https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-304-06 Jelajah Jakarta_ xx tempat wisata yang jakarta banget (1).jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-304-06 Jelajah Jakarta_ xx tempat wisata yang jakarta banget (1).jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-304-06 Jelajah Jakarta_ xx tempat wisata yang jakarta banget (1).jpg

Travel

7 Tempat Wisata yang Jakarta Banget

21 Juni 2022

Share

Di balik hiruk pikuk kota metropolitan, Jakarta juga memiliki banyak sisi yang bisa menjadi tujuan rehat untuk sejenak melepas penat. Sebagai kota yang berusia cukup tua, Jakarta punya banyak destinasi wisata yang sarat dengan nilai sejarah, berdampingan dengan gedung-gedung pencakar langit yang selalu sibuk untuk urusan bisnis. 

 

Tahun ini Jakarta menyambut usia ke-495, yuk dekatkan diri pada kota tersibuk ini dengan menikmati sisi-sisi lainnya. Kunjungi 7 tempat wisata ini untuk lebih dalam mengenal ibu kota tercinta. 

 

7 rekomendasi tempat wisata yang Jakarta banget

 

 

1. Monas, tak sekadar ikon wisata kota Jakarta

Monumen yang dibangun pada tahun 1975 ini tak hanya menjadi ikon pariwisata tetapi ikon Jakarta seutuhnya. Jangan ragu untuk menjelajah monumen ini hingga ke lantai teratas dan menikmati pemandangan Jakarta dari ketinggian 132 meter. Saat berkunjung nanti, pastikan Anda juga mampir ke Museum Sejarah Indonesia yang berada di tingkatan cawan.  Tak perlu bingung, pintu masuk tugu Monas berada di dekat patung Pangeran Diponegoro berkuda. Mudah dicari kok! Selain tugu Monas sendiri, Anda juga dapat menikmati berbagai atraksi di sekitar monumen.

 

 

2. Napak tilas Batavia di Kota Tua

Kawasan kota tua sebenarnya merujuk pada 139 hektar luasan pusat Batavia, namun kini titel Kota Tua seringkali hanya merujuk pada bangunan-bangunan di sekitar Taman Fatahilah yang dulu menjadi balai kota dengan Museum Sejarah Jakarta (dulu kantor Gubernur Jenderal VOC) yang menjadi pusatnya. Di sisi lapangan Fatahillah terdapat Museum Wayang dan Museum Seni & Keramik. Lelah? Mampirlah ke Cafe Batavia untuk sekedar istirahat atau menyantap makan siang ala nona dan tuan.

 

Bergeser sedikit, Anda akan menemukan Museum Bank Indonesia yang atraktif serta Museum Bank Mandiri yang informatif. Di sisi lain Anda bisa mengunjungi Toko Merah dan Jembatan Kota Intan yang ikonik, cocok untuk dijadikan latar berfoto.

 

 

3. Kenalan dengan pecinan Jakarta di Petak Sembilan

Petak Sembilan atau kawasan Pancoran Glodok adalah nama lain yang sering digunakan untuk merujuk kawasan pecinan lama Jakarta. Gedung Candra Naya, Gereja Maria de Fatima dan Vihara Dharma Bhakti bisa menjadi titik awal perjalanan Anda. Susuri gang sempit dan selasar pasar petak sembilan dan temukan jajanan unik khas peranakan. Sempatkan juga mampir ke Kedai Kopi Tak Kie yang legendaris atau ke pasar Petak Enam yang terletak di gedung Chandra dengan banyak ragam pilihan kuliner.

 

 

4. Pelabuhan Sunda Kelapa

Deretan kapal phinisi berbaris rapi di tengah hiruk pikuk kegiatan bongkar-muat pelabuhan. Anda bisa menikmati latar indah ini dari daratan maupun menjelajah sisi perairan menggunakan sampan kayu. Sebaiknya Anda ekstra hati-hati jika memilih opsi ini, karena mereka tidak menyediakan pelampung. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah pagi hari atau sore hingga senja. Di sekitar pelabuhan juga ada beberapa destinasi yang bisa disinggahi seperti Masjid Luar Batang, Museum Bahari dan Menara Syahbandar.

 

 

5. Jakarta International Stadium (JIS)

Ikon terbaru kota Jakarta, stadion megah berkapasitas 82.000 kursi penonton ini mulai dibangun tahun 2019 dan diresmikan pada 2022. Stadion ini digadang sebagai stadion dibuka-tutup pertama di Indonesia sehingga pertandingan tetap bisa digelar meski tengah hujan. Saat ini masyarakat belum bisa leluasa menikmati stadion kebanggaan warga Jakarta ini namun tetap dapat mengabadikan kunjungan Anda dari sisi luar. Spot foto paling favorit adalah pintu layang barat. Tapi kalau ingin berfoto-foto dengan kontras antara tradisional dan modern, masuklah ke persawahan di sisi selatan stadion. Bisa juga memotretnya dari tepi Danau Cincin di timur JIS.

 

 

6. Setu Babakan

Sedikit mengarah ke selatan, Setu Babakan menjadi tempat paling tepat untuk mengenal Jakarta dari sisi budaya Betawi. Danau serta pulau buatan yang dihiasi rumah-rumah tradisional seolah menarik Anda dalam kehidupan suku Betawi di masa lampau. Dilengkapi dengan arena permainan anak, warung kuliner dan permainan wisata air membuat kawasan Setu Babakan menjadi destinasi yang dapat Anda nikmati sehari penuh. Oh iya, setiap minggu pagi hingga siang, di amfiteater di sini ada latihan atau pertunjukan kesenian betawi seperti tari-tarian, lenong, tanjidor, hadroh, hingga pertunjukan silat.


 

 

7. Kepulauan Seribu

Percaya lah, gugusan pulau-pulau cantik di utara Jakarta ini masih bagian dari Ibu Kota. Pulau terdekat seperti Pulau Bidadari dan Pulau Onrust bisa ditempuh 20 menit dengan perahu motor namun Pulau Sebira, yang berjarak 118 km dari daratan Jakarta. Banyak hal bisa dilakukan di sini; sunbathing, snorkeling, diving, camping, bermain banana boat, menanam bakau, melihat penangkaran penyu, memancing, hingga island hopping. Jika Anda mengutamakan kenyamanan maka pulau resor seperti Pulau Putri, Bidadari, Sepa, Pantara bisa menjadi pilihan. Pulau Tidung, Pramuka, Kelapa, Pari, Untung Jawa cocok untuk Anda yang ingin berinteraksi dengan warga lokal. Pulau Onrust, Cipir dan Kelor sering menjadi tujuan wisata sejarah sedangkan Pulau Kotok dan Pulau Rambut dikenal dengan konservasi nya. Kepulauan Seribu bisa dijangkau menggunakan speedboat dari Marina, Ancol maupun kapal cepat dan naik kapal motor dari Pelabuhan Kaliadem, Angke. 

 

Selain 7 destinasi  di atas masih banyak destinasi lain yang Jakarta banget seperti Taman Mini Indonesia Indah, Planetarium, Kebun Binatang Ragunan dan Taman Impian Jaya Ancol dengan taman permainan Dufan yang meriah hingga museum-museum kekinian. 

 

Destinasi wisata di Jakarta menyebar di berbagai sudut kota. Oleh karena itu akan lebih efektif jika Anda mengunjunginya dengan memanfaatkan layanan rental mobil TRAC. Masih ditengahi pandemi Covid-19 ini, TRAC dengan konsisten menerapkan SMART Protocol sebagai protokol kesehatan dan keselamatan selama melayani Anda.

 

Pemesanannya pun sangat mudah, langsung dari genggaman Anda melalui aplikasi TRACtoGo yang bisa langsung diunduh di Google Playstore maupun di Apple App Store. Untuk mengetahui lebih lanjut layanan rental mobil prima dari TRAC, Anda dapat menghubungi Customer Assistance Center di 1500009 atau mengirimkan email ke rco.nasional@trac.astra.co.id .

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp