https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/Article%20Mobile%20Header%20-%20Kuliner%20Jawa%20Sumatera.jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/Article%20Mobile%20Header%20-%20Kuliner%20Jawa%20Sumatera.jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/Article%20Mobile%20Header%20-%20Kuliner%20Jawa%20Sumatera.jpg

Travel

Berwisata Kuliner Selagi Mudik di Jawa dan Sumatera

26 Mei 2019

Share

Mudik dengan sewa mobil membuat perjalanan lebih santai dan fleksibel. Untuk mengantisipasi kemacetan di beberapa jalur yang lebih padat dibandingkan hari-hari biasa karena peningkatan volume kendaraan, manfaatkanlah dengan berwisata kuliner. Oleh karena itu, alokasikan waktu yang cukup dan aturlah waktu serta rute sedemikian rupa sehingga perjalanan menyenangkan.

 

Sementara bila mudik ke salah satu kota di Pulau Jawa melalui jalur Pantai Utara, setibanya di Cirebon dapat mampir dulu untuk menikmati hidangan setempat, seperti nasi jamblang yang dibungkus daun jati dengan pilihan lauk yang dapat dipilih, selain tahu gejrot dan empal gentong.

 

Atau bila sewa mobil tiba di daerah Pemalang sekitar jam makan siang, dapat mencari tempat beristirahat dengan menyambangi warung nasi grombyang yang merupakan nasi campur berkuah yang berisi irisan daging kerbau. Pemalang memang terkenal akan aneka hidangan menggunakan sate kerbau. Jangan lewatkan juga Sate Loso atau sate kerbau kerbau (bisa juga sapi) yang sebelum dibakar dagingnya dibacem terlebih dahulu.

 

Selanjutnya, Ketika memasuki Tegal, tidak ada salahnya mengarahkan sewa mobil ke salah satu warung tegal autentik yang menawarkan sajian lauk beragam. Tegal juga terkenal akan sate kambing batibul (di bawah tiga bulan).

 

Cicipi betapa daging kambing muda yang dibumbui rempah pedas ini dapat seketika dinobatkan sebagai sate kambing terlezat yang pernah dimakan. Ketika sewa mobil tiba di Pekalongan, terutama di malam hari, carilah warung makan yang menyediakan nasi megono atau nasi dengan sayur nangka muda yang dimasak dengan parutan kelapa serta kecombrang, serta dapat didampingi dengan beragam lauk. 

 

Di Semarang yang juga merupakan kota destinasi wisata kuliner, mampirlah untuk menikmati nasi ayam, asem-asem, atau mengudap lumpia dan tahu gimbal. Terus ke timur, maka sewa mobil akan tiba di Kudus yang terkenal akan soto dan garang asemnya.

 

Bila tujuan mudik masih di ujung timur Pulau Jawa, maka mobil masih akan melewati Surabaya yang memiliki nasi bebek, lontong balap, rawon, dan rawon, selain banyak juga hidangan asal kota lain di Jawa Timur, seperti soto khas Lamongan dan nasi buk asal Madura. Di ujung timur Pulau Jawa, Banyuwangi pun menyimpan kekayaan kuliner, seperti nasi tempong, rujak soto, pecel rawon, dan nasi cawuk khas Osing (suku asli di Banyuwangi).

Selepas meninggalkan Pulau Jawa dengan menaikkan sewa mobil ke feri menuju Pelabuhan Bakaheuni, Lampung yang berada di selatan Sumatera menawarkan aneka hidangan mirip hidangan Palembang, mulai dari pempek, tempoyak (fermentasi durian), hingga tekwan dan pindang patin. Kota-kota yang diapit Palembang, seperti Jambi dan Bandar Lampung memang memiliki kemiripan koleksi kuliner.

 

Walau begitu, bila berada di Kota Bandar Lampung, jangan lupa mengarahkan sewa mobil ke rumah makan yang menyediakan ikan goreng atau bakar dengan sambal seruit khas Lampung. Sambal Melayu yang telah menjadi ikon Lampung ini terbuat dari terasi, tempoyak, dan irisan mangga muda. Bisa juga mampir membeli keripik pisang dan dodol durian yang telah menjadi oleh-oleh khas Lampung untuk mengudap di perjalanan.

 

Terus ke utara, tibalahlah di Palembang yang berarti saatnya untuk menikmati beragam jenis pempek, pindang ikan patin, tekwan, dan mie celor yang dengan mudah ditemukan di banyak tempat di kota ini sehingga sewa mobil tak akan kesulitan menemukannya. Berada di Palembang, jangan lewatkan mencicipi burgo. Berbahan dasar tepung beras dan tepung sagu yang dibentuk seperti dadar gulung yang kemudian diiris panjang-pajang, burgo sekilas mirip kwetiau. Hidangan ini disajikan dengan kuah santan yang gurih, suwiran daging ikan, telur rebus, dan ditaburi bawang goreng.

 

Bila kota asal masih terus ke utara, dari Palembang akan tiba di Jambi yang dipenuhi rumah makan yang menyediakan pempek dan mi celor, selain mi pangsit yang beberapa di antaranya halal dan nasi gemuk yang mirip nasi lemak. Dari Jambi, bila mengarahkan sewa mobil ke utara akan tiba di Pekan Baru, sementara bila ke arah barat laut akan tiba di Padang.

 

Masakan khas Pekan Baru banyak dipengaruhi budaya Melayu, seperti pindang patin, nasi lemak, dan gulai belacan. Sewa mobil juga dapat menuju rumah makan yang menyediakan sate rusa dan gulai bekicot khas Pekan Baru, selain mampir di toko oleh-oleh untuk membeli cencaluk (sambal cair dari udang yang dihaluskan) untuk makan nasi hangat.

 

Padang adalah destinasi wisata kuliner terkemuka di Indonesia karena di sinilah gudangnya beragam masakan yang menjadi ikon Nusantara. Rendang, sate, aneka gulai, dan soto memang sulit ditolak pesonanya.  Sementara bila tiba di Medan, jangan kaget bila menemukan aneka makanan inovasi hasil karya warganya yang multietnis. Arahkan sewa mobil untuk mencicipi kari bihun, soto Medan, nasi perang, selain mampir ke toko oleh-oleh untuk membeli Bolu Meranti dan bika ambon.

 

Di ujung utara Sumatera, Banda Aceh menyimpan budaya minum kopi yang kental dengan penyajian yang unik karena harus disaring beberapa kali secara manual. Tentu saja, di sini harus mencicipi mi khas Aceh yang dapat disajikan dalam bentuk rebus maupun goreng, selain ayam tangkap dan roti cane serta martabak yang disajikan dengan kuah kari yang nikmat.

Mudik tak harus menggunakan transportasi umum atau kendaraan pribadi karena tersedia sewa mobil di banyak kota, seperti TRAC yang hadir di 28 kota di Indonesia untuk menawarkan pilihan paket sewa mobil yang disesuaikan dengan kebutuhan. Bisa juga ke tempat tujuan mudik naik pesawat, kemudian setibanya di sana sewa mobil dengan pilihan sewa mobil harian lepas kunci maupun dengan pengemudi. Kedua pilihan sewa mobil tersebut pun termasuk asuransi.

 

Bagi yang tidak ingin menyetir sendiri, paket sewa mobil dengan pengemudi tersedia untuk pilihan durasi 4 dan 12 jam. Harga sewanya termasuk tarif pengemudi, bensin, tol, dan parkir.

 

Untuk kemudahan melakukan reservasi, unduh dan instal aplikasi TRACtoGo di Google Play Store dan Apple App Store. Dapatkan juga berbagai promo dan penawaran terbaik hanya di aplikasi keren ini. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi Customer Assistance Center TRAC melalui nomor telepon 1500009 atau mengirimkan email ke rco.nasional@trac.astra.co.id.

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp