Destinasi Wisata Indonesia yang Mirip Luar Negeri
Destinasi Wisata Indonesia yang Mirip Luar Negeri
Destinasi Wisata Indonesia yang Mirip Luar Negeri

Travel

Destinasi Wisata Indonesia yang Mirip Luar Negeri

20 Mei 2023

Share

Terbentang dari Sabang hingga Merauke, destinasi wisata di Indonesia memang tak ada habisnya. Bahkan, tak sedikit destinasi di tanah air sekilas mirip dengan destinasi favorit yang ada di luar negeri.

 

Sobat TRAC bisa mendapati pemandangan seperti yang ada di negara-negara Asia, Amerika, Eropa bahkan Afrika, meski hanya berlibur di Indonesia saja.

 

Lupakan sejenak destinasi wisata selfie buatan dengan latar cetakan maupun miniatur landmark internasional. Berikut ini 7 destinasi wisata Indonesia yang mirip luar negeri. Lokasinya ada di beberapa daerah dan bisa menjadi referensi perjalanan Sobat TRAC kala liburan bareng orang tersayang.

 

Rekomendasi 7 Wisata Indonesia Mirip Luar Negeri

 

 

 

Pura-pura Myanmar di Taman Alam Lumbini 

 

Taman Alam Lumbini memang dibangun berdasarkan desain Pagoda Shwedagon yang ada di Myanmar dan menjadi salah satu pagoda tertinggi yang ada di dunia. Tak sekadar replika bangunan, Taman Alam Lumbini juga memiliki fungsi serupa Pagoda Shwedagon yaitu sebagai tempat ibadah umat Buddha. 

 

Berlokasi Jalan Barusjahe, Desa Tongkoh, Kecamatan Dolat Rayat, Kabupaten Karo tempat ini dapat dijangkau dengan sekitar 2 jam perjalanan dari Kota Medan. Tak ada tarif khusus untuk masuk ke Taman Alam Lumbini, namun pengunjung sebaiknya ikut berkontribusi pada kotak donasi yang disediakan. 

 

Destinasi lain yang dianggap mirip dengan Myanmar dan Thailand adalah Patung Buddha Tidur di Maha Vihara Mojopahit, Mojokerto serta Buddha 4 muka yang berada di Kenjeran Park, Surabaya. Jika akan berkunjung ke tempat-tempat tersebut, jangan lupa gunakan pakaian yang sopan dan dan jangan mengganggu umat yang sedang beribadah ya.

 

Curug Malela, yang dijuluki mini Niagara dari Jawa Barat

 

Jawa Barat memang dikenal dengan puluhan air terjun cantik, salah satunya adalah Curug Malela yang ada di Kabupaten Bandung Barat. Air terjun bertingkat ini sering disebut sebagai mini niagara, Air terjun terbesar di dunia yang ada di perbatasan Amerika Serikat dan Kanada. 

 

Berbeda dari banyak air terjun yang ada di Jawa Barat, terjunan Curug Malela bisa dibilang melebar bahkan mencapai 70 meter dengan ketinggian yang hanya 60 meter. Kondisi jalan menuju kawasan Curug Malela belum sepenuhnya baik sehingga pastikan kendaraan Sobat TRAC dalam kondisi prima saat bertandang kesini

 

 

 

Dusun Butuh, Magelang yang jadi Nepal van Java

 

Nepal van Java begitu lah tempat dikenal, suasana pedesaan dengan lanskap rumah yang “bertumpuk” berlatarkan gunung mengingatkan pada negara yang ada di Pegunungan Himalaya.

 

Secara administratif, Dusun Butuh berada di Kecamatan Kaliangkrik atau sekitar 1 jam perjalanan dari pusat keramaian Kabupaten Magelang dan 2 jam perjalanan dari Kota Yogyakarta.

 

Berada di ketinggian 1600 mdpl, tepatnya di lereng Gunung Sumbing membuat udara di Nepal van Java sangat sejuk. Datanglah di pagi hari saat cuaca sedang cerah untuk mendapatkan pemandangan terbaik. 

 

Brown Canyon Semarang bikin terasa di Amerika

 

Tebing kapur curam ini sekilas mirip dengan Grand Canyon yang di Amerika Serikat. Bedanya jika Grand Canyon terbentuk dari kikisan air secara alami, Brown Canyon merupakan sisa kerukan tambang. Cerita yang cukup memilukan dibalik keindahannya.

 

Sobat TRAC bisa mengaksesnya hanya dengan 1 jam perjalanan dari Kawasan Simpang Lima yang menjadi episentrum Kota Semarang atau sekitar 20 menit dari Universitas Diponegoro Kampus Tembalang.

 

 

 

Selain yang berada di Tembalang, destinasi dengan nama yang sama juga bisa Anda temukan di Kabupaten Demak. Ada juga White Canyon yang berada di Kabupaten Grobogan dan Green Canyon di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

 

Melompat ke Afrika lewat Taman Nasional Baluran

 

Destinasi wisata Indonesia yang mirip luar negeri berikutnya ada di timur pulau Jawa, tepatnya di Taman Nasional (TN) Baluran, Banyuwangi. Padang Savana Bekol yang ada disana seolah akan membawa Sobat TRAC menuju benua Afrika.

 

Jika beruntung, Sobat bisa melihat kawanan rusa liar serta banteng jawa sebagai objek foto. Savana Bekol sendiri memiliki luas 10.000 hektar atau sepertiga dari luas TN Baluran itu sendiri.

 

Untuk mendapatkan sensasi perjalanan seperti di Afrika, Sobat TRAC harus datang pada musim kering atau musim kemarau. Rumput yang terhampar di Savana Bekol akan berubah menjadi kekuningan, mirip dengan yang ada di benua Afrika.

 

 

 

Pintu Masuk TN Baluran berada di Kabupaten Situbondo namun terbilang lebih dekat dengan keramaian kota di Kabupaten Banyuwangi.

 

Dibilang mirip Maldives, Derawan bagai potongan surga yang jatuh di Indonesia

 

Kecantikan di atas maupun di bawah permukaan laut yang ada di Kepulauan Derawan memang telah tersohor, bahkan banyak orang yang menyandingkannya dengan Maldives atau Maladewa. Perairan yang jernih dan keanekaragaman hayati yang ada di dalamnya menjadi modal Kepulauan Derawan untuk mendunia.

 

Bayangkan serunya menginap di cottage yang berada di atas laut layaknya yang ada di Maldives maupun Bora-bora di Samudra Pasifik. Sobat TRAC bisa langsung bermain air sesaat setelah bangun tidur, bahkan sepanjang hari.

 

Kepulauan Derawan terdiri dari beberapa pulau, yang terkenal antara lain Pulau Derawan, Kakaban, Maratua dan Sangalaki. Pulau Kakaban sendiri dikenal memiliki danau dengan ubur-ubur yang tak memiliki sengat mirip dengan yang ada di negara Palau dan Filipina. 

 

Monumen Yesus Buntu Burake, Tana Toraja kalahkan yang ada di Brasil

 

Tana Toraja tak hanya dikenal dengan upacara pemakaman yang unik, di sana juga terdapat Patung Yesus Memberkati. Monumen ini masuk dalam jajaran patung Yesus tertinggi di dunia, bahkan lebih tinggi dari yang paling tersohor yaitu Christ the Redeemer di Rio de Janeiro, Brasil. 

 

Tinggi patung ini mencapai 45 meter namun jika ditambah dengan undakannya maka secara keseluruhan menjadi setinggi 52,5 meter. Oh iya, Patung Yesus Memberkati terlihat semakin menjulang karena berlokasi di ketinggian 1700 mdpl. 

 

 

 

Perjalanan ke Tana Toraja biasanya dilakukan dari Makassar. Rute sejauh 300km ini ditempuh dalam waktu 7-8 jam. Banyak orang yang memilih perjalanan malam agar bisa sampai di Tana Toraja di pagi hari. Sebaiknya pergi lah dengan pengemudi berpengalaman terlebih jika Anda tak familiar dengan kondisi jalan di sana.

 

Eksplorasi Wisata Indonesia Mirip Luar Negeri dengan Layanan TRAC

 

Selain 7 destinasi tadi, sebenarnya masih banyak lagi lokasi wisata Indonesia yang mirip luar negeri. Bahkan punya panorama yang jauh lebih cantik dan lebih menawan.

 

Jelajahi keindahan dan kekayaan destinasi wisata di Indonesia dengan layanan rental mobil dan sewa bus dari TRAC. Dengan jaringan luas yang tersebar di kota-kota besar Indonesia, TRAC siap menjadi solusi atas segala kebutuhan transportasi, baik untuk kebutuhan bisnis maupun liburan.

 

Layanan rental mobil TRAC hadir dalam dua pilihan, yakni layanan rental mobil lepas kunci, serta rental mobil dengan pengemudi. Untuk menciptakan rasa aman dan nyaman di jalan, pengemudi TRAC telah dibekali pelatihan defensive driving dan selalu mengedepankan service excellent dalam setiap pelayanannya.

 

 

 

Pilihan kendaraannya pun beragam. Sobat TRAC bisa memilih kendaraan dan menyesuaikan sesuai kebutuhan perjalanan. Mobil tipe MPV berkapasitas 7 orang bisa menjadi pilihan untuk bertualang.

 

Namun, jika sobat TRAC membutuhkan kendaraan yang lebih besar, maka layanan sewa bus hadir dengan pilihan kapasitas yang lebih variatif, mulai dari bus kecil dengan kapasitas belasan penumpang hingga bus besar yang mampu membawa hingga 59 orang.

 

Untuk kemudahan pemesanan, Sobat TRAC bisa lakukan lewat aplikasi TRACtoGo. Segera install aplikasi TRACtoGo di Google Playstore maupun Apple App Store. Jangan lupa melakukan registrasi membership untuk menikmati beragam kemudahan dalam layanan TRAC.

 

Oh ya satu lagi, untuk menghindari aksi penipuan dari pihak yang tak bertanggung jawab, pastikan untuk selalu waspada saat bertransaksi. Jangan lakukan pembayaran ke rekening tujuan atas nama pribadi. Jika ada hal-hal mencurigakan, segera konfirmasi ke pusat bantuan Customer Assistance Center - CAC (24/7): 1500.009.

 

Informasi terkini, jangan lupa follow media sosial TRAC melalui instagram @trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter @TRACastra.

 

Kemana pun treknya, pakai TRAC aja!


 

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp