• Beranda
  • Blog
  • Travel
  • Asean Para Games Hingga Konser Dream Theater, 5 Acara Seru di Solo Tahun 2022

https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-316-06 Ada Acara apa di Solo_ 3 Aktivitas seru Yang bisa Dilakukan di Solo bulan Juli 2022 (1).jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-316-06 Ada Acara apa di Solo_ 3 Aktivitas seru Yang bisa Dilakukan di Solo bulan Juli 2022 (1).jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-316-06 Ada Acara apa di Solo_ 3 Aktivitas seru Yang bisa Dilakukan di Solo bulan Juli 2022 (1).jpg

Travel

Asean Para Games Hingga Konser Dream Theater, 5 Acara Seru di Solo Tahun 2022

24 Juli 2022

Share

Kota solo atau Surakarta tak hanya menjadi jantung budaya jawa namun juga salah satu kota budaya yang ada di Indonesia. Lebih dari itu, Solo atau Kota Surakarta juga merupakan salah satu magnet pariwisata di Jawa Tengah. Tak ayal, banyak gelaran seru yang telah dijadwalkan di kota ini sepanjang paruh kedua tahun 2022, salah satu yang terbesar adalah Asean Para games. penasaran dengan acara lainnya?

 

 

Berikut 5 acara seru di Solo hingga penghujung tahun 2022.

 

1. Asean Para Games

Ini merupakan salah satu gelaran Akbar Indonesia di tengah tahun 2022. Ada yang berbeda dengan pesta olahraga difabel se asia tenggara kali ini, karena biasanya asean Para Games dihelat dalam rangkaian penyelenggaraan SEA games di negara yang sama. Khusus Asean Para Games 2022 diselenggarakan di Solo pada 30 Juli - 6 Agustus 2022 sedangkan gelaran SEA Games telah terlebih dahulu diselenggarakan di Vietnam bulan Mei lalu.

 

terdapat 14 cabang olahraga yang bisa Anda saksikan selama penyelenggaraan Asean Paragames di Solo, antara lain; para atletik, para swimming, para badminton, para tenis meja, para catur, para powerlifting, boccia, blind judo, Goal ball, wheelchair tennis, para archery, CP Football, wheelchair basket, sitting volleyball. Venue untuk acara ini tersebar di berbagai penjuru kota surakarta bahkan ada pula yang berlokasi di Karang Anyar bahkan Semarang.

 

Untuk menonton seluruh pertandingan Asean Para Games langsung di solo, Anda hanya perlu menyiapkan transportasi dan akomodasi karena seluruh pertandingan dapat disaksikan langsung secara gratis. Wah asyik banget ya!


 

 

 

2. Kirab malam Satu suro

Bagi masyarakat Jawa, Pergantian tahun dalam kalender Hijriah (1 Muharam) dikenal sebagai malam 1 Suro. Untuk memperingati waktu sakral ini, Keraton Surakarta selalu mengadakan ritual Kirab Malam 1 Suro. Kirab atau pawai ini telah dilaksanakan selama ratusan tahun lho. Menurut jadwal, Kirab 1 Suro pada tahun ini akan diselenggarakan pada 29 Juli 2022 karena perayaan 1 Muharam sendiri akan jatuh pada 30 juli 2022.

 

Biasanya ribuan orang akan berpartisipasi dalam Kirab Malam 1 Suro yang diselenggarakan oleh Keraton Surakarta ini, bahkan para bangsawan Keraton juga ikut hadir bersama abdi dalem dan masyarakat umum. Pusaka keraton pun tak ketinggalan untuk dibawa ikut dalam rangkaian kirab ini. Jangan lupa untuk tetap menaati protokol kesehatan dan siapkan diri Anda untuk ikut pada keramaian di jalan-jalan sekitar alun-alun Keraton Surakarta.

 

 

 

3. Solo Indonesia Culinary Festival 2022

Mengusung tema “Pesona Citarasa Sambal Kuliner Nusantara”, Solo Indonesia Culinary Festival akan menyapa Anda di Benteng Vastenburg pada 4-7 Agustus 2022. Tak hanya menampilkan (display) kuliner Jawa dan Nusantara namun Anda juga bisa ikut dalam demo masak dan cooking show dari para juru masak ternama. Yang unik, rencananya ada 21.000 porsi sambal dan tengkleng yang akan dibagikan secara gratis selama acara berlangsung!


 

 

 

4. Konser Dream Theater 

Konser metal di Kota Solo? kenapa tidak! Band metal legendaris asal Amerika Serikat, Dream Theater telah terjadwal akan menyelenggarakan konser di Area Parkir Stadion Manahan pada 10 Agustus 2022 mendatang. Penyelenggara menyiapkan 6.000 - 7.000 tiket untuk dijual baik secara online maupun on the spot. Terdapat 2 kelas festival dalam konser ini, festival A dibandrol seharga Rp 1 juta sedangkan festival B seharga Rp750.000. Untuk tiket on the spot dijual dengan harga lebih mahal yaitu Rp 1,5 juta untuk festival A dan Rp 1 juta untuk kelas festival B. Jadi, sudahkah Anda “mengamankan” tiket?


 

 

 

5. Solo International Performing Arts (SIPA) 2022

Jika Anda adalah penyuka budaya dan seni pertunjukan, jangan sampai melewatkan gelaran yang satu ini. Solo International Performing Arts atau yang dikenal dengan SIPA adalah pesta kesenian yang menyuguhkan penampilan seni dari berbagai negara, tak hanya indonesia dan tak hanya kesenian jawa saja. SIPA 2022 rencananya akan diselenggarakan secara hybrid melalui berbagai portal online dan secara luring langsung dari Benteng Vastenburg pada 8-10 September mendatang. 

 

Wah ternyata banyak juga ya, acara yang akan diselenggarakan di Solo pada Juli hingga September 2022. Jika tertarik untuk datang ke salah satu acara di atas, sebaiknya Anda telah menyiapkan segala kebutuhannya sejak awal. Solo bukan lah kota yang amat besar, pilihan akomodasinya pun bisa dibilang masih terbatas. Jangan lupa juga menyiapkan moda transportasi yang paling nyaman, jatuhkan pilihan Anda pada layanan rental mobil maupun sewa bus dari TRAC. 

 

 

Dengan Aneka pilihan armada, TRAC akan melayani segala keperluan Anda. Mulai dari mobil minivan maupun SUV untuk keluarga kecil bahkan hingga bus berkapasitas 58 seat. Ingin pengalaman yang lebih unik? Coba lah bertualang bersama Luxury Bus dari TRAC yang telah dilengkapi berbagai fasilitas, seperti; ruang rapat dan pantry.

 

Terkarik? segera lakukan pemesanan layanan yang anda perlukan langsung dari ponsel Anda. Unduh aplikasi TRACtoGo di Google Playstore maupun di Apple App Store dan rasakan kemudahannya. Untuk informasi lebih lanjut terkait dengan layanan prima dari TRAC, Anda dapat menghubungi Customer Assistance Center di 1500009 atau mengirimkan email ke rco.nasional@trac.astra.co.id. 

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp