https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-72-detail-artikel.jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-72-detail-artikel.jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-72-detail-artikel.jpg

Travel

Batam Siap Jadi Destinasi Kuliner

25 November 2019

Share

Batam belum terlalu menarik untuk destinasi wisata walau tempat ini menawarkan wisata pantai dan belanja yang lumayan seru. Di luar itu, Batam pun memiliki pesona kuliner yang tak kalah unik dan patut untuk dieksplor di sela-sela menjelajah kota ini.  Manfaatkan layanan sewa mobil dengan pengemudi dari TRAC yang fleksibel karena tersedia paket sewa empat dan 12 jam, selain harganya pun all-in karena selain harga sewa kendaraan juga termasuk jasa pengemudi, bensin, asuransi, tol, dan bahkan parkir. 

 

Kunjungi saja gerai TRAC di Jalan Budi Kemuliaan atau telepon ke nomor lokal 0778-450900 untuk melakukan reservasi sewa mobil yang menawarkan variasi pilihan kendaraan. Jika Anda menginginkan kebebasan jadwal, beragam kendaraan TRAC juga dapat disewakan secara lepas kunci untuk menyetir sendir. Berikut beberapa pesona kuliner Batam yang patutu dikunjungi di sela-sela menikmati wisata pantai dan atraksi belanja di kota ini. 

 

 

Sop Ikan Batam

Produk laut dimanfaatkan dalam berbagai menu khas di Batam, satu di antaranya adalah Sop ikan dengan kuah bening yang menyegarkan, yang sekilas terasa seperti menyantap garang asem. Dengan ikan tengiri sebagai bahan utama, makanan berkuah ini kadang juga ditambahkan udang atau cumi sebagai variasi, termasuk memasukkan mi atau bihun sebagai pelengkap. Salah satu gerai sop ikan yang patut dicicipi adalah RM Yong Kee di Kompleks Nagoya City Centre Blok E No. 8-9 yang buka setiap hari pukul 07:30 hingga 21:00. Hubungi 0778-467740 jika ingin memesan tempat.

 

 

Mi Tarempa

Ada sejumlah olahan mi yang ditawarkan kota yang berbatasan langsung dengan Singapura ini, salah satunya mi tarempa. Hidangan khas Kepulauan Riau ini berupa mi agak lebar dan pipih yang tersedia dalam versi goreng atau kuah dengan aneka rempah. Untuk menambah kenikmatan sajian ini, mi tarempat terhidang dengan ditaburi suwiran ikan tongkol atau olahan makanan laut lainnya, walau ada juga yang menyertakan daging sapi atau siput sebagai topping. Bila penasaran dengan hidagnan ini, bertolaklah ke RM Mie Tarempa di Ruko Royal Sincom Blok D No. 15-1 yang buka setiap hari pukul 08:00 hingga 22:00, telepon: 0778-465910. 

 

 

Gong Gong

Merupakan sejenis siput laut, rasanya memang mirip escargot, hanya lebih kenyal. Restoran-restoran seafood di Batam biasanya menyajikan gong gong dengan cukup direbus di air garam dan jahe untuk mengurangi bau amis. Gong gong tersaji untuk hidangan pembuka yang akan dihidangkan selagi pengunjung menunggu pesanan mereka. Nikmati siput laut rebus ini dengan pilihan saus sambal, saus kacang, saus kecap, saus nanas, dan saus bawang untuk menambah kelezatan. Restoran Golden Prawn 933 di Jalan Golden Prawn yang buka setiap hari pukul 09:00 - 23:00 disebut-sebut menawarkan gong gong terbaik se-Batam. Bila pergi dalam kelompok, dapat reservasi tempat sebelumnya di nomor telepon 0778-411142.

 


Tapis

Dikelilingi laut, Batam memang surganya seafood. Banyak hidangan laut yang tidak akan diketahui bila tak berkunjung ke sini, seperti tapis atau sejenis kerang laut  berukuran cukup besar. Dari segi rasa, tapis hampir mirip gong gong. Begitupun pengolahannya yang cukup direbus dengan air garam dan jahe. Tapis disajikan di piring-piring kecil bersama sambal cabai rawit. Jika menyantapnya di Restoran Jawa-Melayu yang berlokasi di Piayu Laut, pinggiran Batam, tapis disajikan bersama cabai hijau dan bawang putih yang diulek. Restoran ini buka setiap hari pukul 10:00 hingga 21:00, Tel: 0812 70107776.

 

 

Nasi Dagong

Jika Malaysia memiliki nasi lemak, Batam punya nasi dagong yang khas Melayu. Nasi Dagong (singkatan dari dagang gong gong) adalah nasi lemak yang dimasak dengan gong gong dan disajikan dengan daun pisang. Harga per bungkus rata-rata Rp 10.000-Rp15.000 dan warga setempat biasanya menyantap nasi dagong untuk sarapan dengan ditemani teh tarik. Kunjungi Kedai Teh Tarik Raja di Kompleks Golden Nusantara, Jalan Engku Putri Blok G No. 7 yang buka setiap hari pukul 07:00 hingga 23:00, Tel: 0778-468683.

 

 

Luti Gendang

Roti isi ikan ini tak hanya lezat tapi juga unik. Ikan tuna segar dihaluskan bersama aneka rempah kemudian dimasukkan ke dalam adonan roti dan digoreng hingga renyah. Warga Batam kerap menyantap luti gendang sebagai teman minum teh/kopi di sore hari. Tertarik mencoba? Luti gendang mudah didapatkan di Batam karena banyak dijajakan di pinggir jalan, toko suvenis, dan sejumlah kedai kopi, seperti Anambas Kopitiam Palm Spring di Jalan Laksamana Bintan No. 1 yang buka setiap hari sejak pukul 07:00 hingga 23:00.

 

 

Kunjungi tempat-tempat kuliner tersebut dengan sewa mobil dari TRAC. Kendaraan dapat dipesan setidaknya 24 jam sebelum pemakaian melalui banyak pilihan cara, mulai dari WhatsApp di 0811 1177 097, menelepon Reservation Call Center di 1500 009, atau mengirimkan email ke rco.nasional@trac.astra.co.id .

 

Beragam paket sewa mobil TRAC juga dapat diakes melalui situs trac.astra.co.id dan aplikasi TRACtoGo yang dapat diunduh di Play Store dan Appstore

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp