Deretan Tempat Bersejarah Saksi Kemerdekaan Indonesia
Deretan Tempat Bersejarah Saksi Kemerdekaan Indonesia
Deretan Tempat Bersejarah Saksi Kemerdekaan Indonesia

Travel

Deretan Tempat Bersejarah Saksi Kemerdekaan Indonesia

15 Agustus 2023

Share

Merayakan pesta kemerdekaan Indonesia bisa dilakukan dengan banyak cara. Selain meramaikan peringatan 17 Agustus dengan berbagai lomba-lomba seru, Sobat TRAC juga bisa mengisinya dengan menyambangi beberapa tempat bersejarah yang jadi saksi bisu perjuangan meraih kemerdekaan.

 

Berikut ini rekomendasi tempat bersejarah yang tersebar di berbagai kota sebagai referensi perjalanan sobat berikutnya.

 

5 Tempat Bersejarah Saksi Bisu Kemerdekaan Indonesia

 

Rengasdengklok, Karawang, Jawa Barat

 

Peristiwa 16 Agustus 1945 membuat nama Rengasdengklok selalu tercatat dalam buku sejarah. Kecamatan yang jadi bagian dari Kabupaten Karawang, Jawa Barat ini menjadi saksi bagaimana golongan muda mendesak Soekarno dan Hatta agar segera memproklamirkan Kemerdekaan Indonesia. 

 

Di sebuah rumah sederhana milik seorang warga bernama Djauw Kie Siong, dua tokoh besar itu “diculik”. Meski tak lagi menempati lokasi aslinya dan telah mengalami renovasi, namun beberapa bagian rumah tetap dipertahankan, terutama ruang-ruang yang disinggahi para proklamator.

 

 

 

Sobat TRAC bisa menyambanginya tak jauh dari Tugu Kebulatan tekad yang menjadi ikon Rengasdengklok. Jika ada waktu, sobat juga bisa menikmati senja di sisi Sungai Citarum yang menawan.

 

Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Jakarta

 

Setelah kembali dari Rengasdengklok, para proklamator dan tokoh-tokoh kemerdekaan berkumpul di sebuah rumah di Jl. Imam Bonjol No.1, RT.9/RW.4, Menteng, Jakarta Pusat. Bangunan art Deco yang dulu milik Laksamana Tadashi Maeda ini, kini dikenal sebagai Museum Perumusan Naskah Proklamasi.

 

Di rumah berlantai 2 itu, terdapat 4 ruangan yang menjadi saksi bisu detik-detik menjelang kemerdekaan. Mulai dari ruang pertemuan antara Ir. Soekarno, Drs. Moh. Hatta, dan Ahmad Soebardjo, ruang tempat tiga tokoh itu merumuskan naskah, hingga ruang tempat mengetik naskah dan pengesahan.

 

Tak lupa, terdapat diorama dan benda-benda bersejarah yang akan memberikan gambaran bagaimana kondisi para tokoh menyusun naskah proklamasi saat itu.

 

Tugu dan Taman Proklamasi, Jakarta

 

Kompleks taman ini dulunya adalah lingkungan kediaman Bung Karno. Dari rumahnya yang terletak di Jalan Pegangsaan Timur No. 56, Bung Karno dan Bung Hatta membaca dan menyiarkan naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia di depan warga yang hadir saat itu. 

 

Rumah itu memang sudah tak ada, berganti menjadi monumen kokoh yang menyimbolkan peristiwa 17 Agustus 1945.

 

 

 

Kawasan Jalan Pegangsaan Timur yang terletak di Kawasan Menteng, Jakarta Pusat itu pun kini telah berganti nama menjadi Jalan Proklamasi. Taman ini buka setiap hari pukul 06.00 - 21.00 dan tidak dikenakan biaya masuk alias gratis. 

 

Hotel Majapahit, Surabaya, Jawa Timur

 

Perjuangan Kemerdekaan Indonesia tak hanya terpusat di Jakarta. Di beberapa kota, gejolak mempertahankan kemerdekaan masih berlangsung berbulan-bulan sejak dibacakannya proklamasi pada 17 agustus 1945, salah satunya di Surabaya. 

 

Terletak di Jalan Tunjungan, Hotel Majapahit saksi pertempuran rakyat di Kota Pahlawan. Bahkan sebuah peristiwa ikonik terjadi di tempat bersejarah ini. Para pemuda yang marah dengan kedatangan Belanda Pasca Proklamasi, merobek bendera Belanda di atas hotel yang dulunya bernama Hotel Oranje ini.

 

Hingga kini, bangunan bersejarah itu masih digunakan sebagai hotel. Arsitekturnya pun masih sama seperti saat peristiwa besar itu terjadi. Sobat TRAC pecinta sejarah tentu tak boleh melewatkan pengalaman menginap di hotel ini jika berkunjung ke Surabaya.

 

Fort Rotterdam, Makassar, Sulawesi Selatan

 

Luangkan waktu untuk menyambangi tempat ini dan menyelami cerita sejarah yang ada di dalamnya. Lokasinya tak jauh dari Pantai Losari yang jadi spot favorit di Makassar, membuat Benteng Rotterdam ikut jadi salah satu destinasi teratas yang cukup ramai dikunjungi wisatawan.

 

Dibangun tahun 1545 oleh Raja Gowa IX, benteng ini jatuh ke tangan penjajah di abad 17. Selama masa kolonial, tempat ini memiliki banyak fungsi, mulai dari markas komando pertahanan, kantor dagang VOC, hingga pusat pemerintahan Belanda di wilayah timur Indonesia. 

 

 

 

Kini, benteng Rotterdam telah dipugar dan menjelma jadi pusat budaya, pendidikan, seni serta tentunya tujuan wisata tempat bersejarah. Terdapat pula Museum La Galigo yang menyimpan benda-benda bersejarah serta informasi kebudayaan di Sulawesi Selatan.

 

Jelajah Tempat-tempat Bersejarah Indonesia dengan Layanan TRAC

 

Menyambangi tempat-tempat bersejarah bisa menjadi salah satu cara menghargai peristiwa-peristiwa besar di masa lampau, termasuk perjuangan para pendahulu meraih dan mempertahankan kemerdekaan. Jelajahi berbagai destinasi wisata sejarah di tanah air bersama layanan rental mobil dan sewa bus TRAC. 

 

TRAC sendiri telah berhasil mengukir sejarahnya dengan berkiprah di bidang transportasi selama lebih dari 34 tahun. Didukung dengan kantor cabang di lebih dari 20 lokasi, TRAC memiliki area layanan yang tersebar di berbagai penjuru Indonesia.

 

Pesan segera layanan rental mobil dan sewa bus dari TRAC untuk mengunjungi berbagai tempat bersejarah. Unduh aplikasi TRACtoGo di Google Playstore dan Apple App Store dan nikmati berbagai kemudahan layanan TRAC.

 

Jangan lupa follow media sosial resmi TRAC di instagram trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter TRACastra untuk mendapatkan berbagai informasi terkini tentang promo dan rekomendasi wisata. 

 

Kemanapun treknya pakai TRAC aja!

 

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp