https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-324-04-1976- Hanya 2 Jam dari Jakarta, 5 Potensi Wisata Rengasdengklok.jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-324-04-1976- Hanya 2 Jam dari Jakarta, 5 Potensi Wisata Rengasdengklok.jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-324-04-1976- Hanya 2 Jam dari Jakarta, 5 Potensi Wisata Rengasdengklok.jpg

Travel

Cocok untuk weekend getaway, 5 Potensi Wisata di Rengasdengklok

14 Agustus 2022

Share

Masuk dalam wilayah administratif Kabupaten Karawang, nama Rengasdengklok dikenal luas berkat salah satu peristiwa bersejarah menjelang proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia. Saat itu, 16 Agustus 1945, Soekarno dan Hatta yang merupakan tokoh besar perjuangan kemerdekaan Indonesia sempat singgah di kota kecil ini. Meski hanya 1 hari namun peristiwa tersebut mampu membuat wilayah aliran sungai Citarum ini tercatat di berbagai buku sejarah. 

 

Tak hanya menjadi tempat singgah yang bersejarah, kawasan Rengasdengklok dan sekitarnya juga menyimpan banyak potensi wisata dan kuliner. Karena wilayahnya yang tak begitu besar, Anda dapat menjelajahi Rengasdengklok dan sekitarnya hanya dalam 1 hari, cocok untuk liburan di akhir pekan.

 

5 rekomendasi wisata di Rengasdengklok untuk kunjungan di akhir pekan.

 

1. Kompleks Percandian Batujaya, Sisa Kejayaan di Utara Jawa Barat

Lokasinya memang tak berada tepat di jantung Rengasdengklok. Kompleks percandian Batujaya sendiri terletak di Kecamatan Batujaya dan Kecamatan Pakis, sekitar 23 kilometer barat laut Rengasdengklok atau 44 km dari alun-alun Kabupaten Karawang.

 

Saat datang, Anda bisa terlebih dahulu mampir ke museum sederhana yang menyimpan berbagai artefak yang ditemukan di lokasi ini. Anda juga bisa melihat cerita dan kisah yang ada dibalik penemuan candi-candi yang ada di kompleks ini. Terdapat 2 buah candi utama yang telah berhasil diekskavasi yaitu Candi Jiwa dan Candi Blandongan yang disinyalir berusia lebih tua dari Candi Borobudur. Berbeda dari kebanyakan candi yang dibangun menggunakan susunan batu, di kompleks ini candi yang ditemukan justru tersusun dari batu bata kuno. 

 

Oh iya, candi-candi tersebut terletak di tengah-tengah sawah, sungguh pemandangan apik yang bisa Anda dapatkan saat berkunjung ke tempat ini. Jika berkunjung setelah musim tanam maka candi berwarna merah terakota itu akan terlihat kontras dengan sawah yang menghijau. Sedangkan, saat musim panen Anda bisa berjalan di pematang sawah. Namun tetap hati-hati ya.

 

 

 

2. Situs Cibuaya dan deretan pesisir utara

Opsi lain bagi para pecinta sejarah adalah Situs Cibuaya yang berada 15 kilometer utara Rengasdengklok atau sekitar 30 menit berkendara, masuk dalam wilayah Kecamatan Cibuaya. Penggalian di kawasan ini berawal dari Arca Wisnu yang ditemukan pada tahun 1950-an, dua arca yang berhasil diekskavasi tersebut kini tersimpan di Museum Nasional. 

 

Kini di situs Cibuaya terdapat dua bangunan utama yang dinamakan Lemah Duhur Lanang dan Lemah Duhur Wadon. Bangunan ini masih berupa reruntuhan batu bata kuno, berbeda dengan yang ada di Kompleks Percandian Batujaya. Anda dapat membedakan dua bangunan yang ada dengan mudah karena pada puncak Candi Lemah Duhur Lanang terdapat sebuah lingga setinggi 1,11 m dengan diameter 40cm. 

 

Setelah mengunjungi situs Cibuaya, Anda bisa mampir ke beberapa pantai yang ada di pesisir Karawang seperti Pantai Pelangi dan Pantai Wisata Alam Baru. Jika berkunjung di pagi hari, Anda juga bisa menyempatkan diri ke Pasar Ikan Sungai Buntu untuk mendapatkan aneka seafood segar.

 

 

 

3. Menapaki Peristiwa Rengasdengklok di Tugu Kebulatan Tekad

Setelah menyusuri kawasan sejarah masa lampau di Situs Cibuaya maupun Candi Batu Jaya kini saatnya menapaki sejarah detik-detik proklamasi di alun-alun Rengasdengklok. Jangan lupa untuk mampir ke Tugu Kebulatan tekad yang menjadi ikon Rengasdengklok. Anda bisa menyaksikan berbagai peristiwa bersejarah yang ada di wilayah ini melalui diorama yang ada di sekitar tugu. 

 

Tak jauh dari Tugu Kebulatan Tekad, terdapat rumah yang dahulu menjadi persinggahan para proklamator. Meski bukan di lokasi aslinya, namun Anda tetap bisa mengunjungi tempat bersejarah ini. Banjir dan pelebaran Sungai Citarum membuat rumah bersejarah tersebut harus dipindahkan. Oh iya, karena bangunan ini menyatu dengan rumah tinggal keturunan pemilik aslinya maka sebaiknya Anda membawa buah tangan saat berkunjung.

 

 

 

4. Rengasdengklok cocok untuk yang suka memancing

Anda yang hobi memancing tampaknya akan jatuh cinta pada tempat ini. Di Rengasdengklok ada banyak wahana pemancingan yang bisa Anda singgahi, bahkan beberapa diantaranya juga memiliki rumah makan dan permainan anak. Beberapa rekomendasi yang berhasil dihimpun oleh TRAC adalah Adimix Farm, Saung Beureum serta Warung makan dan pemancingan Saung Abah. 

 

 

 

5. Nikmatnya wisata kuliner di Rengasdengklok

Selain sarat akan sejarah, Rengasdengklok juga memiliki potensi wisata kuliner lho! Tak jauh dari Tugu Kebulatan Tekad, Anda dapat menjumpai penjual Maranggi Sapi yang tak pernah sepi. Maranggi khas Rengasdengklok berbeda dengan Maranggi Purwakarta maupun Maranggi Cianjur yang terlebih dahulu terkenal. Selain ukurannya yang lebih kecil, maranggi khas Rengasdengklok dimakan dengan sambal cair tanpa didampingi potongan tomat dan kol. Opsi lain adalah maranggi entok, sejenis bebek dengan daging yang lembut. Rekomendasi Maranggi Entok yang paling diminati warga lokal berada tak jauh dari irigasi Kutagandok, 10 menit dari alun-alun Rengasdengklok.

 

Kuliner yang tak kalah terkenal adalah Surabi Hijau dari Raja Sorabi yang berada di Jalan Perintis Kemerdekaan. Surabi dengan citarasa pandan ini telah ada sejak tahun 1995 dan tetap dimasak menggunakan cara yang tradisional. Jangan lupa untuk menikmati varian surabi gula durian yang nikmat. 

 

Untuk buah tangan, Anda bisa mampir ke pabrik kerupuk udang yang berada tak jauh dari pasar Rengasdengklok. Selain kerupuk udang berkualitas tinggi, Anda juga bisa menemukan bontot, potongan akhir adonan kerupuk udang yang saat digoreng akan menyerupai cireng namun tentu lebih nikmat. Opsi lain untuk buah tangan adalah semprong wijen yang bisa Anda bagikan untuk keluarga maupun rekan kerja.

 

Wah, ternyata banyak sekali yang bisa dilakukan di Rengasdengklok dan sekitarnya. Karena tak ada penginapan di Rengasdengklok maka sebaiknya kunjungan ke wilayah ini diselesaikan dalam 1 hari saja. Penginapan terdekat bisa Anda temukan di kawasan Cikarang maupun pusat Kabupaten Karawang. Nah, supaya perjalanan Anda lebih nyaman maka sebaiknya gunakan layanan rental mobil dari TRAC lengkap dengan pengemudi.

 

 

 

Jika Anda akan melakukan napak tilas dan wisata dengan banyak teman dan kerabat maka layanan sewa bus menjadi pilihan yang paling tepat. Selain tak repot mengurus beberapa kendaraan sekaligus, Anda juga akan merasakan kebersamaan pergi bersama tanpa harus terpisah armada.

Untuk mengetahui lebih lanjut layanan rental mobil prima dari TRAC, Anda dapat menghubungi Customer Assistance Center di 1500009 atau mengirimkan email ke rco.nasional@trac.astra.co.id. Jangan lupa untuk mengunduh aplikasi TRACtoGo di Google Playstore maupun di Apple App Store untuk melakukan reservasi langsung dari ponsel Anda. Oh iya, di aplikasi keren ini Anda akan mendapatkan berbagai penawaran menarik dan promo yang sayang untuk dilewatkan.

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp