Fakta Tentang Kopi Klotok Jogja yang Pernah Dikunjungi Jokowi
Fakta Tentang Kopi Klotok Jogja yang Pernah Dikunjungi Jokowi
Fakta Tentang Kopi Klotok Jogja yang Pernah Dikunjungi Jokowi

Travel

Fakta Tentang Kopi Klotok Jogja yang Pernah Dikunjungi Jokowi

20 Oktober 2023

Share

Main ke Jogjakarta kurang afdol rasanya kalau tidak mampir ke warung makan yang pernah dikunjungi Presiden Jokowi dan keluarga pada Juni 2023 lalu. Saat itu, Jokowi bersama Ibu Iriana menikmati makan siang dengan hidangan rumah yang disajikan disana, diantaranya sayur lodeh, telur krispi serta tempe garit.

 

Usai makan, Jokowi mengaku terkesan dengan citarasa makanan yang dinikmatinya siang itu. Presiden mengaku olahan khas nusantara seperti ini sudah sepatutnya terus dilestarikan. “Enak sekali. Lodehnya, telur krispinya, tempe garitnya,” katanya, dikutip dari metrotvnews.com dalam artikel Akhir Pekan di Yogyakarta, Jokowi dan Iriana Cicipi Makanan di Kopi Klotok yang tayang 3 Juni 2023.

 

Usai kunjungan orang nomor satu di Indonesia itu, warung kopi klotok langsung viral, sob. Bukan hanya bagi penikmat kopi saja, tapi juga di kalangan wisatawan hingga warga lokal Yogyakarta.

 

Setiap harinya warung makan ini tak pernah sepi pengunjung, untuk mencoba langsung hidangan yang jadi favorit Presiden tersebut.

 

 

 

4 Fakta tentang Kopi Klotok Jogja

 

Sejarah Kopi Klotok Jogja

 

Meski baru populer beberapa waktu belakangan, nyatanya warung itu telah beroperasi sejak 8 tahun yang lalu. Sri Handayani, pemilik Kopi Klotok mengaku membuka warung makan ini pada 2015 untuk menjawab kegelisahan suaminya yang rindu makanan khas yang kini cukup sulit ditemukan.

 

Kebetulan saat itu, Yani, panggilan akrabnya juga tengah berencana membuka usaha untuk mengisi masa pensiunnya. Akhirnya, bermodal lahan seluas 3 hektar dan rumah Joglo lawas peninggalan neneknya, ia sulap menjadi waung makan yang kini ramai dikunjungi orang.

 

13_Fakta Tentang Kopi Klotok Jogja yang Pernah Dikunjungi Jokowi (2) Medium.png

 

Selain menyajikan kopi klotok yang khas dengan citarasa tradisional, ada juga beragam menu rumahan yang sangat menggugah selera. Apalagi dengan area belakang yang dipenuhi persawahan, lokasi ini sangat asik jadi tempat untuk menikmati makan siang. Syahdu banget, sob!

 

Harga dan Menu

 

Meski selalu ramai pengunjung, warung kopi klotok tak lantas menaikan harga makanan yang dijualnya. Disamping rasanya yang nikmat, makanan-makanan disini juga sangat ramah di kantong, mulai dari Rp 3 ribu hingga Rp 15 ribu saja.

 

Bahkan untuk menu paket yang terdiri dari nasi putih, sayur lodeh, tempe garit dan sambal dadak, harga yang dipatok nggak sampai Rp 20 ribu, sob. Itupun sudah termasuk dengan minum air teh tawar.

 

 

 

Selain menu utama seperti kopi klotok, sayur lodeh, tempe garit, dan telur goreng krispi, sobat juga mesti cobain pisang goreng yang cukup jadi buruan disana. Hanya dipatok Rp 6500 per porsi, cemilan satu ini bisa jadi hidangan penutup yang pas.

 

Lokasi dan Jam Buka

 

Warung Kopi Klotok berada di Jalan Kaliurang No.16, area Sawah, Kecamatan Pakem, Sleman. Hanya berjarak sekitar 15 kilometer dari pusat kota, Sobat TRAC hanya perlu menempuh perjalanan tak sampai 30 menit berkendara untuk sampai kesana.

 

Buka setiap hari mulai dari pukul 7 pagi hingga 9 malam, sobat bisa menjadikan warung makan ini sebagai tujuan saat santap siang. Sekedar rekomendasi, karena masih dikelilingi area persawahan, sebaiknya datang kala siang menjelang sore, sob.

 

13_Fakta Tentang Kopi Klotok Jogja yang Pernah Dikunjungi Jokowi (3) Medium.png

 

Selain cuaca lebih teduh, usai makan sobat bisa main-main atau sekedar berswa foto di tengah hamparan sawah hijau yang memanjakan mata.

 

Rugi Karena Banyak Konsumen nggak Bayar

 

Meski selalu ramai dikunjungi, nyatanya tak lantas membuat pemiliknya terhindar dari pil pahit. Pada Juli 2023, di media sosial Twitter (sekarang X), warung makan ini kembali menjadi sorotan karena mengalami kerugian yang cukup besar.

 

Dalam postingan itu, disebutkan kalau banyak konsumen yang makan disana dan enggan membayar. Jumlahnya pun cukup mengejutkan. Menurut catatan pengelola, ada sekitar 868 butir telur dan 407 buah pisang goreng yang tidak dibayar.

 

 

 

Meski begitu, Sri Handayani sebagai pemilik tak mau ambil pusing. Ia menanggapi kejadian tersebut sebagai sebuah pembelajaran untuk memperbaiki sistem pemesanan dan pembayaran di warung makannya.

 

Dengan segala kelezatan hidangan dan daya tariknya, warung kopi klotok memang pantas masuk ke dalam salah satu destinasi yang wajib dikunjungi saat liburan ke Jogjakarta.

 

Biar nggak pusing mencari lokasinya, sobat bisa gunakan rental mobil Yogyakarta dari TRAC. Pilih layanan rental mobil dengan pengemudi dan nikmati kenyamanan liburan tanpa harus nyetir sendirian.

 

Spesial HUT TRAC 37, Rental Mobil & Sewa Bus Hemat 37 Persen

 

Untuk kemudahan pemesanan, Sobat TRAC bisa lakukan lewat aplikasi TRACtoGo. Segera install aplikasi TRACtoGo di Google Playstore maupun Apple App Store. Jangan lupa registrasi membership untuk menikmati beragam kemudahan layanan TRAC.

 

Oh iya, untuk informasi terkini, jangan lupa follow media sosial TRAC melalui instagram @trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter @TRACastra.

 

Kemanapun treknya, pakai TRAC aja!

 

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp