• Beranda
  • Blog
  • Travel
  • Inilah Beragam Makanan Khas Bandung yang Wajib Dicoba Saat Berkunjung ke Sana

Inilah Beragam Makanan Khas Bandung yang Wajib Dicoba Saat Berkunjung ke Sana
Inilah Beragam Makanan Khas Bandung yang Wajib Dicoba Saat Berkunjung ke Sana
Inilah Beragam Makanan Khas Bandung yang Wajib Dicoba Saat Berkunjung ke Sana

Travel

Inilah Beragam Makanan Khas Bandung yang Wajib Dicoba Saat Berkunjung ke Sana

30 Juni 2021

Share

Banyaknya pilihan wisata Bandung telah menjadi daya tarik utama kota berjuluk Paris Van Java ini. Salah satunya tentu karena ada banyak makanannya yang khas untuk Anda cicipi. Tak heran bila Bandung menjadi salah satu destinasi wisata populer di Jawa Barat.

 

Seperti banyak daerah di Indonesia, makanan khas Bandung dibagi ke dalam dua kelompok utama. Yaitu makanan berat dan makanan ringan. Dari sekian banyak pilihan, berikut empat rekomendasi kuliner Bandung yang wajib Anda coba ketika berkunjung.

 

4 Makanan Khas Bandung Yang Perlu Dicoba

 

 

1. Nasi Tutug Oncom

 

Nasi Tutug Oncom (photo: iStockphoto)

 

Nasi tutug oncom mungkin jarang Anda temukan di luar wilayah Jawa Barat. Makanan satu ini terbilang spesial karena memadukan nasi dan oncom goreng atau bakar dengan cara ditumbuk. Dari proses ini lah nama nasi tutug oncom berasal, karena tutug dalam bahasa Sunda berarti menumbuk.

 

Nasi tutug oncom biasa dihidangkan bersama lauk berupa ikan asin atau ayam goreng. Tentunya juga ditemani lalapan, sambal terasi serta taburan bawang goreng. Hidangan satu ini bisa jadi pilihan makan siang Anda saat berkunjung ke Bandung.

 

 

2. Gepuk

 

Gepuk (photo: iStockphoto)

 

Kalau Sumatera Barat punya rendang, maka Jawa Barat punya olahan daging sapi kaya rasa bernama gepuk. Sekilas gepuk dan rendang tampak serupa. Perbedaan terletak pada jenis daging yang digunakan. Gepuk biasanya menggunakan daging sapi bagian paha. Citarasa gepuk ini gurih berpadu dengan manis. Seperti wanita-wanita Bandung, hihihi.

 

Makanan yang nikmat disantap dengan nasi hangat ini diolah dengan cara merebus daging sapi iris setengah matang. Lalu dipukul-pukul hingga terasa empuk. Kemudian daging direndam ke dalam bumbu dengan campuran santan. Kemudian dimasak menggunakan teknik yang sama dengan pembuatan rendang.

 

 

3. Seblak

 

Seblak (photo: iStockphoto)

 

Dari sekian banyak kuliner Bandung, seblak merupaka yang paling populer dan punya banyak penggemar. Saking populernya, pedagang seblak menjamur di kota-kota besar Indonesia, dengan modifikasi menu. Seperti seblak keju, dumpling, boga bahari dan lain-lain. Meski begitu, mencicipinya langsung di daerah asalnya adalah pengalaman yang tak boleh Anda lewatkan.

 

Makanan berkuah dengan rasa gurih dan pedas ini sejatinya hanya terdiri dari kerupuk basah yang dimasak bersama kuah kaldu, telur, sayuran dan bumbu andalannya yaitu cikur atau kencur.  Namun, kini seblak asli Bandung banyak dimodifikasi dengan menambahkan berbagai topping. Seperti bakso, siomay, batagor kering, tahu, hingga mie. Seporsi seblak ini sudah cukup untuk mengenyangkan perut. 

 

 

4. Colenak 

 

Colenak (photo: iStockphoto)

 

Kurang lengkap rasanya jika rekomendasi kali ini hanya membahas makanan berat. Sebagai camilan atau makanan penutup, Bandung punya yang namanya colenak. Makanan bernama unik ini terbuat dari peuyeum atau tape singkong yang dibakar.

 

Colenak biasa dihidangkan hangat bersama gula merah yang dimasak dengan parutan kelapa. Saat dihidangkan, harum aroma colenak dipastikan bikin siapa saja berselera. Jika Anda bingung memilih camilan penutup malam di Bandung, colenak bisa jadi pilihan pas. 

 

 

 

Eksplorasi Makanan Khas Bandung dengan Rental Mobil Bandung

 

Itulah empat makanan khas Bandung yang wajib saat berkunjung ke sana. Pastikan perjalanan Anda selama di Bandung dilakukan dengan menaati protokol kesehatan, ya. Karena pandemi Covid-19 masih jadi kewaspadaan bersama.

 

Dalam hal ini, Anda bisa bepergian menggunakan kendaraan pribadi demi memastikan keamanan, atau mengandalkan layanan rental mobil TRAC dari sekian banyak pilihan rental mobil Bandung yang siap mengantar Anda ke manapun dengan aman dan nyaman.

 

Dengan memilih rental mobil Bandung ketimbang menggunakan transportasi umum, Anda bisa lebih nyaman menentukan tujuan dan merasa aman karena terhindar dari kerumuman. Apalagi selama masa pandemi ini TRAC berkomitmen menjalankan SMART PROTOCOL.

 

 

 

Protokol kesehatan ketat yang meliputi penyemprotan rutin unit kendaraan menggunakan disinfektan setiap sebelum dan sesudah digunakan, memastikan pengemudi yang bertugas telah melalui pemeriksaan kesehatan, dan mewajibkan penggunaan masker serta sarung tangan, menyediakan hand sanitizer untuk penumpang, hingga menerapkan physical distancing dengan membatasi jumlah penumpang.

 

Bersama TRAC Anda juga mendapat kenyamanan lebih karena bisa menyewa kendaraan sesuai kebutuhan secara lepas kunci maupun dengan pengemudi bersertifikat Defensive Driving, seperti mobil berkapasitas 4-6 orang untuk perjalanan keluarga, hingga bus berbagai ukuran untuk perjalanan dalam rombongan. 


Tak hanya itu, Anda bahkan bisa merencanakan perjalanan dan memesan layanan TRAC semudah menggerakkan jari melalui aplikasi TRACtoGo yang dapat diunduh melalui Google Play Store dan Apple App Store.

 

Aplikasi TRACtoGo juga memiliki beragam fitur unggulan yang semakin memudahkan, salah satunya fitur Experience yang berisi beragam penawaran dan paket menarik untuk setiap perjalanan Anda. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi Customer Assistance Center TRAC di nomor 1500 009.

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp