5 Wisata Terbaik di Dataran Tinggi Dieng
5 Wisata Terbaik di Dataran Tinggi Dieng
5 Wisata Terbaik di Dataran Tinggi Dieng

Travel

5 Wisata Terbaik di Dataran Tinggi Dieng

20 Desember 2023

Share

Dieng, wisata yang berada di dataran tinggi Jawa Tengah ini, cocok jadi destinasi liburan akhir tahun. Lokasi berada diantara dua kabupaten, yakni Wonosobo dan Banjarnegara.

 

Dengan ketinggian lebih dari 2.000 mdpl, Dieng kerap dijuluki sebagai "Negeri di Atas Awan," karena kondisinya yang selalu diselimuti awan terlebih saat pagi dan malam hari.

 

Punya keindahan alam yang memesona, Dieng menawarkan berbagai destinasi menarik buat dikunjungi, sob. Mulai dari gunung, bukit, kawah, candi, danau, hingga kuliner khas dan kolam pemandian air hangat.

 

Pastinya cukup komplit untuk jadi lokasi liburan bareng keluarga. Berikut lima lokasi wisata terbaik di dataran tinggi Dieng yang bisa sobat TRAC kunjungi.

 

 

 

Batu Pandang Ratapan Angin Dieng

 

Lokasinya dekat dengan Telaga Warna, Bukit Sikunir, dan Gardu Pandang Dieng. Batu Pandang Ratapan Angin, atau yang populer dengan sebutan Ratapan Angin merupakan tebing batu yang terbentuk akibat letusan gunung vulkanik zaman purba. Dari sini, sobat TRAC bisa melihat keindahan panorama Telaga Warna dengan jelas.

 

Nggak perlu merogoh kocek terlalu dalam, sobat TRAC hanya perlu membayar retribusi parkir kendaraan berkisar Rp 5 ribu hingga Rp 10 ribu.

 

Telaga Warna

 

Kurang afdol rasanya kalau main ke Dieng tapi nggak main ke Telaga Warna, sob. Destinasi ini jadi yang paling favorit karena pesona air danau yang bisa berubah warna menjadi merah, hijau, biru, serta kuning karena kandungan sulfur di dalamnya.

 

Telaga Warna Dataran Tinggi Dieng Medium.png

 

Fenomena unik itu bisa sobat TRAC nikmati hanya dengan membayar tiket masuk Rp 22.000. Tempat ini dijamin cocok untuk bersantai dan menikmati pesona bukit-bukit hijau yang mengelilinginya.

 

Bukit Sikunir

 

Terletak di Desa Sembungan, Bukit Sikunir menawarkan pemandangan indah gunung-gunung, desa-desa, serta Telaga Cebong yang dikelilingi kabut tipis.

 

Puncak Sikunir Dataran Tinggi Dieng Medium.png

 

Lokasi ini jadi tempat terbaik untuk menikmati keindahan matahari terbit. Sobat TRAC cuma perlu membayar Rp 5.000 untuk bisa sampai ke titik sunrise view yang ada.

 

 

 

Bukit Sidengkeng

 

Lokasinya berada di Desa Dieng Wetan. Bukit Sidengkeng akan memberi sobat pengalaman unik menikmati keindahan Telaga Warna dan Telaga Pengilon sekaligus.

 

Nggak cuma itu aja sob, ada area Camping Ground untuk berkemah, hingga beragam spot foto instagramable yang sayang banget kalau dilewatkan.

 

Padang Savana Dieng

 

Sebagai destinasi terbaru, Padang Savana menawarkan padang rumput hijau dan pemandangan pegunungan yang indah. Cocok untuk berkemah, hunting foto, atau sekedar menggelar aktivitas outdoor yang menyenangkan.

 

Jangan lupa bawa perlengkapan yang dibutuhkan ya, sob karena fasilitas yang tersedia masih sangat terbatas. Lokasinya di Dieng Kulon, buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB.

 

 

 

Jelajahi berbagai pesona wisata Indonesia dengan layanan rental mobil dan sewa bus pariwisata dari TRAC. Dengan pengalaman lebih dari 37 tahun, TRAC hadir menjadi solusi untuk setiap kebutuhan transportasi yang aman serta nyaman. 

 

Pesan sekarang lewat halaman reservasi di website TRAC atau melalui aplikasi TRACtoGo. Segera install aplikasi TRACtoGo di Playstore maupun Appstore. Jangan lupa registrasi membership untuk menikmati beragam kemudahan layanan TRAC.

 

Oh iya, untuk informasi terkini, jangan lupa follow media sosial TRAC melalui instagram @trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter @TRACastra.

 

Kemanapun treknya, pakai TRAC aja!

 

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp