06 Itinerary 2 hari wisata kuliner di Semarang.jpg
06 Itinerary 2 hari wisata kuliner di Semarang.jpg
06 Itinerary 2 hari wisata kuliner di Semarang.jpg

Travel

Itinerary 2 Hari Wisata Kuliner di Semarang

26 September 2022

Share

Anda mungkin hanya mengenal Semarang sebagai Kota Lumpia, namun sejatinya kota ini menyimpan banyak potensi petualangan rasa. Sebagai kota pelabuhan, Semarang menjelma menjadi salah satu melting pot di Indonesia. Kuliner Semarang mendapat pengaruh dari berbagai budaya, khususnya perpaduan apik Jawa dan Tionghoa. 

 

Tentunya perlu berhari-hari dengan jika Anda ingin menyelami seluruh potensi wisata kuliner yang ada di Semarang. Namun tak perlu khawatir, TRAC sudah merangkumnya untuk perjalanan 2 hari Anda. 

 

 

Rekomendasi jadwal wisata kuliner di Semarang

 

Hari pertama : 

Pagi - Membuka hari di Soto Selan

Mungkin saatnya sedikit mengabaikan sarapan ala hotel dan bergegas memulai hari dengan berburu Soto Selan yang Legendaris. Kedai sederhana ini telah melayani pelanggan sejak tahun 1974 dengan menu Soto Semarang. Sekilas, tampilannya mirip dengan Soto Kudus, namun perbedaan dapat Anda rasakan setelah mencicipi kuahnya. Soto Semarang memiliki kuah yang lebih ringan dengan warna cenderung kecoklatan. 

 

Hampir sama dengan Soto Semarang lainnya, Soto Selan menggunakan ayam kampung dalam setiap mangkoknya. Yang khas dari kedai ini adalah makanan pendamping yang disajikan di atas meja seperti aneka sate, baceman, gorengan. Jika Beruntung Anda bisa memesan perkedel ikan yang menjadi salah satu menu rahasia di kedai ini.

 

 

Siang - Asem-asem Koh Liem dan Lekker Paimo, kuliner legendaris Semarang

Asem-asem Koh Liem adalah salah satu bentuk nyata akulturasi citarasa Tionghoa dan Jawa. Semangkuk kesegaran dari kuah asam berpadu apik dengan potongan daging dan cabai. Rasa asam pada hidangan ini berasal dari asam jawa, tomat dan belimbing wuluh. Wah membayangkannya saja tentu sudah membuat air liur mengalir deras. Seperti toko khas Tionghoa kebanyakan, kedai ini juga menjual berbagai macam cemilan dan barang lain seperti madi hingga aneka minuman kemasan. 

 

Tak jauh dari Asem-asem Koh Liem terdapat Lekker Paimo yang terkenal. Berbeda dari penjual kue lekker lainnya, di sini terdapat varian lekker manis dan asin, mulai dari lekker coklat yang sederhana hingga paduan yang mengenyangkan dari  telur, sosis, mozzarella maupun telus, sosis, keju dan tuna.

 

 

Sore - Nikmati Kota Lama Semarang di Spiegel

Meski menempati bangunan lama, Spiegel Bar & Bistro ternyata lahir dari tangan anak muda. Tempat ini pun tak jarang menjadi lokasi anak-anak muda Semarang untuk berdiskusi dan berkreasi. Lokasinya tak jauh dari Gereja Blenduk yang ikonik, bisa menjadi pilihan tepat setelah Anda menyusuri gang-gang di kota lama untuk berfoto ria. Secangkir kopi, segelas mocktail maupun cocktail bisa menjadi pilihan saat Anda menghabiskan waktu di tempat ini.

 

 

Malam - Menikmati indahnya Semarang dari Koenokoeni Cafe Gallery

Tempat ini cocok untuk menikmati indahnya kerlap kerlip Semarang dari ketinggian. Pertama datang Anda terkesima dengan interior maupun eksterior resto yang tradisional namun tetap hangat. Koleksi barang Antik yang ada di sini pun tak kalah menarik. Untuk makanan, menu-menu masakan jawa seperti: nasi campur lengkap dengan empal sapi, nasi liwet dan nasi lodeh tentu tak boleh diabaikan.


 

Hari kedua :

Pagi - Nasi Ayam Bu Nyoto, menu lengkap di pagi hari

Sebaiknya datang di pagi hari untuk menikmati seporsi nasi ayam yang telah dijual sejak tahun 1970 karena warung ini hanya buka dari jam 6-9 pagi. Seporsi nasi ayam berisi nasi, suwiran ayam dan labu siam dan dilengkapi telur rebus bacem, potongan tahu serta siraman kuah opor. Anda juga bisa menambahkan aneka sate seperti sate ati-ampela ayam dan satu usus. Lengkap!


 

Siang - Ngadem di Toko Oen Semarang

Teriknya matahari Semarang tentu bukan rahasia lagi, seporsi es krim dari kedai legendaris ini tentu bisa menjadi pelepas lelah setelah menjelajah ke Lawang Sewu. Toko Oen Semarang telah beroperasi sejak tahun 1936 hingga sekarang dan dengan menu yang sama. Jika Anda hanya ingin sekadar “mengganjal perut” maka sepotong cake coklat klasik dan es krim tutti frutti maupun Oen’s Symphony Ice Cream bisa menjadi kolaborasi yang pas.

 

Ingin bersantai sambil melanjutkan makan siang? Tentu bisa! Menu fusion Indonesia, Belanda dan Tionghoa yang ada disini bisa menjadi pilihan. Salad khas Belanda Huzarensla cocok sebagai pembuka santap siang Anda. Untuk hidangan utama, Anda bisa memilih Hop Buntut, Aneka Pasta hingga Kekian Goreng. 

 

 

Malam - Nasi Goreng Babat Hengky

Lokasinya agak tersembunyi di dalam perumahan Puri Anjasmoro, meski begitu nasi goreng babat dan paru goreng di sini telah menjadi idola bagi warga Semarang. Porsi Nasi gorengnya cukup banyak, dengan aroma khas dari kayu bakar yang digunakan. Jangan lupa untuk membeli seporsi paru goreng, harganya memang lebih mahal dari nasi gorengnya namun porsinya pun tak kalah besar.

 

Dua hari seolah tak cukup untuk menjelajah kekayaan kuliner Semarang. Sebenarnya Anda bisa menyusun rencana untuk menyambangi lebih banyak tempat dalam sehari, namun pertimbangkan juga kemampuan makan dan lokasi yang akan Anda tuju. Beberapa spot kuliner lain yang bisa Anda kunjungi adalah Loenpia Mbak Lien yang berada tak jauh dari Toko Oen, ada pula Lunpia Gang Lombok yang terkenal, aneka jajanan di Pasar Semawis saat akhir pekan serta Gudeg Koyor Mbak Tum yang perdas dan masih banyak lainnya.

 

Karena banyaknya kedai dan resto yang akan dikunjungi, belum lagi destinasi wisata yang akan dihampiri maka sebaiknya gunakan layanan rental mobil terpercaya dari TRAC untuk mendukung perjalanan Anda. Pengemudi yang ramah dan berpengalaman serta pilihan armada yang variatif tentu akan memudahkan wisata ke Semarang kali ini.

 

Anda dapat langsung memesan berbagai layanan rental mobil dari TRAC langsung dari ponsel Anda. Unduh aplikasi TRACtoGo di Google Playstore maupun Apple App Store dan untuk segala kemudahan. Dapatkan diskon 50% untuk perpanjangan sewa mobil lepas kunci di hari minggu dalam Sunday Funday Promo. Ada pula diskon hingga 35% dari TRACTIRAN HUT Astra. Semua diskon ini hanya berlaku di aplikasi TRACtoGo ya!

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp