https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/thumbnail-283-03 5 Kota Tujuan Wisata Religi Saat Libur Paskah.jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/thumbnail-283-03 5 Kota Tujuan Wisata Religi Saat Libur Paskah.jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/thumbnail-283-03 5 Kota Tujuan Wisata Religi Saat Libur Paskah.jpg

Travel

7 Rekomendasi Tujuan Wisata Religi Saat Libur Paskah

18 April 2022

Share

Memasuki pekan suci menjelang paskah menjadi salah satu momentum yang sakral bagi umat kristiani. Anda bisa mendedikasikan waktu dengan beribadah dan menjelajahi situs-situs peziarahan. Tak ada salahnya untuk mengajak keluarga atau teman untuk bersama melakukan wisata religi.

 

Rekomendasi destinasi wisata religi saat libur paskah

 

1. Gua Maria Sendangsono dan Gua Maria Kerep.

Lokasinya sekitar 30 km dari Keraton Yogyakarta, Goa Maria Sendangsono terletak di Desa Banjaroyo, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo. Nikmati suasana yang asri dan tenang akan menambah khidmat wisata religi yang dijalani. Anda juga akan disuguhkan bangunan-bangunan berarsitektur indah karya YB Mangunwijaya atau Romo Mangun.

 

Masih punya banyak waktu? Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Goa Maria Kerep di Ambarawa dengan waktu tempuh tak lebih dari 2 jam. Pemandangan dari tempat ini pun tak kalah indah dengan latar Gunung Telomoyo, Gunung Merbabu, dan Danau Rawa Pening.

 

 

 

2. Gua Maria Pohsarang

Akulturasi gaya Hindu-Jawa sangat terasa saat Anda memasuki kompleks Gereja Pohsarang, atau dikenal juga dengan sebutan Puhsarang. Ornamen bebatuan sangat kuat menghiasi kawasan Ini. Berada di kaki Gunung Wilis yang sejuk, Gua Maria Pohsarang berlokasi di Desa Puhsarang, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. 


 

 

 

3. Monumen Yesus Memberkati dan Bukit Doa Tomohon

Jika berkunjung ke Manado tentu tak lengkap rasanya tanpa menyambangi dua tujuan wisata religi ini. Monumen Yesus Memberkati telah menjadi salah satu ikon kota Manado yang bisa ditempuh hanya 15 menit dari pusat kota. Patung dengan total tinggi 54m (20m penopang dan 34m tubuh) ini dibuat dengan kemiringan tertentu dan seolah terlihat melayang.

 

Berkendara lah ke arah selatan menuju Tomohon, tak sampai 1 jam Anda sudah tiba di Bukit Doa Tomohon atau Bukit Doa Mahawu yang berlokasi di kaki Gunung Mahawu. Terlihat kapel dengan bentuk unik yang sayang jika dilewatkan, selain itu terdapat juga rute jalan salib dengan beberapa pemberhentian. 

 

 

 

4. Patung Yesus Kristus Memberkati atau Patung Yesus Buntu Burake

Dengan tinggi 45 meter di elevasi lebih dari 1.000 mdpl, patung ini digadang sebagai patung Yesus tertinggi di dunia bahkan mengalahkan Christ the Redeemer (Kristus Sang Penebus) di Brazil. Patung Yesus Kristus Memberkati dikenal juga sebagai Patung Yesus Buntu Burake karena berdiri di atas gunung karang Buntu Burake.

 

Setelah berwisata religi ke kawasan Ini Anda bisa melanjutkan petualangan menjelajahi adat istiadat di Tana Toraja. Untuk mencapai lokasi ini Anda bisa menggunakan perjalanan darat selama 1 malam dari Makassar, ibukota Sulawesi Selatan.

 

 

 

 

5. Salib Kasih

Salib yang disinyalir setinggi 30 meter terlihat menjulang dan kontras dengan pemandangan hijau hutan pinus di belakangnya. Salib Kasih berada di Bukit (Dolok) Siatas Barita tak jauh dari pusat keramaian Tarutung yang menjadi ibukota Kabupaten Tapanuli Utara.

 

Untuk sampai ke monumen salib, Anda harus sedikit mendaki dan berjalan kaki. Tenang saja perjalanan sejauh 1 km tak akan terasa karena Anda akan ditemani dengan pemandangan indah dan kutipan-kutipan yang menenangkan hati dan jiwa. 


 

6. Graha Maria Annai Velangkanni

Berbeda dari gereja kebanyakan yang memiliki tampilan khas Eropa, Graha Maria Annai Velangkanni justru memiliki nuansa kuil Hindu yang kuat. Gereja yang terletak di tepian Kota Medan ini didedikasikan kepada Bunda Maria yang dikenal di India sebagai Annai Velangkanni Arokia Matha, Our Lady of Good Health (Bunda Penyembuh). Karena bangunannya yang unik, tak ayal Gereja ini menjadi salah satu tempat favorit wisata religi dan peziarahan untuk umat Kristiani baik di Indonesia maupun negara-negara tetangga.

 

 

 

7. Larantuka

Perayaan paskah di Tanah Air tak lengkap rasanya tanpa mengikutsertakan ritual Semana Santa di Larantuka. Patung Tuan Ma, atau perwujudan Bunda Maria akan di arak keliling kota Larantuka sambil singgah di 8 tempat pemberhentian. Sementara itu, biasanya ribuan peziarah akan ikut dalam barisan sambil membaca doa. Meski belum bisa kembali diselenggarakan di tahun 2022 karena masih dalam suasana Pandemi Covid-19 namun Anda tetap bisa memasukan Larantuka dan ritual Semana Santa sebagai rencana perayaan paskah beberapa tahun ke depan.

 

Nikmati setiap momen yang diciptakan pada perjalanan kali ini dan agar Anda bisa fokus beribadah saat melakukan peziarahan, sebaiknya serahkan urusan transportasi wisata religi Anda pada rental mobil terpercaya TRAC. Dengan didukung jaringan yang luas dan pengemudi yang handal, perjalanan kali ini akan terasa lebih nyaman. 

 

Ingin melakukan wisata religi dengan rombongan besar tapi bebas repot? Anda bisa memanfaatkan paket ziarah melalui fitur TRAC experience yang ada di aplikasi TRACtoGo, salah satunya adalah Paket Ziarah Gua Maria di Jawa Tengah. Untuk kemudahan melakukan reservasi, unduh dan instal aplikasi TRACtoGo di Google Play Store dan Apple App Store. Dapatkan juga berbagai promo dan penawaran terbaik hanya di aplikasi keren ini.

 

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi Customer Assistance Center TRAC melalui nomor telepon 1500009 atau mengirimkan email ke rco.nasional@trac.astra.co.id.

 

Di penghujung pandemi ini, TRAC tetap berkomitmen untuk mengutamakan kenyamanan Anda melalui SMART Protocol yang meliputi;

 

  • Melakukan penyemprotan disinfektan ke semua unit yang akan bertugas maupun setelah melayani pelanggan
  • Menyediakan hand sanitizer di semua unit yang bertugas melayani pelanggan
  • Menerapkan social distancing di seluruh unit yang mengangkut pelanggan
  • Memberikan sekat pembatas antara driver dengan pelanggan
  • Setiap driver yang bertugas akan melalui proses pengecekan kesehatan
  • Setiap driver yang bertugas diwajibkan menggunakan masker dan sarung tangan
  • Driver tidak diperkenankan melakukan kontak fisik apapun kepada pelanggan.

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp