasan Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru yang terletak di ketinggian. Sebagai penyedia layanan rental mobil dan sewa bus yang andal dan terpercaya, TRAC memiliki layanan sewa bus kecil dan medium yang cocok untuk penjelajahan kali ini. 

 

Alih-alih terbagi dalam beberapa kendaraan, menggunakan bus kecil maupun medium dapat membuat perjalanan lebih efisien. Selain itu, Anda juga bisa bercengkrama dengan banyak orang saat perjalanan. Bus kecil memiliki kapasitas 11-16 orang sedangkan bus medium mampu memuat hingga 35 orang. 

 

Selain layanan yang prima dan profesional, TRAC juga selalu memberikan kemudahan bagi Anda. Reservasi layanan rental mobil maupun sewa bus dari TRAC bisa dilakukan dimana saja langsung dari ponsel Anda melalui aplikasi TRACtoGo. Aplikasi keren ini dapat diunduh melalui Google Playstore dan di Apple App Store sesuai dengan spesifikasi gawai Anda. Selain itu, pemesanan juga bisa dilakukan di Kantor Cabang TRAC yang berada di berbagai kota. 

 

Jika membutuhkan informasi tambahan Anda bisa menghubungi Customer Assistance Center di 1500009. Follow juga media sosial TRAC untuk informasi terkini baik melalui instagram @trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter @TRACastra.

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp