https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/thumbnail-276-06 Hidden Gem! 3 Rekomendasi Wisata di Sumatera Barat (1).jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/thumbnail-276-06 Hidden Gem! 3 Rekomendasi Wisata di Sumatera Barat (1).jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/thumbnail-276-06 Hidden Gem! 3 Rekomendasi Wisata di Sumatera Barat (1).jpg

Travel

Hidden Gem! 3 Rekomendasi Wisata di Sumatera Barat

24 Maret 2022

Share

Tak hanya memiliki daftar makanan yang kaya rasa, Sumatera Barat ternyata juga memiliki ragam potensi wisata yang tak kalah dari tempat lain. Jam gadang di bukit tinggi, Istana Pagaruyung hingga Danau Maninjau dan Danau Singkarak merupakan beberapa destinasi ikonik dari Ranah Minang ini. Selain yang telah disebutkan, tentu Sumatra Barat masih memiliki segudang destinasi wisata yang siap memukau Anda.

Berikut 3 Rekomendasi Wisata di Sumatera Barat

1. Padang Panjang si Egypte van Andalas

 

Terpisah sejauh 80 km, pastikan jangan sampai Anda tertukar antara Kota Padang dengan Kota Padang Panjang. Di jaman penjajahan Belanda, Padang panjang dijuluki sebagai Egypte van Andalas atau Mesir dari tanah Sumatra lantaran dikenal sebagai kota pendidikan yang berhasil mencetak ulama-ulama tersohor.

 

Jika Anda menyambangi Padang Panjang, tak lengkap rasanya jika tak mampir ke Gua Batu Batirai yang merupakan gua alami dengan susunan stalagtit yang menyerupai tirai. Padang Panjang juga memiliki beberapa destinasi wisata budaya seperti; Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau dan Desa Wisata Kampung Budaya Dan Religi Sigando.

 

 

2. Menikmati transformasi tambang tua yang cantik di Sawahlunto

 

Sawahlunto adalah sebuah kota kecil bekas tambang tua. Di masa lampau, daerah ini dikenal dengan penghasil batubara. Sekarang Sawahlunto telah bertransformasi menjadi kota wisata dengan segala peninggalan budaya yang penuh cerita.

 

Datanglah ke kawasan Ombilin, di sini Anda akan merasakan aura kota tua yang cantik. Hampir setiap sudut di Ombilin bisa Anda jadikan latar berfoto. Petualangan di Sawahlunto tak lengkap rasanya tanpa menelusuri lorong-lorong bekas tambang batubara. Jangan lupa untuk menggunakan helm dan peralatan safety lainnya ya!

 

 

3. Terpukau Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluhkota

Kota Payakumbuh terletak di ketinggian, udaranya sejuk dan segar dengan pemandangan alam yang akan memanjakan mata. Jika Anda berkunjung ke Payakumbuh, tentu tak boleh melewatkan perbukitan Ngalau Indah. Telusuri dua sepanjang ratusan meter dengan stalaktit dan stalakmit yang mempesona. Anda juga bisa menikmati Kota Payakumbuh dari ketinggian di Puncak Marajo yang terkenal. 

 

Sedikit bergeser ke Kabupaten Limapuluhkota, perjalanan Anda di Sumatera Barat tak lengkap rasanya tanpa menikmati keindahan Lembah Harau dan Kelok Sembilan. Dikelilingi tebing batu granit yang curam dengan aksen pepohonan hijau membuat lembah harau seringkali disandingkan dengan Taman Nasional Yosemite di Amerika Serikat. Bagi penyuka olahraga panjat tebing, kawasan ini menjadi surga tersendiri. 

 

Satu lagi destinasi di Kabupaten Limapuluhkota yang akan menyihir Anda yaitu Kelok Sembilan. Anda bisa menikmati Kelok Sembilan kejauhan maupun sambil menyusurinya. Seperti namanya, jalan berliku ini memiliki 9 belokan bahkan beberapa diantaranya terhitung tikungan tajam. Hati-hati ya!

 

Sumatera Barat memiliki banyak pesona wisata tersembunyi yang tersebar di berbagai kota dan Kabupaten. Untuk menyambanginya tentu Anda memerlukan sarana transportasi yang mumpuni dengan pengemudi yang berpengalaman, terlebih jalanan di kawasan Sumatra terkenal menantang. Percayakanlah trip Anda mengeksplorasi Sumatera Barat kepada TRAC, rental mobil terpercaya yang telah berpengalaman selama puluhan tahun. Perjalanan Anda bersama TRAC akan semakin nyaman dengan pengemudi yang telah bersertifikat defensive driving.

 

Jika Anda berencana untuk menyambangi Sumatera Barat menjelang lebaran nanti, sebaiknya Anda segera menghubungi Customer Assistance Center 1500009 atau mengirimkan email ke rco.nasional@trac.astra.co.id untuk untuk mendapatkan ketersediaan unit. Pemesanan seluruh layanan TRAC juga bisa Anda lakukan melalui aplikasi TRACtoGo yang dapat diunduh baik di Google Play Store maupun Apple App Store.

 

Untuk perjalanan di masa pandemi Covid-19, TRAC memiliki komitmen untuk selalu melindungi Anda melalui penerapan SMART protocol, antara lain; 

 

Melakukan penyemprotan disinfektan ke semua unit yang akan melayani dan setelah melayani pelanggan.

 

Menyediakan hand sanitizer di semua unit yang bertugas melayani penumpang.

 

Menerapkan social distancing di seluruh unit yang mengangkut penumpang.

 

Memberikan sekat pembatas (berbahan fiber) antara driver dengan penumpang.

 

Setiap driver yang bertugas akan melalui proses pengecekan kesehatan.

 

Setiap driver yang bertugas diwajibkan menggunakan masker dan sarung tangan.

 

Driver tidak diperkenankan melakukan kontak fisik apapun kepada penumpang.


Dengan SMART protocol dari TRAC jadi makin tenang deh perjalanan menyusuri berbagai destinasi wisata di Sumatera Barat kali ini. Destinasi mana yang akan jadi tujuan pertama Anda?

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp