• Beranda
  • Blog
  • Travel
  • Inilah Beragam Makanan Khas Bandung yang Wajib Dicoba Saat Berkunjung ke Sana

https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-206-[JUNI] TRAC WEB - BANNER 23.jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-206-[JUNI] TRAC WEB - BANNER 23.jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-206-[JUNI] TRAC WEB - BANNER 23.jpg

Travel

Inilah Beragam Makanan Khas Bandung yang Wajib Dicoba Saat Berkunjung ke Sana

30 Juni 2021

Share

Banyaknya pilihan wisata Bandung telah menjadi daya tarik utama Kota Kembang. Salah satunya tentu karena ada banyak makanan khas Bandung yang bisa Anda cicipi. Tidak heran bila Bandung menjadi salah satu destinasi wisata populer di Jawa Barat.

 

Seperti banyak daerah di Indonesia, makanan khas Bandung bisa dibagi ke dalam dua kelompok utama, yaitu makanan berat dan makanan ringan. Dari sekian banyak pilihan, berikut adalah lima rekomendasi kuliner Bandung yang wajib Anda coba ketika berkunjung.

 

 

1. Nasi tutug oncom

Nasi Tutug Oncom (photo: iStockphoto)

 

Nasi tutug oncom mungkin jarang bisa Anda temukan di luar wilayah Jawa Barat. Makanan satu ini terbilang spesial karena memadukan nasi dan oncom goreng atau bakar dengan cara ditumbuk. Dari proses ini lah nama nasi tutug oncom berasal, karena tutug dalam bahasa Sunda berarti menumbuk.

 

Nasi tutug oncom biasa dihidangkan bersama lauk berupa ikan asin atau ayam goreng, tentunya dengan lalapan, sambal terasi dan taburan bawang goreng. Hidangan satu ini bisa jadi pilihan makan siang Anda di Bandung.

 

 

2. Gepuk

Gepuk (photo: iStockphoto)

 

Kalau Sumatera Barat punya rendang, maka Jawa Barat punya olahan daging sapi kaya rasa bernama gepuk. Sekilas pandang gepuk dan rendang tampak serupa. Perbedaan terletak pada jenis daging yang digunakan. Gepuk biasanya menggunakan daging sapi bagian paha, dan citarasa gepuk gurih sedikit manis.

 

Makanan yang nikmat disantap dengan nasi hangat ini diolah dengan cara merebus daging sapi iris hingga setengah matang, lalu dipukul-pukul hingga terasa empuk. Daging yang telah empuk kemudian akan direndam ke dalam bumbu dengan campuran santan, dan dimasak dengan teknik yang sama dengan pembuatan rendang.

 

 

3. Seblak 

Seblak (photo: iStockphoto)

 

Dari sekian banyak kuliner Bandung, seblak adalah yang paling populer dan punya banyak penggemar. Saking populernya, pedagang seblak menjamur di kota-kota besar Indonesia, dengan modifikasi menu seperti seblak keju, dumpling, boga bahari dan lain-lain. Meski begitu, mencicipinya langsung di daerah asalnya adalah pengalaman yang tak boleh Anda lewatkan.

 

Makanan berkuah dengan rasa gurih dan pedas ini sejatinya hanya terdiri dari kerupuk basah yang dimasak bersama kuah kaldu, telur, sayuran dan bumbu andalannya yaitu cikur atau kencur.  Namun, kini seblak asli Bandung sekalipun menyediakan topping tambahan seperti bakso, siomay dan batagor kering, tahu, hingga mie agar seporsi seblak bisa mengenyangkan perut. 

 

 

4. Colenak 

Colenak (photo: iStockphoto)

 

Kurang lengkap rasanya jika rekomendasi kali ini hanya membahas makanan berat. Sebagai camilan atau makanan penutup, Bandung punya yang namanya colenak. Makanan bernama unik ini terbuat dari peuyeum atau tape singkong yang dibakar.

 

Colenak biasa dihidangkan hangat bersama gula merah yang dimasak dengan parutan kelapa. Seketika dihidangkan, harum aroma colenak dipastikan bikin siapa saja berselera. Jika Anda bingung memilih camilan penutup malam di Bandung, colenak bisa jadi pilihan. 

 

Itu dia 5 makanan khas yang wajib Anda coba jika berkunjung ke Bandung. Pastikan perjalanan Anda selama di Bandung dilakukan dengan menaati protokol kesehatan, ya, karena pandemi Covid-19 masih jadi kewaspadaan bersama.

 

Dalam hal ini, Anda bisa bepergian menggunakan kendaraan pribadi demi memastikan keamanan, atau mengandalkan layanan sewa mobil TRAC dari sekian banyak pilihan sewa mobil Bandung yang siap mengantar Anda ke manapun dengan aman dan nyaman.

 

Dengan memilih rental mobil Bandung alih-alih transportasi massal, Anda bisa dengan nyaman menentukan tujuan dan merasa aman karena terhindar dari kerumuman. Apalagi selama masa pandemi ini TRAC berkomitmen menjalankan SMART PROTOCOL, protokol kesehatan ketat yang meliputi penyemprotan rutin unit kendaraan menggunakan disinfektan setiap sebelum dan sesudah digunakan, memastikan pengemudi yang bertugas telah melalui pemeriksaan kesehatan, dan mewajibkan penggunaan masker serta sarung tangan, menyediakan hand sanitizer untuk penumpang, hingga menerapkan physical distancing dengan membatasi jumlah penumpang.

 

Bersama TRAC Anda juga mendapat kenyamanan lebih karena bisa menyewa kendaraan sesuai kebutuhan secara lepas kunci maupun dengan pengemudi bersertifikat Defensive Driving, seperti mobil berkapasitas 4-6 orang untuk perjalanan keluarga, hingga bus berbagai ukuran untuk perjalanan dalam rombongan. 


Tak hanya itu, Anda bahkan bisa merencanakan perjalanan dan memesan layanan TRAC semudah menggerakkan jari melalui aplikasi TRAC To Go yang dapat diunduh melalui Google Play Store dan Apple App Store. Aplikasi TRAC To Go juga memiliki beragam fitur unggulan yang semakin memudahkan, salah satunya fitur Experience yang berisi beragam penawaran dan paket menarik untuk setiap perjalanan Anda. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi Customer Assistance Center TRAC di nomor 1500 009.

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp