Jelajah Labuan Bajo, Surga Terpencil di Timur Indonesia
Jelajah Labuan Bajo, Surga Terpencil di Timur Indonesia
Jelajah Labuan Bajo, Surga Terpencil di Timur Indonesia

Travel

Jelajah Labuan Bajo, Surga Terpencil di Timur Indonesia

15 September 2023

Share

Terletak di ujung barat Pulau Flores, Labuan Bajo jadi primadona baru pariwisata Indonesia. Dari sebuah kota nelayan sederhana, kini menjelma menjadi gerbang utama menuju Taman Nasional Komodo yang tenar dengan puluhan keajaiban alam lainnya. 

 

Kaya akan budaya dan dianugerahi keindahan alam, Labuan Bajo dengan cepat mendapatkan hati para wisatawan. Bahkan tempat ini berhasil mengukuhkan posisinya sebagai destinasi yang wajib dikunjungi bagi para petualang. 

 

Sebelum mengunjunginya, simak dulu fakta-fakta berikut, sob sebagai bekal menjelajahi surga di Indonesia timur ini.

 

5 Fakta tentang Labuan Bajo

 

Daya Tarik Labuan Bajo 

 

Labuan Bajo tidak hanya tentang alamnya yang indah, memiliki banyak potensi lain di dalamnya. Temukan Pantai Pink yang penuh warna, Gua Rangko yang unik hingga air terjun Cunca Rami dan Cunca Wulang yang memukau dengan tebing-tebingnya.

 

Destinasi ini akan membawa sobat jauh dari hiruk-pikuk kota besar yang padat serta rutinitas harian yang menyita waktu. Di luar keajaiban alam yang dimiliki, Labuan Bajo juga menyimpan kekayaan sejarah dan budaya.

 

 

 

Kain songke, kain yang ditenun tenun secara tradisional ini adalah penghormatan kepada warisan budayanya. Di atas kain indah, sobat dapat melihat motif-motif yang melambangkan nilai-nilai kerja keras, kejujuran, dan harapan.

 

Ada pula Gua Batu Cermin, yang ditemukan oleh arkeolog Belanda Theodor Verhoeven pada tahun 1951. Penemuan ini menjadi pengingat sejarah penting Labuan Bajo.

 

Keunikan Labuan Bajo 

 

Sebagai gerbang utama menuju Taman Nasional Komodo, Labuan Bajo menjadi lokasi berkumpulnya wisatawan yang ingin memulai pengalaman melihat langsung komodo di habitat aslinya.

 

Lebih dari itu, Labuan Bajo juga memiliki ceritanya sendiri. Labuan Bajo di masa kini terbentuk dari bermacam etnis, dengan kelompok-kelompok utama seperti Manggarai, Bima, dan Bugis. Ini lah yang kemudian melatar belakangi warna-warni adat dan tradisi yang ada di sana. 

 

 

 

Pariwisata menjadi faktor penentu yang memberikan dampak besar bagi berbagai usaha ekonomi lain di wilayah ini. Sobat bisa melihat ramainya pelabuhan feri hingga jalannya roda perekonomian lokal.

 

Ragam aktivitas di Labuan Bajo 

 

Sobat yang haus petualangan, perairan di sekitar pulau-pulau seperti Kanawa dan Seraya tentu bisa memberi pengalaman luar biasa. Pastikan sobat menyaksikannya sendiri dengan kegiatan snorkeling maupun menyelam.

 

Sobat TRAC yang mencintai hal-hal budaya, tarian dan upacara Desa Melo akan membawa sobat masuk ke dalam tradisi Labuan Bajo. Sedangkan pecinta kuliner dapat menuju Kampung Ujung dan mencicipi sajian lokal yang nikmat. Seperti roti kompiang dan kopi Manggarai.

 

Destinasi yang wajib dikunjungi 

 

Taman Nasional Komodo merupakan permata mahkota Labuan Bajo yang tak terbantahkan. Sobat bisa memesan paket perjalanan wisata dengan kapal kayu untuk menjelajahi Pulau Komodo, Pulau Rinca, Pulau Padar, dan banyak pulau kecil lainnya. 

 

 

 

Sobat TRAC yang ingin lebih mendalami keajaiban alam. Jangan lewatkan pertunjukan kelelawar dari Pulau Kalong saat senja hari dengan suasana Gua Rangko yang tenang.

 

Namun, jika lebih menyukai sejarah dapat melakukan perjalanan ke masa lalu dengan mengunjungi Goa Batu Cermin, untuk memahami sejarah kaya wilayah ini.

 

Lokasi dan Akses ke Labuan Bajo 

 

Labuan Bajo memiliki arti penting secara geografis maupun administratif. Tak hanya menjadi gerbang wisata di pulau Flores, Labuan Bajo juga merupakan ibukota Kabupaten Manggarai Barat.

 

Menggapai surga kecil ini lebih mudah lewat Bandara Komodo, yang sudah melayani penerbangan dari dan menuju kota-kota besar seperti Denpasar dan Jakarta.

 

Jika akan menjelajah pulau-pulau cantik di Taman Nasional Komodo, sobat bisa menggunakan transportasi laut dari tempat ini. Sedangkan ojek hingga mobil sewaan, bisa menjadi pilihan untuk menjelajahi kota maupun kota-kota lain yang ada di pulau Flores.

 

 

 

Setiap sudut Labuan Bajo memang selalu menjanjikan petualangan yang unik dengan pemandangannya yang menakjubkan.

 

Ada banyak spot cantik dan atraksi wisata tersebar di segala penjuru kota, bahkan beberapa diantaranya tersembunyi di sudut-sudut terpencil. Diperlukan strategi perjalanan yang matang untuk menjelajahi tempat ini, apalagi jika waktu yang dimiliki sangat terbatas.

 

Jelajah Wisata Indonesia dengan Rental Mobil TRAC

 

Namun, selain Labuan Bajo, Indonesia juga memiliki banyak ‘harta karun’ yang belum tersentuh. Jelajahi dan temukan berbagai tempat indah, unik dan mempesona di berbagai kota di tanah air. Untuk menemani sobat melakukan perjalanan ini, layanan rental mobil TRAC bisa menjadi pilihan yang ideal.

 

TRAC akan membuat setiap perjalanan menjadi lebih nyaman, aman dan tentunya berkesan. Tak hanya itu, TRAC berkomitmen memberikan layanan prima, menyajikan pilihan kendaraan yang beragam, dan didukung oleh pengemudi berpengalaman.

 

Untuk kemudahan pemesanan, Sobat TRAC bisa lakukan lewat aplikasi TRACtoGo. Segera install aplikasi TRACtoGo di Google Playstore maupun Apple App Store. Jangan lupa registrasi membership untuk menikmati beragam kemudahan layanan TRAC.

 

Oh iya, untuk informasi terkini, jangan lupa follow media sosial TRAC melalui instagram @trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter @TRACastra.

 

Kemanapun treknya, pakai TRAC aja!

 

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp