Destinasi Wisata Dekat Borobudur yang Menarik Dikunjungi
Destinasi Wisata Dekat Borobudur yang Menarik Dikunjungi
Destinasi Wisata Dekat Borobudur yang Menarik Dikunjungi

Travel

Destinasi Wisata Dekat Borobudur yang Menarik Dikunjungi

05 Juni 2023

Share

Wisata dekat Borobudur bisa menjadi pilihan jika Sobat TRAC masih berada di kawasan candi Borobudur usai menikmati liburan Hari Raya Waisak, Minggu (4/6).

 

Apalagi Candi Borobudur juga kini tengah ramai diperbincangkan. Hal itu tak lepas dari aski puluhan biksu yang melakukan prosesi thudong dengan berjalan sejauh ribuan kilometer dari Thailand menuju Candi terbesar itu untuk menggelar peringatan Hari Raya Tri Suci Waisak 2567 BE/2023 di Candi Borobudur.

 

Kemahsyuran Candi Borobudur juga memang sudah terkenal di ke berbagai belahan dunia. Candi seluas 123 meter persegi yang dihias 72 stupa ini menjadi salah satu warisan budaya dunia yang ada di Indonesia.

 

Tahukah Sobat TRAC kalau Magelang ternyata tak hanya memiliki Borobudur saja lho. Ada banyak destinasi wisata dekat Borobudur yang layak masuk dalam bucket list perjalanan berikutnya. 

 

 

 

5 Rekomendasi Wisata Dekat Borobudur

 

Candi Mendut dan Candi Pawon

 

Berwisata ke Candi Borobudur tentu tak lengkap jika tak mampir ke Candi Mendut dan Candi Pawon. Arsitekturnya memang tak semegah Candi Borobudur tapi keberadaan dua candi ini bisa menyedot  perhatian siapa saja yang menyambanginya.

 

Candi Mendut bisa dijangkau dengan 15 menit perjalanan atau hanya sekitar 4 km dari candi Borobudur. Candi bercorak agama Budha Mahayana ini memiliki ukiran relief yang bercerita.

 

Umumnya terukir kisah-kisah dalam bentuk fabel atau dengan tokoh-tokoh binatang. Melihat ukiran di dinding candi akan mengingatkan pada kisah-kisah di buku cerita anak-anak.

 

Untuk Candi Pawon, lokasinya tak jauh dari Candi Borobudur hanya 2 kilometer saja. Selain bisa menelusuri sejarah Candi Pawon, Sobat TRAC juga bisa menyusuri keragaman yang ada di masyarakat sekitar dan menyambangi berbagai industri rumahan.

 

 

 

Mampir lah ke tempat pembuatan gula merah atau sekadar membeli beberapa cinderamata. Bahkan Sobat TRAC bisa melihat cara membuatnya langsung lho. Pengalaman yang seru bukan?

 

Desa Wisata Candirejo

 

Sobat TRAC hanya perlu berkendara sekitar 4 km ke arah timur Candi Borobudur. Latar Gunung Menoreh menjadi pelengkap indahnya lanskap pedesaan di tempat ini.

 

Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan di sini namun utamanya adalah kegiatan air di Sungai Progo. Pengunjung bisa mengarungi derasnya arus Kali Progo dengan rafting menggunakan gethek atau rakit berbahan bambu.

 

Takut basah? Menyusuri jalur Kali Progo juga dapat dilakukan dengan cara menaiki kendaraan off road. Pulang dari sini, jangan lupa bawa oleh-oleh khas Candirejo seperti wayang kertas, kerajinan pahat batu Merapi, camilan Karah, Clorot, Apem, Rengginang, Slondok, bahkan Tikar Pandan.

 

Bukit Rhema

 

Rumah Doa Bukit Rhema merupakan nama resmi dari bangunan unik ini. Meski terkenal dengan nama Gereja Ayam karena bentuknya, bangunan ini tidak hanya merujuk pada satu agama saja namun telah menjadi rumah bagi semua agama untuk berdoa.

 

Gereja Ayam berada di Dusun Gombong, Desa Kembanglimus, Kecamatan Borobudur hanya perlu 15 menit perjalanan dari candi Borobudur. Popularitas tempat ini naik setelah menjadi salah satu lokasi pengambilan gambar film AADC 2 beberapa tahun lalu.

 

 

 

Disini, Sobat TRAC bisa menikmati panorama hutan yang memikat hati dari puncak bangunan. Jangan lupa tukarkan potongan tiket Anda di Kedai Bukit Rhema untuk seporsi singkong goreng yang hangat.

 

Pinusan Kragilan

 

Dari namanya, Sobat TRAC pasti sudah bisa membayangkan cantik dan teduhnya tempat ini. Obyek wisata ini berada di Desa Pogalan, Kecamatan Pakis, Magelang, Jawa Tengah atau sekitar 1 jam perjalanan dari Borobudur.

 

Sobat TRAC juga bisa menjangkau Pinusan Kragilan ini dari Yogyakarta, tentunya dengan jarak dan waktu yang lebih lama, sekitar waktu kurang lebih 90 menit dengan jarak 50 kilometer.

 

Barisan Pohon Pinus yang tinggi menjulang tentu akan menjadi latar cantik untuk berfoto. Tak cukup sampai disitu, pengelola juga menyediakan berbagai spot menarik mulai dari rangkaian payung berwarna warni hingga titik-titik foto yang berada jauh dari permukaan tanah. Sobat bisa berpose di dock yang ada di atas pohon, atau jembatan unik yang berwarna-warni. Ada juga ayunan yang tak kalah epik.

 

Air Terjun Seloprojo

 

Air Terjun Sumuran atau Air Terjun Seloprojo terletak di Desa Seloprojo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang. Lokasinya sendiri berada di 45km sebelah timur laut Candi Borobudur dan dapat dijangkau dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 30 menit.

 

Air terjun setinggi 30 meter ini bisa menjadi alternatif bagi Sobat TRAC yang mengejar pagi di Borobudur. Setelah puas melihat mata hari terbit di Kawasan candi super megah tersebut, tidak ada salahnya beristirahat siang di sini. Destinasi ini cocok buat Sobat TRAC yang ingin berwisata sejarah namun tetap menyatu dengan alam.

 

 

 

Eksplor Wisata Dekat Borobudur dengan Rental Mobil Yogyakarta

 

Selain sebagai destinasi alternatif saat berkunjung ke Candi Borobudur, 5 lokasi wisata dekat Borobudur itu juga bisa menjadi pilihan kala berlibur ke Yogyakarta. Gunakan rental mobil Yogyakarta untuk menjelajahi berbagai destinasi yang ada di disana. 

 

Tersedia pilihan rental mobil lepas kunci atau dengan pengemudi. Yang tentunya dengan ketersediaan armada yang beragam, dan bisa sobat pilih sesuai kebutuhan.

 

Untuk kemudahan pemesanan, Sobat TRAC bisa lakukan lewat aplikasi TRACtoGo. Segera install aplikasi TRACtoGo di Google Playstore maupun Apple App Store. Jangan lupa melakukan registrasi membership untuk menikmati beragam kemudahan dalam layanan TRAC.

 

Oh ya satu lagi, untuk menghindari aksi penipuan dari pihak yang tak bertanggung jawab, pastikan untuk selalu waspada saat bertransaksi. Jangan lakukan pembayaran ke rekening tujuan atas nama pribadi. Jika ada hal-hal mencurigakan, segera konfirmasi ke pusat bantuan Customer Assistance Center - CAC (24/7): 1500.009.

 

Informasi terkini, jangan lupa follow media sosial TRAC melalui instagram @trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter @TRACastra.

 

Kemanapun treknya, pakai TRAC aja!

 

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp