https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/thumbnail-178-5.jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/thumbnail-178-5.jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/thumbnail-178-5.jpg

Travel

Lima Destinasi Religi Populer di Indonesia

22 April 2021

Share

Tidak terasa bulan Ramadan sudah kembali datang. Biasanya ketika Ramadan kita akan banyak menghabiskan waktu di masjid-masjid bukan? Tak hanya untuk ibadah salat wajib saja, namun juga untuk beribadah sunah seperti tarawih, tadarus, bahkan sekedar untuk menunggu waktu berbuka atau ngabuburit.

 

Tidak heran jika yang paling banyak dicari ketika Ramadan tiba adalah destinasi wisata masjid untuk mengisi waktu ngabuburit. Terlebih, Indonesia sebagai negara dengan penduduk mayoritas Muslim, punya banyak masjid-masjid unik atau bersejarah yang tersebar di berbagai daerah. Simak lima rekomendasi masjid bersejarah dan unik yang bisa dijadikan destinasi religi sambil menunggu beduk maghrib berkumandang. 

 

 

Masjid Al-Aqsha Menara Kudus

Masjid Al-Aqsha Menara Kudus (dok. iStockphoto)

Masjid yang lebih dikenal dengan sebutan Masjid Menara Kudus ini adalah salah satu saksi perkembangan Islam di Jawa Tengah. Sama seperti namanya, tempat ini memang terletak di Kudus Jawa Tengah. 

 

Bangunan masjid yang satu ini terbilang unik karena memiliki gaya arsitektur yang memadukan unsur budaya Hindu-Jawa dan Islam dari Arab. Akulturasi ini nampak pada bangunan menara setinggi 18 meter yang disusun dari batu bata dan menjulang di samping bangunan masjid. Tak heran kalau masjid ini berhasil menjadi atraksi yang mampu mengundang pengunjung baik untuk wisata maupun beribadah. 

 

Masjid Raya Sumatera Barat

Masjid Raya Sumatera Barat (dok. iStockphoto)

Salah satu masjid ikonik di tanah Minang ini memang tampak unik dan berbeda dari masjid pada umumnya. Jika kebanyakan masjid memiliki bangunan khas seperti kubah, maka Masjid Raya Sumatera Barat justru mengusung budaya lokal. Budaya Minang yang diusung nampak pada bagian atas bangunan yang dibuat seperti rumah gadang, rumah khas masyarakat Minang. Selain atap, terdapat pula ukiran dengan corak Minang pada dinding-dindingnya. 

 

Masjid Raya Sumatera Barat yang indah ini bisa Anda jadikan destinasi wisata untuk sekedar menjelajah tempat ikonik sekaligus ngabuburit, bukan?

 

 


 

Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah (dok. iStockphoto)

Jika dilihat sekilas, Masjid Agung Jawa Tengah ini akan mengingatkan kita pada Masjid Nabawi. Arsitekturnya yang unik dengan payung hidrolik yang bisa membuka dan menutup mirip dengan yang ada di Masjid Nabawi. Selain unik, masjid ini juga merupakan satu-satunya masjid yang ikut mengumumkan berita kemerdekaan Indonesia secara terbuka. Sesaat setelah Soekarno memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Sehingga tidak mengherankan bila masjid yang terletak di Semarang ini sering kali dikunjungi pelancong, baik untuk beribadah atau berwisata religi. 

 

Masjid Tiban Malang

Pemandangan Masjid Tiban dari atas (dok. iStockphoto)

Masjid yang satu ini terletak di Kecamatan Turen, Malang dan menjadi destinasi wisata religi favorit di Jawa Timur. Masjid Tiban yang megah ini dibangun oleh para santri dari pondok pesantren Salafiyah Bihaaru Bahri Asali Fadlaailir Rahmah, dan tanpa bantuan arsitektur sama sekali. 

 

Karena memang sebenarnya masjid ini berada di dalam komplek pondok pesantren tersebut. Bangunan Masjid Tiban terdiri dari sepuluh lantai dan masing-masing lantai memiliki fungsinya masing-masing. Mulai dari musala, tempat istirahat, loket masuk, toko yang dikelola oleh santri, bahkan ada akuarium dan juga kebun binatang mini yang bisa dikunjungi. Untuk Anda yang tertarik, bisa mengunjungi masjid unik satu ini, tanpa dipungut biaya masuk alias gratis

 

 

Masjid Terapung Samudera Ilahi

Masjid Terapung Samudera Ilahi (dok. jurnalsumbar.com)

Satu lagi masjid unik yang juga terletak di Sumatera Barat, tepatnya di Kawasan Objek Wisata Pantai Carocok Painan. Dinamakan masjid terapung karena memang lokasi berdirinya ada di bibir laut area pantai Carocok. Masjid ini baru saja diresmikan pada Februari lalu dan langsung menjadi magnet bagi masyrakat dan wisataan. Diperkirakan masjid ini tak hanya menjadi tempat beribadah namun juga ikon wisata religi yang baru di sekitar Pantai Carocok Painan. Sekaligus sebagai pusat informasi kebudayaan dan perkembangan Islam di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.  

 

Itu dia beberapa rekomendasi masjid yang bisa Anda kunjungi. Dan jika Anda tertarik untuk melakukan perjalanan wisata religi ke tempat-tempat tersebut bersama rombongan besar, Anda bisa memanfaatkan jasa rental bus dari TRAC untuk transportasi yang lebih praktis. 

 

Tak hanya menyediakan berbagai moda transportasi, TRAC juga menyediakan paket wisata religi untuk rombongan dengan penumpang maksimal 35 orang. Anda bisa memesan moda transportasi ini dengan mudah melalui aplikasi TRAC To Go. Tinggal unduh saja aplikasi TRAC To Go di Google Play Store maupun Apple Apps Store untuk melakukan pemesanan dengan mudah, cepat, dan dengan pilihan pembayaran yang beragam. 

 

 

Tak perlu khawatir soal keamanan selama Covid-19, TRAC melengkapi kendaraan dengan safety kit berupa hand sanitizer, masker, dan lain-lain. Sehingga soal keamanan, Anda tak perlu cemas atau was-was, karena TRAC selalu menerapkan SMART PROTOCOL di setiap unit kendaraan. 

 

SMART PROTOCOL merupakan protokol kesehatan ketat yang meliputi penyemprotan rutin unit kendaraan menggunakan disinfektan setiap sebelum dan sesudah digunakan, memastikan pengemudi yang bertugas telah melalui pemeriksaan kesehatan, dan mewajibkan penggunaan masker serta sarung tangan, serta menerapkan physical distancing dengan membatasi jumlah penumpang.

 

Anda juga bisa menyewa ragam jenis kendaraan lain mulai dari sepeda motor untuk solo-traveling, mobil berkapasitas hingga empat orang untuk perjalanan kelompok, hingga bus berbagai ukuran untuk rombongan.  TRAC juga menyediakan fasilitas sewa kendaraan lepas kunci maupun dengan pengemudi bersertifikat defensive driving. Tak hanya menyediakan sewa kendaraan saja, TRAC to Go juga menyediakan Airport Transfer untuk layanan antar jemput Anda ke bandara.

 

Untuk kemudahan melakukan reservasi, unduh dan instal aplikasi TRACtoGo di Google Play Store dan Apple App Store. Dapatkan juga berbagai promo dan penawaran terbaik hanya di aplikasi keren ini. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi Customer Assistance Center TRAC melalui nomor telepon 1500009 atau mengirimkan email ke rco.nasional@trac.astra.co.id.

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp