• Beranda
  • Blog
  • Travel
  • 7 Rekomendasi taman dan Playground outdoor di Jakarta untuk Isi Waktu Libur

https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-305-03 Tak bisa keluar kota_ xx rekomendasi playground di Jabodetabek untuk ajak anak liburan (1).jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-305-03 Tak bisa keluar kota_ xx rekomendasi playground di Jabodetabek untuk ajak anak liburan (1).jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-305-03 Tak bisa keluar kota_ xx rekomendasi playground di Jabodetabek untuk ajak anak liburan (1).jpg

Travel

7 Rekomendasi taman dan Playground outdoor di Jakarta untuk Isi Waktu Libur

22 Juni 2022

Share

Libur sekolah telah tiba, tentu Anda memiliki keinginan untuk mengajak si kecil untuk rehat sejenak dari rutinitas sekolah. Sayangnya Anda mungkin tak punya banyak waktu untuk menyusun agenda liburan ke luar kota karena aktivitas pekerjaan yang tak bisa ditinggal. Agar liburannya tetap berkesan, dedikasikan satu hari penuh untuk mengajak anak bermain. Anda bisa memilih taman atau playground dalam ruangan dan bersenang-senanglah bersama si kecil.

7 rekomendasi taman dan playground outdoor di Jakarta untuk mengisi waktu liburan anak

 

 

1. Tebet Eco Park

Setelah direvitalisasi, taman ini sekarang menjadi ikon baru Jakarta. Tebet Eco Park memanjang dari utara ke selatan, seiring aliran sungai kecil di tengahnya. Terbelah oleh Jl. Tebet Barat IX, taman ini dihubungkan dengan jembatan Infinity Link Bridge yang berbentuk angka 8. NIkmati bermain sambil menyusuri pohon-pohon yang rimbun, jembatan gantung, dan jalan kayu setapak. Ada juga tempat bermain dan outdoor gym untuk anak ada di sisi selatan. Di sini mereka bisa bermain pasir, perosotan, panjat dinding, masuk terowongan, berjalan di atas jaring, hingga menaiki punggung patung buaya yang menjadi maskot di area ini. 

 

 

2. Taman Menteng & Taman Kodok

Taman yang berada kawasan elit Jakarta Pusat ini dulunya bekas stadion sepakbola. Sekarang menjadi taman kota yang terbuka untuk semua orang. Berbagai fasilitas untuk anak maupun remaja ada di sini, mulai dari perosotan, ayunan, hingga lapangan futsal dan ring bola basket. Juga ada air mancur, pojok baca, dan rumah kaca. Anda bisa menemani si kecil berlatih sepatu roda di sini. Ada pula Taman Kodok yang lebih kecil, dengan lingkaran bulat di tengahnya untuk amfiteater atau kegiatan senam. Tempat-tempat duduk yang teduh serta patung-patung kodok yang lucu mengelilingi lingkaran ini dan membuatnya makin cantik.

 

 

3. Taman Suropati & Patung Diponegoro

Dengan berjalan kaki sekitar 7 menit dari Taman Menteng, Anda akan sampai di Taman Suropati yang super-rimbun. Memang tak ada area bermain khusus, namun di sini mereka bisa berlarian, naik sepeda mini, atau memberi makan burung-burung merpati. Sementara itu, Anda bisa duduk sambil menikmati air mancur, atau berjalan di trek akupresur. Setiap Sabtu dan Minggu sore ada komunitas seni yang mengadakan latihan di sini, jadi bisa sebagai hiburan gratis. Di depan taman ini ada Taman Patung Diponegoro. Sang Pangeran yang gagah berkuda, dihiasi air mancur dan taman bunga warna-warni. Berfoto-foto di sini serasa di Eropa, terlebih dengan Gereja Santo Paul sebagai latar belakangnya.

 

 

4. Situ Lembang

Berjalan kaki ke utara sekitar 3 menit dari Taman Suropati, kita akan sampai ke Situ Lembang. Taman ini memiliki danau kecil yang cantik dan dilengkapi jogging track, air mancur, serta beberapa alat permainan untuk anak. Anda bisa menggelar tikar untuk piknik di sini, namun jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan ya! Dibandingkan Taman Suropati, taman ini lebih sepi sehingga pantas disebut sebagai hidden gem di tengah kota.

 

 

5. The Playground Kemang

Berlokasi di kawasan elit Kemang, playground outdoor ini mempunyai area rumput yang luas dan pohon-pohon yang rimbun. Di sini ada 10 peralatan bermain yang bisa digunakan oleh anak usia 2-10 tahun. Semua peralatan dilengkapi lantai karet berstandar internasional agar anak lebih aman bermain. Terdapat area bermain basah, dengan seluncuran dan pancuran air. Jika senang berolahraga ada juga ring basket, jalur bersepeda, dan arena sepatu roda. Lapar? k masalah karena terdapat kafe yang menyediakan berbagai makanan sehat. 
 

 

6. Playparq

Tempat bermain yang cocok untuk anak usia 1-12 tahun, selain menawarkan aktivitas outdoor ada juga area indoor. Bagian outdoor yang luas dilengkapi 8 jenis permainan, seperti flying fox, kora duck, super sliding, hingga trampolin besar. Setelah puas bermain, anak-anak bisa menelusuri Rumah Pohon yang memberikan pemandangan ke seluruh area bermain. Playparq juga menyediakan Prefere72 Café & Lounge yang menawarkan aneka hidangan agar orangtua bisa bersantai sementara anak-anak bermain. 

 

 

7. Scientia Square Park

Playground ini mengakomodasi kebutuhan berbagai usia, mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa. Selain berbagai alat permainan yang biasa dijumpai di tempat bermain, juga ada taman kupu-kupu, taman kelinci dan kolam koi, serta taman air bahkan juga ada sawah bagi yang mau belajar bercocok tanam. 

 

Untuk Anda yang suka tantangan terdapat wall climbing untuk anak hingga climber profesional, ada juga skatepark dan ATV ride yang layak dijajal. Pastikan Anda mengajak si kecil mampir ke Teepee Barn dan berinteraksi dengan hewan lucu seperti alpaca, keledai mini, kuda mini, sapi, hingga ayam cochin dan ayam polandia. Punya anjing? Anda juga bisa membawa anak bulu bermain di sini. Fasilitas Petopia bisa menjadi tempat bagi berkumpulnya para pecinta anjing. Jangan lupa untuk mengabadikan momen seru Anda dengan latar dan setting keren yang ada.

 

Bermain di playground tak hanya menyenangkan bagi anak namun juga bagi orangtua. Jadikan momen ini sebagai salah satu cara membangun quality time bersama keluarga. Jangan biarkan liburan singkat ini dihabiskan dengan terburu-buru, nikmati saja setiap tahapannya dan pergunakan waktu dengan leluasa. 

 

Untuk urusan transportasi serahkan saja pada ahlinya, layanan rental mobil TRAC akan membantu Anda menciptakan momen berharga bersama keluarga melalui berbagai armada yang tersedia. Berpindah dari satu taman ke taman lainnya bukan lagi perkara sulit dan tentunya Anda bisa menyisipkan agenda keliling kota tanpa memikirkan jalanan Jakarta yang padat maupun akses parkir yang sulit.

 

Untuk kemudahan melakukan reservasi, unduh dan instal aplikasi TRACtoGo di Google Play Store dan Apple App Store. Dapatkan juga berbagai promo dan penawaran terbaik hanya di aplikasi keren ini. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi Customer Assistance Center TRAC melalui nomor telepon 1500009 atau mengirimkan email ke rco.nasional@trac.astra.co.id.

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp