• Beranda
  • Blog
  • Travel
  • Bukan Hanya Pronosutan yang Sedang Hits, Kulon Progo juga Punya Destinasi Cantik Ini

https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/thumbnail-149-TRAC Website Artikel - Des 2020_Thumbnail -  15_12 (2).jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/thumbnail-149-TRAC Website Artikel - Des 2020_Thumbnail -  15_12 (2).jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/thumbnail-149-TRAC Website Artikel - Des 2020_Thumbnail -  15_12 (2).jpg

Travel

Bukan Hanya Pronosutan yang Sedang Hits, Kulon Progo juga Punya Destinasi Cantik Ini

06 Januari 2021

Share

Berbeda dengan Kota Yogyakarta yang dikenal dengan wisata heritage-nya, Kulon Progo yang berjarak kurang lebih satu jam perjalanan dari pusat Kota Yogyakarta ini punya banyak wisata alam yang cantik. Salah satunya adalah Pronosutan, yang belakangan sedang hits diperbincangkan. Pronosutan menawarkan keindahan panorama sawah yang dibelah jalan aspal beton. Sungguh cantik dan warna hijaunya bisa membuat pikiran fresh. 

 

Namun, Kulon Progo tidak hanya punya Pronosutan. Jika Anda mendatangi Kulon Progo, sempatkan untuk berkunjung ke destinasi berikut ini.

 

1. Gua Kiskendo

Gua Kiskendo (foto: Khafid Mukriyanto / iStockphoto)

 

Tempat yang unik dengan cerita menarik selalu dapat tempat di hati masyarakat. Hal tersebut yang terjadi di Gua Kiskendo, yang terletak di Desa Jatimulyo Kabupaten Kulon Progo. Gua tersebut konon sudah ditemukan sejak dua abad silam, dan berdasar kisah digunakan oleh para leluhur untuk bertapa. Gua ini baru dikelola oleh Dinas Pariwisata Kulon Progo sejak 2005.

 

Membentang sepanjang 1,5 kilometer di dalam bukit Bumi Menoreh, terdapat dua percabangan di dalam yang akan mengarahkan wisatawan ke lokasi yang dipercaya sebagai tempat para leluhur bertapa. Di sini, Anda bisa melakukan perjalanan sendiri maupun bersama pemandu yang siap memberikan penjelasan mengenai sejarah gua. Selain itu, di sekitaran mulut gua Anda juga bisa menikmati relief yang dibuat oleh komunitas seni Yogyakarta.

 

2. Air Terjun Kembang Soka

Air Terjun Kembang Soka (Khafid Mukriyanto / iStockphoto)

 

Masih di kawasan Desa Jatimulyo, setelah mengintip pertapaan para leluhur di Goua Kiskendo, tak jauh dari sana Anda bisa menikmati keasrian Air Terjun Kembang Soka. Kesejukan destinasi ini bahkan sudah bisa Anda rasakan sejak dari lokasi parkir yang berjarak 200meter ke air terjun. 

 

Sepanjang perjalanan hingga ke air terjun Anda akan disuguhkan aliran sungai yang asri, pepohonan yang menjulang, dan jembatan kayu yang membentang untuk dilewati. Ketika sampai di Air Terjun Kembang Soka, Anda bisa menceburkan diri pada air yang jernih, sejuk, dan segar karena berasal dari mata air Bukit Menoreh. 


 

 

3. Embung Banjaroya

Embung Banjaroya (foto: Khafid Mukriyanto / iStockphoto)

 

Sebagai salah satu ikon baru agrowisata Kulon Progo, Anda wajib menyempatkan mampir ke Embung Banjaroya. Waduk mini tadah hujan di ketinggian ini menyuguhkan hijaunya pemandangan Bukit Manoreh. Jika cuaca sedang cerah, Anda bahkan bisa melihat Gunung Merbabu dan Merapi yang gagah meski berjarak cukup jauh. 

 

Di sini Anda juga bisa berburu durian yang lezat, karena pendirian Embung Banjaroya selain untuk menampung air hujan pada waduk, juga untuk mengenalkan kawasan ini sebagai agrowisata durian.

 

5. Kebun Teh Nglinggo

Kebun teh Nglinggo (foto: Khafid Mukriyanti / iStockphoto)

 

Sekilas nama, Kebun Teh Nglinggo terkesan tak istimewa dan sama dengan kebanyakan kebun teh lainnya. Pandangan Anda akan berubah jika mengunjunginya, karena di sini Anda akan disuguhkan pengalaman trekking melewati lereng berundak dihamparan permadani hijau daun teh, hingga panorama delapan puncak gunung tinggi. Siapkan jaket jika Anda akan berkunjung ke Kebun Teh Nglinggo karena udara di sana cukup dingin. 

 

Itu dia 5 destinasi ciamik di Kulon Progo yang bisa jadi pilihan perjalanan Anda selain Pronosutan. Selain kelimanya, tentu masih banyak tempat menarik lainnya yang layak Anda kunjungi bila datang ke Kulon Progo. Agar mobilisasi lebih mudah dan hemat waktu, manfaatkan layanan mobil dari TRAC. Anda bisa memilih apakah ingin menyetir sendiri agar lebih leluasa, atau ingin menikmati perjalanan 100% dengan memilih layanan sewa mobil dengan pengemudi. 

 

TRAC menyediakan berbagai layanan transportasi sesuai kebutuhan. Jika Anda membutuhkan kendaraan untuk keluarga, pilihlah sewa mobil yang berkapasitas 4-6 orang. Namun, bila Anda sedang ingin traveling sendirian dan membutuhkan kendaraan yang praktis, sewa motor adalah solusinya. Sedangkan bila Anda membutuhkan kendaraan untuk romobongan dalam jumlah besar, TRAC juga menyediakan layanan sewa bus berbagai ukuran. 

 

Selain memberikan pelayanan yang mumpuni dan sesuai kebutuhan, TRAC juga konsisten mengutamakan kesehatan, kebersihan, dan keselamatan penumpang, khususnya di tengah pandemi Covid-19. Salah satunya dengan penerapan SMART PROTOCOL yang meliputi penyemprotan dengan disinfektan unit kendaraan setiap sebelum dan sesudah digunakan, penyediaan hand sanitizer di setiap unit kendaraan, memastikan pengemudi yang bertugas telah lolos pemeriksaan kesehatan serta selalu menggunakan masker dan sarung tangan saat bertugas, serta menerapkan physical distancing dengan membatasi jumlah penumpang. 

 

Untuk proses yang lebih praktis, lakukan pemesanan layanan sewa mobil dan bus dari TRAC melalui aplikasi TRAC To Go yang kini hadir dengan tampilan terbarunya yang lebih fresh dan user friendly. Tak hanya itu, ada beragam fitur baru yang dapat Anda nikmati. Misalnya Direct Call/Wa kepada driver untuk komunikasi lebih mudah, perpanjangan waktu sewa, pemesanan beberapa layanan sekaligus dalam satu transaksi, dan lain sebagainya. Jangan lewatkan pula berbagai promo menarik yang hanya berlaku untuk pemesanan via aplikasi TRAC To Go.

 

Untuk kemudahan melakukan reservasi, unduh dan instal aplikasi TRACtoGo di Google Play Store dan Apple App Store. Dapatkan juga berbagai promo dan penawaran terbaik hanya di aplikasi keren ini. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi Customer Assistance Center TRAC melalui nomor telepon 1500009 atau mengirimkan email ke rco.nasional@trac.astra.co.id.

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp