https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-314-04 Cicipi 5 Olahan Daging Kambing dengan Resep Tradisional Indonesia.jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-314-04 Cicipi 5 Olahan Daging Kambing dengan Resep Tradisional Indonesia.jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-314-04 Cicipi 5 Olahan Daging Kambing dengan Resep Tradisional Indonesia.jpg

Travel

Cicipi 5 Olahan Daging Kambing dengan Resep Tradisional Indonesia

19 Juli 2022

Share

Tak hanya kekayaan alam, Indonesia juga dikenal dengan kekayaan rasa lewat ragam kulinernya. Berbagai kombinasi olahan daging dan sayur dari Sabang sampai Merauke tentu tak akan membuat Anda bosan dengan menu yang itu-itu saja. Kali ini TRAC mengajak Anda mencicipi olahan daging kambing khas nusantara, hidangan yang cocok untuk disantap sepanjang “Bulan Haji”.

 

Hidangan Olahan Daging Kambing dengan Resep Tradisional Indonesia

 

1. Gulai Kambing, olahan daging kambing paling tenar se-Indonesia

Tentunya hidangan ini sudah akrab didengar bukan? Olahan kambing dengan kuah yang sekilas mirip dengan kuah kari khas India ini memang mudah dijumpai di berbagai restoran. Hampir semua daerah di Indonesia memiliki resepnya sendiri, namun yang paling umum ditemukan adalah Gulai Kambing Khas Ponorogo dan Solo yang biasanya dijual bersama sate maupun tongseng.

 

 

2. Korma Kambing Aceh yang dimasak tanpa buah kurma

Uniknya, tak ada buah kurma yang digunakan dalam masakan ini. Korma yang dimaksud merujuk pada cara masak ala India Utara – Persia yang memiliki arti memasak dengan sedikit air. Pada masakan aslinya, hidangan ini menambahkan susu sebagai kuahnya, namun untuk korma kambing Aceh sendiri biasanya digantikan dengan menggunakan santan. Anda tidak perlu khawatir dengan bau kambing yang khas dan sulit dihilangkan. Hal itu karena pembuatan korma kambing yang menggunakan banyak rempah seperti kapulaga, cengkeh dan jahe. Daging kambing yang dipilih untuk dimasak dalam hidangan ini juga tidak sembarangan, melainkan daging kambing yang masih memiliki tulang.

 

 

3. Tengkleng, olahan daging kambing dengan kuah yang ringan

Hidangan khas Solo ini merupakan kuliner yang melegenda, karena sudah ada sejak zaman Belanda. Bahan dasar dari tengkleng ini sendiri adalah tulang kambing beserta dengan jeroannya. Meskipun berbahan dasar tulang, namun terdapat sensasi tersendiri saat menyeruput kuahnya.Tengkleng memiliki cita rasa khas yang gurih dan tekstur kuahnya ringan, tidak sepekat gulai.

 

 

4. Rabeg, salah satu ikon kuliner Banten

Berbahan dasar daging kambing dengan jeroan, Rabeg merupakan salah satu hidangan khas Banten. Jika biasanya masakan nusantara biasa disajikan dengan santan, berbeda dengan rabeg yang diolah tanpa menggunakan santan. Sekilas hidangan ini serupa dengan semur. Masakan yang memiliki cita rasa manis dan gurih ini biasa hadir di acara hajat masyarakat Banten. Tak usah diragukan lagi soal kelezatannya karena hidangan ini menjadi hidangan favorit Sultan Maulana Hasanudin. 


 

5. Krengsengan Kambing, menu yang cocok untuk acara keluarga

Krengsengan merupakan hidangan khas nusantara yang berbahan kan daging kambing yang dipotong kecil-kecil dan dipadukan dengan bumbu lain seperti bawang putih, ketumbar dan merica. Masakan yang umumnya dikenal di daerah Jawa Timur ini memiliki kuah berwarna coklat tua. Memiliki rasa yang manis dan gurih, krengsengan kambing menjadi salah satu hidangan yang cocok hadir saat acara keluarga dan terasa nikmat disantap dengan nasi panas. 

 

 

Beberapa rekomendasi hidangan berbahan dasar daging kambing di atas bisa menjadi opsi bagi Anda yang sedang mencari ide menu baru untuk mengolah stok daging kambing sisa hari raya Idul Adha yang lalu. Selain itu, menu-menu yang ada juga cocok dijadikan pilihan menu saat acara kumpul keluarga menyambut kerabat yang baru pulang menunaikan ibadah Haji dari tanah suci.

 

Saat ini, pemerintah menghimbau kepada masyarakat untuk tak melakukan penjemputan jamaah haji secara langsung di Bandara maupun Asrama Haji. Namun, Anda bisa menyelenggarakan sebuah pertemuan sederhana bersama keluarga besar untuk menyambut keluarga maupun kerabat yang telah selesai menunaikan ibadah haji.

 

Agar anda bisa merancang acara yang sederhana namun berkesan, serahkan saja urusan transportasi pada TRAC. Dengan berbagai layanan rental mobil dan sewa bus, TRAC selalu dapat diandalkan untuk berbagai kebutuhan. Sekadar jemput dan antar anggota keluarga di dalam kota hingga mengakomodasi rencana wisata singkat ke luar kota, semua dapat dilakukan bersama layanan prima dari TRAC.

 

Seluruh layanan TRAC dapat Anda pesan langsung melalui aplikasi TRACtoGo maupun langsung dari kantor cabang TRAC yang ada di kota Anda. Jangan lupa unduh Aplikasi TRACtoGo di Google Playstore maupun di Apple App Store dan rasakan kemudahan reservasi langsung dari genggaman Anda,

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp