09_Berlibur ke Semarang, ajak keluarga melihat fakta yang belum banyak orang tahu tentang Lawang Sewu.png
09_Berlibur ke Semarang, ajak keluarga melihat fakta yang belum banyak orang tahu tentang Lawang Sewu.png
09_Berlibur ke Semarang, ajak keluarga melihat fakta yang belum banyak orang tahu tentang Lawang Sewu.png

Travel

Fakta Lawang Sewu, Salah Satu Destinasi Wisata Favorit di Semarang

19 Desember 2022

Share

Sebagai salah satu kota pelabuhan yang telah ada sejak ratusan tahun lalu, Kota Semarang memiliki banyak potensi wisata sejarah. Tak sulit mencari bangunan lama bergaya kolonial di kota ini dan tentunya yang paling ikonik adalah Lawang Sewu.

 

Terletak di sudut jalan antara Jalan Pemuda dan Jalan Pandanaran, kemegahan bangunan ini akan mencuri perhatian bagi siapapun yang melintasinya. Pastikan Lawang Sewu yang merupakan salah satu destinasi wisata di Semarang ini ada dalam bucket list Sobat TRAC saat berlibur ke Semarang ya. Karena sama seperti makan lumpia, tak lengkap rasanya berlibur ke Semarang jika tak berkunjung ke Lawang Sewu.

 

Fakta Lawang Sewu Yang Harus Sobat TRAC Tahu Sebelum Berkunjung

 

Kantor Perusahaan Kereta Api Zaman Belanda

 

Lawang Sewu awalnya dibangun pada tahun 1904-1907. Pembangunan kembali dilakukan pada 1916-1918 untuk menambah beberapa bangunan.

 

kantor kereta api.jpg

 

Awalnya, bangunan yang menempati lahan seluas 18.232 m2 ini digunakan sebagai Kantor Pusat perusahaan kereta api swasta Nederlandsch-Indische Spoorweg Maatschappij (NISM). ingga tahun 1942 diambil alih oleh Jepang dan digunakan sebagai Kantor Jawatan Transportasi Jepang.

 

 

 

Di awal masa kemerdekaan, bangunan megah ini sering berganti fungsi. Mulai dari kantor Djawatan Kereta Api Republik Indonesia (DKARI), markas tentara Belanda di masa agresi, kantor Kodam IV Diponegoro, hingga tahun 1994 kembali diserahkan kepada Perumka yang kemudian berubah menjadi KAI.

 

Restorasi dan pemugaran baru dilakukan di tahun 2009 2011, saat tempat ini resmi dibuka sebagai cagar budaya. Wisata ke Lawang Sewu cocok bagi Sobat TRAC yang memiliki ketertarikan akan sejarah, atau penggemar bangunan estetik masa kolonial. 

 

Disulap Jadi Museum Cantik dan Informatif

 

Saat ini, Lawang Sewu tak lagi menjadi kantor operasional kereta api dan beralih fungsi menjadi museum perkeretaapian dengan koleksi-koleksi yang sarat nilai sejarah. Beberapa koleksi dipamerkan antara lain: replika lokomotif uap dan beberapa peralatan pendukung operasional di masa lampau seperti mesin hitung dan mesin tik. 

 

museum cantik.jpg

 

Di beberapa titik terdapat pula foto dan video yang menyajikan informasi pemugaran Lawang Sewu. Bahkan ada pula contoh material restorasi yang digunakan.

 

 

 

Tak hanya wisata sejarah dan arsitektur, Lawang Sewu kini juga kerap dipilih menjadi venue beberapa kegiatan. Seperti pameran, diskusi bahkan kerap jadi lokasi favorit sejoli untuk melakukan foto pre-wedding.

 

Pintu Lawang Sewu Tak Sampai 1000

 

Meski secara harfiah Lawang Sewu berarti pintu seribu, faktanya pintu yang ada di bangunan ini tak benar-benar mencapai 1.000 buah lho.

 

pintu lawang sewu.jpg

 

Banyak sumber yang menyebutkan total pintu yang tersedia di lawang sewu hanya mencapai  928 pintu. Namun ada pula yang beranggapan  kalau sebenarnya hanya ada 429 daun pintu, dan sisanya merupakan jendela berukuran besar. 

 

Meski jumlah sesungguhnya masih menjadi misteri, namun lawang sewu tetap melekat dengan identitasnya yang dianggap memiliki  seribu pintu. Atau Sobat TRAC tertarik untuk menghitung langsung saat berkunjung ke sana?

 

 

 

Lebih Terawat dan Didukung Berbagai Fasilitas

 

Bangunan berusia lebih dari seabad ini pernah dianggap sebagai bangunan yang angker dengan berbagai cerita mistis  yang melekat di dalamnya. Bahkan lawang sewu kerap  dijadikan lokasi “uji nyali”. Maklum saja Sobat TRAC, saat itu Lawang Sewu memang sempat terbengkalai.

 

fasilitas lawang sewu

 

Kini, image tersebut perlahan luntur. Setelah dipugar dan direnovasi, Lawang sewu telah lahir kembali dengan kondisi yang jauh lebih baik, dan lebih terawat. Pengelolaan Lawang Sewu kini berada di bawah tanggung jawab Unit Architecture & Preservation KAI, yang juga bertanggung jawab pada beberapa museum kereta api lainnya di Indonesia.

 

Sebagai sarana edukasi, Lawang Sewu juga dilengkapi dengan perpustakaan yang memiliki banyak buku tentang sejarah perkeretaapian.. Terdapat pula ruang pertemuan yang cukup besar dan bisa disewa untuk berbagai kegiatan. Tak lupa beberapa fasilitas dasar lainnya, seperti mushola serta toilet.

 

Oh ya, toilet di Lawang Sewu juga menjadi salah satu daya tarik lho Sobat TRAC. Konon, keindahan toilet disana tak kalah dengan toilet yang ada di Eropa Maklum saja materialnya pun tak sedikit yang diimpor langsung dari berbagai negara Eropa. Tak percaya? Yuk, buktikan!

 

 

 

Bagi Sobat TRAC yang belum memiliki rencana liburan akhir tahun, Semarang bisa menjadi opsi yang menarik. Lokasinya mudah dijangkau dari sisi barat maupun sisi timur Pulau Jawa. Ditambah dengan akses tol Trans Jawa membuat perjalanan darat pun menjadi lebih cepat dan tentunya menyenangkan. 

 

Mengandalkan Wisata sejarah dan wisata kuliner, Semarang cocok bagi wisatawan berbagai usia. Selain itu terdapat pula beberapa wisata alam menarik yang berada di sekitar kota, seperti Brown Canyon, Cemoro Sewu yang instagramable hingga wisata mata air di Umbul Sidomukti.

 

Ajak orang-orang tersayang menjelajahi Semarang dengan menggunakan layanan sewa bus Semarang dari TRAC. Sebagai kota besar, jalan-jalan di Semarang tentu sudah terbiasa dilalui oleh bus-bus berbagai ukuran. Jadi jangan ragu untuk mengajak seluruh anggota keluarga berlibur bersama menggunakan bus ukuran besar. Semakin ramai tentu liburan akan semakin seru.

 

TRAC menyediakan layanan sewa bus dengan berbagai kapasitas sesuai dengan kebutuhan. Jika bepergian dengan banyak orang, sebaiknya Sobat TRAC memilih Big Bus dengan kapasitas 48 atau 59 seat

 

Bagi Sobat TRAC yang mengutamakan kenyamanan dan pengalaman di perjalanan, bisa memilih Luxury Bus yang mewah dan dilengkapi dengan fasilitas super lengkap. Mini pantry, toilet, mini meeting room, sofa yang nyaman hingga mini “karaoke hall” tersedia di bus tipe ini.

 

 

 

TRAC juga menyediakan layanan sewa bus Semarang dengan kapasitas yang lebih kecil, yaitu medium bus yang bisa menampung 35 penumpang. Ada pula layanan small bus dengan kapasitas 13 maupun 16 penumpang.

 

Selain sewa bus, TRAC juga memiliki layanan rental mobil Semarang yang bisa Sobat TRAC bisa pilihi dengan pengemudi ataupun layanan lepas kunci. Pilihan armadanya pun beragam. Mulai dari city car hingga SUV, sesuaikan saja dengan kebutuhan dan budget. 

 

Yang terpenting, pemesanan rental mobil dan sewa bus dari TRAC sangat mudah. Sobat TRAC hanya perlu mengunduh aplikasi TRACtoGo di Google Playstore maupun Apple Appstore dan lakukan pemesanan langsung dari genggaman. Dengan jaringan layanan yang tersebar di berbagai kota, TRAC akan senantiasa memenuhi kebutuhan transportasi Anda.

 

Jangan lupa Follow instagram @trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter @TRACastra untuk mendapatkan informasi terkini terkait destinasi liburan, tips & trick,serta informasi layanan dan penawaran menarik dari TRAC. 

 

Kemanapun treknya pakai TRAC aja!

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp