Animalium BRIN, Rekomendasi Destinasi Field Trip Sekolah
Animalium BRIN, Rekomendasi Destinasi Field Trip Sekolah
Animalium BRIN, Rekomendasi Destinasi Field Trip Sekolah

Travel

Animalium BRIN, Rekomendasi Destinasi Field Trip Sekolah

13 Juni 2023

Share

Masa liburan sekolah sudah di depan mata, untuk menutup tahun ajaran biasanya sekolah mengadakan field trip. Sebagian dari Sobat TRAC mungkin sudah tak asing dengan destinasi-destinasi yang biasa menjadi tujuan field trip anak sekolah seperti museum, kebun binatang maupun tempat wisata edukasi lainnya. 

 

Bagi Sobat TRAC, terutama yang berada di Jabodetabek kini ada destinasi baru yang bisa dimasukan dalam daftar tujuan wisata edukasi, Animalium BRIN namanya.

 

Destinasi akan mengajak para siswa untuk selangkah lebih dekat dengan dunia binatang. Bisa ditebak dari namanya, tempat ini merupakan salah satu unit pelayanan dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

 

 

 

5 Fakta Tentang Animalium BRIN

 

Lokasi Animalium BRIN cukup strategis

 

Animalium BRIN merupakan bagian dari Kawasan Sains dan Teknologi (KST) Soekarno yang berada di Jalan Raya Jakarta-Bogor No.KM 46, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

 

KST soekarno sendiri dibangun di atas tanah seluas 198 hektar dan diinisiasi oleh Presiden Soekarno, sejak tahun 1964. Animalium BRIN ini berada tak jauh dari pintu tol Citeureup maupun pintu tol Sentul 1, tol Jagorawi. Anda bisa menggunakan aplikasi peta digital sebagai pemandu. 

 

Harga tiket Animalium BRIN yang terjangkau

 

Terdapat 3 jenis tiket kunjungan di Animalium BRIN, yaitu paket edukasi lengkap grup yang cocok untuk rombongan field trip sekolah serta edukasi mandiri usia sekolah dan edukasi mandiri untuk pengunjung personal.

 

Paket edukasi lengkap grup dibanderol seharga 2,5 juta rupiah untuk 25 orang. Harga ini sudah termasuk tiket tambahan 2 orang pendamping, pemandu edukasi serta paket perlengkapan yang terdiri dari animalium eksklusif binder, lembar soal dan alat tulis berwarna untuk masing-masing peserta. Lengkap dan ekonomis!

 

 

 

Untuk tiket edukasi mandiri usia sekolah berkisar Rp 95 ribu hingga Rp100 ribu untuk kunjungan di akhir pekan. Harga tiket ini juga termasuk perlengkapan seperti yang ada pada paket edukasi lengkap grup.

 

Sedangkan bagi usia dewasa dikenakan tarif Rp 75 ribu hingga Rp 85 ribu dan hanya mendapatkan booklet soal dan alat tulis. Semua tiket untuk pengunjung mandiri tidak termasuk jasa pemandu ya!

 

Replika hewan seukuran aslinya

 

Koleksi di Animalium BRIN dibagi berdasarkan kelompoknya sehingga pengunjung lebih mudah untuk mengenal masing-masing jenis binatang. Sobat TRAC dapat menemukan kelompok hewan aves atau burung-burungan, reptilia, mamalia dan banyak lainnya.

 

Replika hewan yang ada di dalam Animalium BRIN dibuat berdasarkan ukuran aslinya lho! Untuk mendukung informasi pada patung peraga, pada beberapa koleksi juga telah dilengkapi dengan layar sentuh yang interaktif.

 

Ada koleksi hewan hidupnya juga

 

Tak hanya replika di dalam museum, di sini juga ada hewan-hewan hidup yang sedang diteliti oleh para peneliti dari BRIN. Ada puluhan hewan yang bisa dilihat langsung seperti berbagai jenis burung, ikan, invertebrata, mamalia, serangga, hingga reptil.

 

Hewan-hewan ini bisa sobat temukan di dalam kandang maupun di habitat buatan yang menyerupai habitat asli mereka.

 

 

 

Sebaiknya gunakan jasa pemandu 

 

Meski telah menyisipkan informasi tertulis cukup lengkap namun sebaiknya Sobat TRAC menggunakan jasa pemandu saat berkunjung ke sini, terutama jika berkunjung secara mandiri.

 

Layanan pemandu edukasi di Animalium BRIN bisa sobat nikmati dengan hanya membayar Rp 150 ribu saja untuk maksimal 8 orang pengunjung. Pemandu akan menjelaskan informasi dari berbagai koleksi yang ada.

 

Satu kali tur berkeliling Animalium dengan pemandu biasanya akan menghabiskan waktu sekitar 2,5 jam. Jadi, jangan ragu untuk bertanya ya!.

 

Jam operasional Animalium BRIN dimulai pada pukul 08.00 dan tutup pada 16.00 setiap hari kecuali Senin. Saya seperti layanan wisata edukasi lainnya, Animalium BRIN tutup di hari Senin.

 

 

 

Field Trip ke Animalium BRIN dengan Layanan TRAC

 

Agendakan kunjungan field trip ke Animalium BRIN sebagai penutup tahun ajaran ini. Untuk dukungan transportasi saat field trip, sobat tentu bisa mempercayakannya pada layanan sewa bus dari TRAC. 

 

TRAC memiliki bermacam kapasitas bus wisata yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Jika Anda pergi dalam rombongan kecil, maka jenis bus sedang berkapasitas 30-an tempat duduk cocok untuk perjalanan. Untuk rombongan yang lebih besar, TRAC memiliki layanan bus besar dengan kapasitas hingga lebih dari 50 penumpang.

 

Untuk kemudahan pemesanan, Sobat TRAC bisa lakukan lewat aplikasi TRACtoGo. Segera install aplikasi TRACtoGo di Google Playstore maupun Apple App Store. Jangan lupa registrasi membership untuk menikmati beragam kemudahan layanan TRAC.

 

Oh ya satu lagi, untuk menghindari aksi penipuan dari pihak yang tak bertanggung jawab, pastikan untuk selalu waspada saat bertransaksi. Jangan lakukan pembayaran ke rekening tujuan atas nama pribadi. Jika ada hal-hal mencurigakan, segera konfirmasi ke pusat bantuan Customer Assistance Center - CAC (24/7): 1500.009.

 

Oh iya, untuk informasi terkini, jangan lupa follow media sosial TRAC melalui instagram @trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter @TRACastra.

 

Kemanapun treknya, pakai TRAC aja!


 

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp