https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/thumbnail-125-Tgl-30-4.jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/thumbnail-125-Tgl-30-4.jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/thumbnail-125-Tgl-30-4.jpg

Travel

Ada Perjalanan Bisnis ke Solo? Sekalian Kunjungi Tempat-Tempat Ini

29 September 2020

Share

Selain Yogyakarta, Kota Surakarta atau juga disebut Solo merupakan salah satu daerah di Jawa Tengah yang populer untuk dikunjungi. Baik itu untuk business trip karena Solo punya sentra batik yang terkenal, atau sekaligus berwisata karena kota ini punya banyak destinasi menarik untuk disambangi. Letaknya pun cenderung berdekatan, jadi wisatawan bisa mengandalkan transportasi yang sederhana seperti layanan sewa mobil yang praktis.

 

Kalau Anda sedang ada business trip di Solo, kota indah yang salah satu sungainya diabadikan dalam lagu keroncong tersohor ini, ada baiknya menyempatkan diri mengunjungi beberapa tempat terkenal berikut.  

 

1.Datang ke Kampung Batik Mojolaban

Kain pantai khas Mojolaban (foto: iStockphoto)

Berburu langsung batik di daerah asalnya tentu sebuah pengalaman yang tak boleh Anda lewatkan. Kampung Batik Mojolaban bisa jadi pilihan lokasi yang tepat untuk disambangi di sela perjalanan bisnis Anda. Di sini Anda bisa bertemu dengan para pengrajin batik tulis dan cap tangan, sebagaimana cara membatik yang diwariskan secara turun temurun. 

Anda juga bisa menyaksikan langsung para pengrajin membatik. Yang lebih menarik, batik dari desa Bekonang ini dikenal punya motif yang unik dan memanfaatkan bahan-bahan alami untuk pewarnaan. Selain batik, Anda juga dapat melihat proses pembuatan kain pantai khas Mojolaban yang tentunya sayang untuk dilewatkan.

 

2.Mencicipi sate kere

Sate kere (foto: iStockphoto)

Setelah berburu beberapa potong kain batik di desa Mojolaban, mencicipi sate kere mungkin bisa jadi pilihan untuk mengisi perut. Makanan khas Solo yang dalam sejarahnya lekat dengan perjuangan rakyat kelas bawah ini terbuat dari tempe gembus, atau tempe yang dibuat dari ampas tahu, jeroan sapi seperti usus dan paru, serta dilengkapi bumbu kacang atau sambal kecap. Meski tidak menggunakan bahan-bahan yang menggandung daging, kenikmatan sate kere dijamin tak kalah dengan sate lainnya. Penjual sate kere cukup banyak di Solo, jadi Anda tak akan kerepotan untuk menemukannya.

 

3.Datang ke Keraton Kasunanan

Keraton Kasunanan (foto: iStockphoto)

Setelah mengintip sejarah perjuangan rakyat kecil dari seporsi sate kere, Keraton Kasunanan sebagai ikon bersejarah Kota Solo merupakan tempat selanjutnya yang wajib Anda kunjungi. Terletak di pusat Kota Solo, Keraton Kasunanan punya banyak koleksi patung, senjata dan pusaka kerajaan. Selain itu ada juga museum yang berada di dalam kawasan keraton dengan berbagai koleksi yang bisa menambah wawasan mengenai kerajaan Jawa yang memerintah beberapa abad silam ini. 

 

Yang cukup menarik, keraton ini memiliki salah satu bangunan bertingkat bernama Menara Sanggabuwana, yang konon jadi tempat pertemuan Ratu Laut Selatan dengan Raja. Jika Anda ingin mengunjungi Keraton Kasunanan, pastikan tidak memakai topi, kacamata hitam, celana pendek, sandal, serta jaket. Selain itu ada beberapa tempat yang tidak boleh dimasuki, misalnya kediaman Raja Pakubuwono. 

 

4.Menjajal kuliner kaki lima di sekitar Terminal Tirtonadi

Jembatan di dekat Terminal Tirtonadi (foto: iStockphoto)

Kuliner kaki lima tak dimungkiri punya kenikmatan yang unik. Soal rasa ia belum tentu kalah dengan restoran mewah. Kalau di Solo, jejeran kuliner kaki lima di sekitar terminal Tirtonadi mungkin bisa Anda jajal. Meski jenis makanan yang tersedia mungkin bisa juga Anda temui di kaki lima daerah lain, tetapi, percayalah kalau setiap daerah punya cita rasa yang layak dicoba. Mulai dari bakso, nasi liwet yang tersohor, gudeg, tengkleng hingga pencuci mulut seperti hidangan es bisa Anda nikmati di sekitar Terminal Tirtonadi tentunya dengan harga yang bersahabat.  

 

Itu dia 4 tempat yang bisa Anda kunjungi di sela waktu business trip ke Kota Solo. Tak perlu bingung untuk melakukan perjalanan ke tempat-tempat tersebut. Anda bisa menggunakan layanan sewa mobil dan bus dari TRAC, yang selama pandemi Covid-19 ini berkomitmen ketat menerapkan protokol kesehatan. 

 

Mulai dari pembersihan rutin unit kendaraan menggunakan disinfektan, pemantauan kesehatan dan mewajibkan masker serta sarung tangan untuk para pengemudi, penyediaan handsanitizer di setiap kendaraan, hingga penerapan physical distancing dengan membatasi jumlah penumpang di setiap kendaraan agar Anda nyaman dan aman. 

 

Jenis kendaraan yang ditawarkan TRAC pun beragam, dan bisa disewa harian maupun dalam waktu tertentu. Anda tinggal tentukan mana yang sesuai dengan kebutuhan. Baik itu mobil dengan kapasitas penumpang empat sampai lima orang, atau bus untuk perjalanan bisnis bersama tim dalam jumlah banyak. Layanan daily rental TRAC sangat fleksibel karena Anda bisa menyewa unit mobil saja (lepas kunci) ataupun sewa mobil dengan pengemudi (chauffeur). Jangan khawatir, seluruh pengemudi TRAC telah bersertifikat Defensive Driving yang mengutaman ketepatan waktu, pelayanan yang hangat, penampilan yang rapi dan layak, pengetahuan luas tentang rute jalanan, serta etika menghargai privasi pelanggan. 

 

Anda juga tak perlu cemas soal transportasi apabila datang ke Solo melalui jalur udara. Layanan airport transfer dari TRAC siap untuk antar-jemput Anda kapan pun dibutuhkan.

 

Untuk kemudahan melakukan reservasi, unduh dan instal aplikasi TRACtoGo di Google Play Store dan Apple App Store. Dapatkan juga berbagai promo dan penawaran terbaik hanya di aplikasi keren ini. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi Customer Assistance Center TRAC melalui nomor telepon 1500009 atau mengirimkan email ke rco.nasional@trac.astra.co.id.

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp