https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-191-BANNER-TIPS---0111.jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-191-BANNER-TIPS---0111.jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-191-BANNER-TIPS---0111.jpg

Travel

Lima Kuliner Wajib Santap Jika Berkunjung ke Indonesia Timur

27 Mei 2021

Share

Wilayah Indonesia bagian timur begitu dikenal dengan keindahan alamnya, hingga tak sedikit orang yang mendambakan bisa berkunjung ke salah satu destinasi populer di sana. Meski sebenarnya, bentang alam Indonesia dari wilayah barat juga memiliki keindahan yang tak bisa dibandingkan. Namun, Indonesia timur punya pesona dan daya tarik tersendiri di luar tempat-tempat nan eksotis.

 

Kelezatan kuliner khas menjadi salah satu daya tarik daerah Indonesia Timur tersendiri. Meski kuliner Indonesia timur hampir bisa didapat di mana pun, mencicipinya langsung di daerah asalnya merupakan pengalaman baru yang harus dicoba. Jika Anda berkesempatan mengunjungi wilayah mana pun di Indonesia timur, jangan lewatkan mencicipi ragam kuliner wajib seperti lima hidangan berikut ini.

 

 

1. Tinutuan, Manado

Bubur tinutuan (dok. iStockphoto)

Jika Anda mengunjungi Manado, maka jangan lewatkan untuk menikmati tinutuan alias bubur Manado langsung dari daerah asalnya. Tinutuan merupakan makanan yang dibuat menggunakan campuran berbagai sayuran hijau, dan dimasak dengan bubur beras serta labu kuning. Tinutuan dikenal punya cita rasa gurih.

 

Hidangan hangat ini biasa dinikmati masyarakat Manado pada pagi hari. Meski demikian, Anda juga bisa menemukan dan menikmati tinutuan di luar jam sarapan. Tinutuan bisa ditemukan di hampir seluruh warung makan dan restoran di Manado. Salah satu sudut yang terkenal dengan pedagang tinutuan adalah Jalan Wakeke.

 

2. Sop Konro, Makassar

Ilustrasi sop konro (dok. iStockphoto)

Jika bertandang ke Makassar, sop konro adalah kuliner berkuah yang wajib Anda coba selain coto Makassar. Hidangan ini cocok sebagai teman santap siang yang mengenyangkan karena terdiri dari iga dan buras atau ketupat sebagai pendampingnya.

 

Jika dibandingkan dengan coto Makassar, sop konro memiliki rasa dan aroma yang relatif lebih kuat karena menggunakan ketumbar dengan campuran rempah lainnya seperti keluak, pala, kunyit, kencur, kayu manis, daun lemon, dan daun salam.

 

 

3. Gohu Ikan, Maluku

Gohu ikan (dok. https://indonesiakaya.com/)

Gohu ikan merupakan makanan khas Ternate, Maluku yang serupa tapi tak sama dengan sashimi khas Jepang. Kuliner satu ini sangat populer dan dicari oleh wisatawan yang berkunjung ke Ternate.

 

Gohu ikan dibuat menggunakan daging ikan cakalang atau tuna mentah yang dipotong dadu sebagai bahan dasarnya. Setelah dipotong dan dibersihkan, daging ikan akan dimarinasi menggunakan perasan lemon serta garam selama beberapa saat. Untuk menyantapnya, gohu ikan biasanya didampingi bumbu tumisan cabe rawit dan bawang merah yang menambah kesegaran.

 

4. Jagung Bose, Nusa Tenggara Timur

Jagung bose (dok. republika.co.id)

Sebagai salah satu provinsi penghasil jagung terbesar di Indonesia, masyarakat Nusa Tenggara Timur (NTT) memiliki ragam olahan jagung sebagai sumber karbohidrat harian mereka. Salah satu yang terkenal adalah jagung bose.

 

Kuliner satu ini bisa jadi pilihan Anda yang ingin menggantikan nasi sebagai sumber karbohidrat. Diolah hingga mirip seperti bubur, jagung bose dibuat menggunakan jagung tidak manis dengan campuran kacang merah, kacang tanah dan santan. Hidangan ini bisa dipasangkan dengan lauk berupa daging se’i atau ikan bakar. Cita rasanya yang gurih membuat makanan jadi lebih nikmat.

 

 

5. Ulat Sagu, Papua

Ulat sagu (dok. goodnewsfromindonesia.id)

Meski terdengar ekstrem, ulat sagu yang tinggi protein merupakan hidangan populer di Papua. Masyarakat Papua sendiri punya banyak metode pengolahan ulat sagu. Hal ini karena ulat sagu merupakan bahan makanan turun temurun, sebagaimana temuan arkeologi di Papua mengatakan ulat sagu sudah disantap manusia sejak zaman prasejarah.

 

Jika Anda tertarik menikmati ulat sagu, salah satu olahan yang bisa Anda jajal ketika menyambangi Papua adalah kombinasi mengenyangkan aci sagu dan ulat sagu. Hidangan ini diolah dengan cara membungkus dua bahan sebelumnya menggunakan daun sagu untuk kemudian dibakar menggunakan arang hingga matang.

 

Rental mobil Manado dengan TRAC untuk mencicipi aneka kuliner Indonesia Timur

Itu dia 5 kuliner wajib coba jika Anda mengunjungi daerah-daerah populer di timur Indonesia. Tak perlu bingung mengenai akses menuju tempat di mana kuliner-kuliner tersebut bisa didapatkan. Anda bisa  mengandalkan rental mobil Manado untuk mencari penjual tinutuan terlezat, atau sewa mobil Makassar untuk menemukan penjual sop konro terbaik. Salah satu layanan rental atau sewa mobil yang bisa Anda andalkan ke mana pun tujuannya adalah TRAC. 

 

Dengan TRAC, Anda bisa memilih jenis kendaraan sesuai dengan kebutuhan, seperti mobil berkapasitas hingga empat orang untuk perjalanan keluarga, hingga bus berbagai ukuran untuk perjalanan dalam rombongan. Yang terpenting, Anda bisa menyewa kendaraan pilihan secara lepas kunci atau bersama pengemudi TRAC bersertifikat defensive driving yang punya pengetahuan luas mengenai jalan dan rute destinasi tujuan Anda.

 

 

Dengan TRAC Anda juga bisa merencanakan perjalanan semudah menggerakkan jari melalui aplikasi TRAC To Go yang dapat diunduh melalui Google Play Store dan Apple Apps Store. Dengan TRAC To Go yang punya beragam fitur unggulan, Anda bisa menemukan dan memesan moda transportasi pilihan dengan lebih mudah, aman serta nyaman, kapanpun dan di manapun. 

 

Soal keamanan perjalanan selama pandemi Covid-19 tak perlu khawatir. TRAC telah berkomitmen menjalankan SMART PROTOCOL meliputi penyemprotan rutin unit kendaraan menggunakan disinfektan setiap sebelum dan sesudah digunakan, memastikan pengemudi yang bertugas telah melalui pemeriksaan kesehatan, dan mewajibkan penggunaan masker serta sarung tangan, menyediakan hand sanitizer untuk penumpang, hingga menerapkan physical distancing dengan membatasi jumlah penumpang.

 

Untuk kemudahan melakukan reservasi, unduh dan instal aplikasi TRACtoGo di Google Play Store dan Apple App Store. Dapatkan juga berbagai promo dan penawaran terbaik hanya di aplikasi keren ini. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi Customer Assistance Center TRAC melalui nomor telepon 1500009 atau mengirimkan email ke rco.nasional@trac.astra.co.id.

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp