https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/thumbnail-291-01 Hidden Gem xx destinasi wisata di Garut.jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/thumbnail-291-01 Hidden Gem xx destinasi wisata di Garut.jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/thumbnail-291-01 Hidden Gem xx destinasi wisata di Garut.jpg

Travel

Hidden Gem, 5 Rekomendasi Destinasi Wisata di Garut

18 Mei 2022

Share

Sudah bertahun-tahun lamanya Garut dikenal dengan 2D yaitu dodol dan domba, padahal Kabupaten yang wilayahnya membentang di selatan Bandung ini menyimpan banyak potensi wisata yang ciamik. 

 

"Gurilaps", begitu akronim yang cocok untuk menggambarkan potensi yang ada di sana. Tak hanya terdengar serupa dengan kata "gurilaps" yang berarti gemerlap dalam Bahasa Sunda namun juga merujuk pada gunung, rimba, laut, pantai dan seni budaya. Sebuah paket lengkap untuk Anda berwisata.

 

Tertarik berwisata ke Garut? Berikut 5 rekomendasi wisata di Garut yang layak Anda coba.

 

1. Gunung Papandayan yang fenomenal di Garut

Gunung setinggi 2665 mdpl ini memang menjadi salah satu ikon wisata Garut. Konon katanya, sebutan Swiss van Java untuk wilayah Garut juga tercipta dari kawasan ini. 

 

Banyak yang tak tahu, Anda tak perlu mendaki hingga puncak untuk menikmati indahnya Gunung Papandayan. Perjalanan singkat ke beberapa titik bisa menjadi opsi untuk wisatawan yang tak memiliki banyak waktu dan perlengkapan yang mumpuni. Hutan mati, pondok saladah dan tegal alun biasanya menjadi tiga titik tujuan para wisatawan yang bertandang.

Jangan lupa untuk membeli tiket dan perizinan untuk masuk masuk ke kawasan Taman Wisata Alam Papandayan. Untuk wisatawan lokal, Anda hanya perlu membayar tiket seharga Rp20.000 - 30.000, sangat terjangkau.

 

 

2. Merasakan hempasan air di Curug Sanghyang Taraje

Dengan dia terjunan setinggi 82 meter, air terjun yang berlokasi di Kecamatan Pamulihan ini digadang sebagai yang tertinggi di wilayah Garut. Namanya cukup unik, secara eksplisit memiliki arti tangga sang pencipta. Untuk menjangkau air terjun ini, Anda perlu berkendara ke arah barat daya sekitar 2 jam atau sejauh 45 km dari Alun-alun Garut. 

 

 

3. Menyibak keindahan alam di Leuweung Sancang

Berada di ujung timur Garut bagian selatan, Cagar Alam Leuweung Sancang atau hutan sancang menjadi salah satu hidden gem bagi Anda yang menyukai kegiatan luar ruang dan penikmat alam. Pastikan Anda meluangkan banyak waktu saat akan berkunjung ke tempat ini. Disamping banyak sisi yang harus dinikmati, perjalanan menuju destinasi ini akan memerlukan banyak waktu. Dari pusat keramaian garut, Leuweung Sancang dapat dijangkau sekitar 4-5 jam berkendara. Tentu harus dengan kemampuan yang mumpuni. 

 

Tak hanya sebagai rumah jadi aneka flora dan fauna, Cagar Alam Leuweung Sancang juga memiliki pantai indah yang masih alami. Hamparan pasir putih akan menyapa Anda sesaat setelah tiba. Usahakan Anda membawa persiapan dan perbekalan saat akan berkunjung ke tempat ini dan tentunya pastikan untuk tidak meninggalkan sampah supaya destinasi ini tetap bersih dan alami.

 

 

4. Wisata di Garut tak lengkap tanpa pemandian air panas

Terdapat beberapa titik pemandian air panas alam yang tersebar di Kabupaten Garut. Wisatawan mungkin lebih mengenal kawasan Cipanas yang ada di Kecamatan Tarogong Kaler. Fasilitas di kawasan ini sangat lengkap, dengan berbagai pilihan hotel dan penginapan hingga waterboom membuat kawasan ini menjadi primadonanya. 

 

Destinasi pemandian air panas alam yang tak kalah seru berada di Kecamatan Pasirwangi, tak jauh dari Kawah Darajat. Disini Anda bisa merasakan sensasi berendam di air panas alam sambil menikmati pemandangan alam yang memanjakan mata. Meski belum selengkap yang ada di Cipanas, di sini juga sudah terdapat beberapa hotel yang menawarkan kolam renang besar lengkap dengan wahana permainan. 

 

 


5. Wisata kuliner di Pasar Ceplak

Banyak yang menyebut pasar yang terletak di Jalan Siliwangi, Kecamatan Garut Kota ini adalah surganya street food. Datang lah sore hingga malam hari, jejeran gerobak penjaja makanan akan menyambut Anda Jangan lewatkan jajanan tradisional khas Garut seperti burayot, jalabria, cucur dan banyak lainnya. Pastikan Anda mencoba kudapan tersebut agar tak penasaran dengan nama-nama uniknya. Untuk makan malam Anda bisa memilih aneka pepes atau papais yang bertambah nikmat jika dimakan bersama.

 

Jika Anda datang di sore hari, sempatkan untuk sejenak menjelajah kawasan di sekitar Pasar Ceplak. Anda bisa mampir minum kopi di warung kopi legendaris Ipo Morning Coffee yang telah buka sejak tahun 50an. Jangan lupa untuk membeli oleh-oleh di Chocodot Castle yang hanya berjarak 300 meter dari keramaian pasar. Lapar? Cicipi pedas dan segarnya sambal cibiuk bersama aneka lauk di rumah makan khas sunda yang terletak tak jauh dari Pasar Ceplak.

 

Destinasi wisata di Garut tersebar di berbagai penjuru, meski dengan waktu yang terbatas rasanya tentu tak puas jika hanya menyambangi satu tempat saja. Supaya liburan makin nyaman saat singgah di banyak tempat, sebaiknya Anda bisa menggunakan layanan rental mobil saat menjelajah Garut. Jika menggunakan mobil rental dengan layanan pengemudi seperti yang disediakan oleh TRAC, Anda tak perlu lelah berkendara saat menuju Curug Sanghyang Taraje atau pusing mencari parkir saat mampir ke Pasar Ceplak.

 

Dapatkan kemudahan rental mobil dan sewa bus langsung dari genggaman tangan dengan mengunduh aplikasi TRACtoGo di Google Playstore maupun di Apple App Store. Jangan lewatkan promo dan penawaran terbaik untuk perjalanan Anda. Dengan kantor cabang yang tersebar di berbagai lokasi di Indonesia, TRAC memiliki jangkauan operasional yang mampu mengakomodasi keperluan Anda di berbagai kota. Untuk info lengkap terkait layanan TRAC Anda dapat menghubungi Customer Assistance Center di 1500009 atau mengirimkan email ke rco.nasional@trac.astra.co.id

 

Jangan ragu untuk berkendara bersama TRAC, karena layanan rental mobil andal dan terpercaya ini berkomitmen untuk selalu melindungi penumpangnya bahkan di penghujung masa pandemi Covid-19 seperti sekarang. Setiap armada dilengkapi dengan sekat antara penumpang dan pengemudi serta dilengkapi dengan hand sanitizer. Selain itu armada juga akan dibersihkan dengan desinfektan sebelum dan setelah bertugas

 

Pengemudi TRAC juga selalu memperhatikan kenyamanan saat berkendara terlebih dengan kemampuan defensive driving yang dimiliki. Anda juga tak perlu khawatir karena setiap pengemudi yang bertugas telah lolos tes kesehatan serta diwajibkan menggunakan masker dan sarung tangan. Jangan lupa untuk selalu menjaga jarak saat di perjalanan ya!

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp