Geopark Ciletuh, Kawasan Wisata Mempesona di Sukabumi
Geopark Ciletuh, Kawasan Wisata Mempesona di Sukabumi
Geopark Ciletuh, Kawasan Wisata Mempesona di Sukabumi

Travel

Geopark Ciletuh, Kawasan Wisata Mempesona di Sukabumi

25 Mei 2023

Share

Geopark Ciletuh Dinobatkan Jadi Warisan Dunia Oleh UNESCO

 

Pesona keindahan Geopark Ciletuh di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat tentu sudah tidak diragukan lagi. Kawasan wisata dengan luas tak kurang dari 126 ribu hektar tersebut, menyimpan beragam destinasi tersembunyi, tapi menarik untuk dikunjungi.

 

Geopark Ciletuh bisa dibilang punya keindahan alam yang terbilang komplit. Dikelilingi gunung, laut, pantai, sungai, hingga perbukitan membuatnya jadi salah satu kawasan yang selalu ramai didatangi, terlebih saat musim liburan. Apalagi kawasan ini juga menjadi satu-satunya Geopark di Jawa Barat.

 

Bahkan saking populernya, di tahun 2018 UNESCO menetapkan Geopark Ciletuh sebagai salah satu warisan dunia yang mesti dijaga dan dirawat keberadaanya.

 

Mengutip dari sukabumikab.go.id penetapan Geopark Ciletuh sebagai warisan dunia juga tak lepas lantaran di kawasan tersebut ditemukan banyak material bebatuan yang diyakini telah ada sejak zaman purba. Batu-batu kuno itu muncul sebagai fosil akibat sedimentasi lempeng bumi puluhan juta lampau.

 

Dengan begitu, selain menjadi destinasi wisata dengan suguhan panorama yang memanjakan mata, Geopark Ciletuh juga kerap menjadi lokasi penelitian. Karena disana terdapat 50 situs geologi yang bisa disambangi untuk mempelajari berbagai hal tentang kekayaan alam Sukabumi.

 

 

 

Dengan segudang pesona yang dimiliki, wajar bila Geopark Ciletuh kerap menjadi pilihan warga kota untuk melepas penat. Apalagi lokasinya juga tidak terlalu jauh dari Jakarta, kawasan ini tentu jadi rekomendasi ideal buat liburan Sobat TRAC bersama keluarga.

 

3 Lokasi Wisata Favorit di Geopark Ciletuh

 

Curug Cimarinjung

 

Salah satu lokasi yang menjadi daya tarik utama dari Geopark Ciletuh adalah kawasannya yang dianugerahi begitu banyak curug atau air terjun. Setidaknya terdapat 10 curug yang tersebar di 8 kecamatan di sekitar kawasan ini.

 

Namun dari sekian banyak curug yang ada, Curug Cimarinjung menjadi primadona dan selalu jadi langganan wisatawan. Curug ini berlokasi sekitar 2 kilometer dari Pantai Palangpang dan bisa ditempuh sekitar 30 menit dengan berkendara.

 

Curug setinggi 60 meter itu punya kecantikan tak biasa dibanding curug-curug lain disekitarnya. Berhias tebing tinggi berwarna kecoklatan, berpadu dengan pepohonan hijau yang menyelimuti dinding tebing, membuat aliran deras air terjun nampak begitu sedap dipandang mata.

 

Wajar bila banyak wisatawan yang memaksa untuk bisa sampai ke lokasi ini, meski butuh usaha dan perjuangan ekstra. Karena letaknya yang cukup terpencil dan dikelilingi tebing-tebing tinggi.

 

 

 

Puncak Darma

 

Lokasi ini bisa dibilang sebagai dataran tertinggi yang berada di kawasan Geopark Ciletuh. Berada pada ketinggian 230 Meter diatas permukaan laut (Mdpl), Puncak Darma jadi spot favorit wisatawan untuk menikmati keindahan bumi Pasundan dari ketinggian.

 

Sejauh mata memandang, yang nampak hanya keindahan alam, mulai dari Gunung, laut, pantai, hingga aliran sungai. Sobat TRAC pecinta fotografi, jangan lewatkan momen merekam keindahan lanskap dari titik ini.

 

Apalagi saat ini fasilitas yang tersedia di Puncak Darma juga sudah terbilang lengkap. Disana banyak tersedia warung makan, toilet, hingga spot foto instagramable. Jadi, jangan lupa melipir kesini ya!

 

Bukit Panenjoan

 

Lokasi terakhir yang wajib dikunjungi kala bertandang ke Geopark Ciletuh adalah Bukit Panenjoan. Terletak di Desa Mekarsakti, Kabupaten Sukabumi, Sobat TRAC perlu menempuh perjalanan sekitar tiga jam berkendara dari Pelabuhan Ratu.

 

Bukit Panenjoan jadi spot paling ideal untuk melihat langsung panorama Amfiteater Ciletuh. Pemandangan yang tersaji sungguh indah. Amfiteater yang dibangung dengan biaya tak kurang dari Rp 12 Miliar itu, menyerupai tapal kuda dengan view langsung Teluk Ciletuh yang terhampar luas.

 

 

 

Jelajah Wisata Geopark Ciletuh dengan Rental Mobil

 

Setelah mengetahui betapa indahnya pesona wisata kawasan Geopark Ciletuh di Sukabumi, sekarang saatnya Sobat TRAC merencanakan liburan singkat bareng keluarga.

 

Karena lokasinya tak terlalu jauh dari pusat kota, Sobat TRAC bisa rencanakan liburan kali ini menggunakan mobil menempuh jalur tol Jagorawi dan terus ke Bocimi. Namun, biar semakin nyaman di jalan, Sobat TRAC bisa menggunakan layanan rental mobil Jakarta dari TRAC biar tak perlu capek berkendara sendiri dengan layanan rental mobil dengan pengemudi.

 

Untuk kemudahan pemesanan, Sobat TRAC bisa lakukan lewat aplikasi TRACtoGo. Segera install aplikasi TRACtoGo di Google Playstore maupun Apple App Store. Jangan lupa melakukan registrasi membership untuk menikmati beragam kemudahan dalam layanan TRAC.

 

Oh ya satu lagi, untuk menghindari aksi penipuan dari pihak yang tak bertanggung jawab, pastikan untuk selalu waspada saat bertransaksi. Jangan lakukan pembayaran ke rekening tujuan atas nama pribadi. Jika ada hal-hal mencurigakan, segera konfirmasi ke pusat bantuan Customer Assistance Center - CAC (24/7): 1500.009.

 

Informasi terkini, jangan lupa follow media sosial TRAC melalui instagram @trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter @TRACastra.

 

Kemanapun treknya, pakai TRAC aja!

 

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.

Artikel Terkait

WhatsApp