Jelajah Wisata Kuliner di Pasar Cihapit Bandung
Jelajah Wisata Kuliner di Pasar Cihapit Bandung
Jelajah Wisata Kuliner di Pasar Cihapit Bandung

Travel

Jelajah Wisata Kuliner di Pasar Cihapit Bandung

15 November 2023

Share

Kalau Jakarta punya Pasar Santa di Jakarta Selatan, maka Bandung punya Pasar Cihapit. Nggak seperti pasar tradisional pada umumnya, Pasar Cihapit tak sekadar menghadirkan penjual buah dan sayur, tetapi juga kios-kios yang menawarkan pengalaman wisata kuliner unik nan otentik.

 

Pasar Cihapit terletak tak jauh dari pusat wisata Kota Bandung. Maka jangan heran kalau saat akhir pekan, pasar ini juga menjadi target para wisatawan untuk memanjakan lidah dan perut. Seperti pasar pada umumnya, Pasar Cihapit buka sejak pag buta. Namun untuk kios-kios kuliner, baru buka mulai pukul 8 pagi. 

 

Ada beberapa kuliner yang patut Sobat TRAC coba saat berkunjung ke Pasar Cihapit. Rekomendasi ini terdiri dari makanan manis, kopi hingga makanan khas sunda yang telah melegenda. Simak selengkapnya.

 

5 Rekomendasi Tempat Makan dan Ngopi di Pasar Cihapit

 

Bien Patisserie, Hidden Gems Pasar Cihapit

 

Sobat TRAC pecinta makanan manis alias sweet tooth tampaknya tak boleh melewatkan kios yang satu ini. Bisa dibilang, saat ini Bien menjadi salah satu yang membuat Pasar Cihapit tambah ramai saat pagi.

 

 

 

Toko ini buka jam 8 pagi, namun antriannya sudah dimulai sebelum jam 7! Tenang saja, Sobat TRAC bisa terlebih dahulu mengambil nomor antrian dan berkeliling pasar hingga toko buka dan nomor antrian dipanggil.

 

Bien Patisserie menjual aneka kue seperti Madeleines, Croissant, Tarte dan Quiche yang di-display apik. Rekomendasi menu yang tak boleh terlewatkan adalah Earl Grey Madeleines yang manisnya pas dengan aroma teh Earl Grey yang kuat.

 

Serta Ayam Woku Croissant yang rasanya akan bikin Sobat TRAC terkejut, Strawberry Lemon Danish yang cantik, Chocollatta tarte yang nyoklat banget. Pokoknya, emang boleh ada kue seenak dan secantik ini?

 

Warung Nasi Ibu Eha, Kuliner Legendaris

 

Warung nasi ini sudah ada jauh sebelum kios kuliner kekinian hadir di dalam pasar bahkan sebelum Pasar Cihapit berdiri. Warung Nasi Ibu Eha atau Warung Nasi Ma’ Eha menawarkan citarasa masakan rumahan yang sederhana namun nikmatnya tiada tara.

 

Nggak susah menemukan warung nasi ini, sob. Karena hampir semua orang di Pasar Cihapit mengetahuinya, selain itu warung ini juga menempati beberapa kios sekaligus. Warung Ibu Eha buka setiap hari Senin-Sabtu mulai dari pukul 6 pagi hingga 3 sore. 

 

Gang Nikmat

 

Lokasinya berada di salah satu gang masuk menuju Pasar Cihapit. Berada di balik sebuah pintu kecil, Gang Nikmat akan membawa Sobat TRAC pada pengalaman kuliner yang akan mendobrak zona nyaman dari makanan yang sebelumnya telah dirasa familiar.

 

 

 

Ayam Gulung Isi Telur asin dan Sidat Asap Gulai bisa dibilang menjadi signature dari kedai ini. Fillet ayam diisi dengan kuning telur asin kemudian digulung dan digoreng dengan tepung non gluten.

 

Tak lupa disajikan dengan wansui (daun ketumbar), acar timun dan saus khas Gang Nikmat. Jangan lewatkan juga Ikan Sidat (unagi) asap kuah gulai dengan sentuhan cabe gendot yang pedas dan daun sintrong liar.

 

Toko Bakmi Feng

 

Siapa sangka semangkuk bakmi sederhana akan membawa pada petualangan rasa. Bakmi Feng mencoba menghadirkan jenis mie layaknya di negeri tirai bambu dengan pilihan mie kecil yang cenderung halus maupun mie lebar yang sedikit “melawan” saat di makan. Nggak banyak bumbu digunakan, tapi justru disitu letak kenikmatannya.

 

Sentuhan kreativitas ala anak muda sangat terasa di pilihan kondimen atau bahan pelengkap serta penamaan penamaan menu yang sedikit nyeleneh.

 

Sebut saja Bakmi Naga Merah yaitu mie dengan ayam panggang merah dan ayam cincang, ada pula Bakmie Gyu Moong dengan Short Plate Bulgogi serta Bakmi Rica membara yang menawarkan ayam rica-rica dan kulit krispi.

 

Untuk penyuka bakmi sederhana maka pilih lah menu Bakmi Khek dengan topping ayam cincang bawang putih. Oh iya semua menu Bakmi Feng ini telah dilengkapi dengan kuah kaldu dan kailan krispi sebagai sayurannya.

 

Ngopi sambil diskusi di Los Tjihapit 

 

Banyak yang bilang, dari tempat ini lah kemudian nama pasar cihapit kembali dikenal, terutama di kalangan anak muda. Kedai Kopi Los Tjihapit berdiri sejak tahun 2014, diantara kios pedagang pasar. Nggak cuma kopi, sob. Kedai ini juga memiliki beberapa menu minuman segar, kudapan hingga makanan.

 

 

 

Tak hanya sekadar mengisi perut. Tempat ini juga acapkali digunakan sebagai lokasi diskusi para aktivis Kota Bandung. Diskusi mengenai sepakbola, politik, seni, filsafat hingga screening film pernah digelar di tempat ini.

 

Belum lagi topik-topik terkini yang bisa dibahas secara spontan. Ah, segelas kopi yang harum dilengkapi dengan obrolan mendalam di tengah pasar tentu jadi momen unik yang nggak setiap hari didapatkan. 

 

Jelajah Kuliner Bandung dengan Rental Mobil TRAC

 

Waktu terbaik untuk mengunjungi Pasar Cihapit adalah saat pagi. Karena selain mampir ke kios dan kedai yang digawangi kawula muda kreatif Bandung, Sobat TRAC juga bisa berbelanja kebutuhan sehari-hari di lapak pedagang yang ada di sana. Sayuran dan buah yang segar hingga rempah-rempah dan bumbu dapur juga tersedia.

 

Sobat TRAC bisa menjadikan Pasar Cihapit sebagai titik awal petualangan di kota Bandung sebelum menyambangi destinasi wisata lain seperti Gedung Sate atau alun-alun. Gunakan rental mobil Bandung dari TRAC untuk perjalanan yang lebih nyaman terutama jika akan singgah di beberapa tempat sekaligus dalam sehari.

 

[BANNER THUMBNAIL] PROMO TRAC 11 - diskon seratus.jpg

 

Rental mobil lepas kunci akan memberikan fleksibilitas senyaman kendaraan pribadi tanpa harus berkendara dari kota asal. Sobat TRAC bisa memilih area pengantaran dan penjemputan rental mobil di stasiun maupun hotel tempat menginap. 

 

Nggak mau pusing dengan lalu-lintas kota atau ingin menikmati Bandung secara lebih santai? Sobat TRAC bisa pilih layanan rental mobil dengan pengemudi yang akan membuat perjalanan makin nyaman dan tentu mengutamakan keamanan.

 

Pesan rental mobil Bandung lewat halaman reservasi di website TRAC. Atau bisa juga melalui aplikasi TRACtoGo yang bisa di download di Google Playstore serta Apple Appstore. Jangan lupa registrasi membership untuk menikmati promo dan penawaran menarik dari TRAC.

 

Follow media sosial TRAC melalui instagram @trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter @TRACastra dan dapatkan tips serta rekomendasi destinasi wisata kekinian hingga yang jadi hidden gem di berbagai kota.

 

Kemanapun treknya, pakai TRAC aja!

 

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp