https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/Artikel%20Banner%20TRAC%20-%2028-08-2019--28agustus.jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/Artikel%20Banner%20TRAC%20-%2028-08-2019--28agustus.jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/Artikel%20Banner%20TRAC%20-%2028-08-2019--28agustus.jpg

Travel

Lima Wisata Alam di Sekitar Semarang

27 Agustus 2019

Share

Sebagai kota di tepi pantai utara Jawa, Semarang terkenal dengan cuacanya yang terik sepanjang tahun. Walau begitu, kota ini dikelilingi oleh wisata alam yang dengan mudah ditempuh dengan berkendara selama satu hingga dua jam naik sewa mobil. Berikut beberapa tempat bernuansa alam yang dapat diakses dari Semarang.

 

Umbul Sidomukti

Fasilitas wisata alam di Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, ini beroperasi sejak 2007 dengan awalnya menawarkan kolam renang dengan pemandangan alam yang indah dan dilengkapi kantin dan area outbound. Kemudian, tempat ini mulai menawarkan pondok wisata yang cocok bagi keluarga dan rombongan untuk menikmati akhir pekan. Kini, Umbul Sidomukti telah memiliki kafe di ketinggian, akomodasi berbentuk rumah bagi keluarga maupun pasangan yang menginginkan ketenangan, serta restoran yang menyajikan aneka menu Cina dan Barat. Selagi menunggu pesanan datang, pengunjung pun dapat menikmati wahana panahan dan berkuda. Dari Semarang, dapat mengendarai sewa mobil, baik dengan pengemudi atau lepas kunci ke arah

 

Cemoro Sewu

Namanya sama dengan gerbang pendakian Gunung Lawu, namun Cemoro Sewu yang ini berlokasi di Dusun Djingkol, Desa Sepakung, Banyubiru. Untuk menuju ke sini, arahkan sewa mobil ke jalur Banyubiru – Salatiga selama sekitar 90 menit. Disarankan untuk tidak menyetir sendiri bila belum familiar dengan medannya, sehingga sebaiknya pilih sewa mobil dengan pengemudi karena akan melalui jalanan sempit yang menanjak curam. Di pucak bukit Cemoro Sewu, tersaji pemandangan pegunungan dan hutan cemara, termasuk Rawa Pening dari ketinggian.

 

Brown Canyon

Sekitar dua kilometer selatan Gedung TVRI Jawa Tengah di Pucang Gading Mranggen, tepatnya di Rowosari, Kecamatan Tembalang, terdapat hamparan tebing mirip Grand Canyon di Amerika Serikat. Tebing-tebing ini terbentuk dari bekas bukit yang ditambang untuk diambil pasir dan batu padasnya. Oleh wisatawan tempat ini kemudian dijuluki Brown Canyon dan makin sering dikunjungi bagi yang ingin mendapatkan foto-foto unik berlatarkan julangan tebing. Dapat ditempuh dengan hanya 30 menit naik sewa mobil, disarankan berkunjung ke sini di pagi atau sore. Karena banyak debu, sedia masker untuk menutupi hidung selama berada di Brown Canyon.

 

Eling Bening

Tempat ini sedang naik daun di kalangan warga Semarang karena menawarkan tempat berswafoto berlatarkan pemandangan indah. Eling Bening sendiri sebenarnya merupakan restoran, namun dilengkapi fasilitas khusus yang dapat digunakan para pengunjungnya untuk berfoto. Beroperasi sejak 2015,  tempat yang dapat diakses naik sewa mobil ke arah Bawen selama sekitar 50 menit ini juga merupakan tempat yang populer bagi warga setempat untuk melakukan pemotretan pranikah. Disarankan untuk datang ke sini di pagi atau sore hari ketika matahari sudah tidak terlalu terik.

 

Bantir Hills

Tempat di lereng Gunung Ungaran ini dirintis oleh warga setempat yang tergabung dalam Kelompok Sadar Wisata Desa. Mereka lah yang mengelola sekaligus menyediakan fasilitas gardu pandang untuk menikmati wajah Semarang dari ketinggian maupun spot-spot khusus untuk berfoto di puncak bukit. Berada di Desa Losari, Kecamatan Sumowono, atraksi ekowisata ini juga menawarkan lokasi untuk melakukan outbound dengan didukung tenaga berpengalaman. Dari pusat kota Semarang, Bantir Hills dapat ditempuh naik sewa mobil selama 90 menit.

 

Yang terpenting dalam urusan sewa mobil adalah memilih operator terpercaya yang menyediakan sederetan akses untuk dihubungi. TRAC yang tersedia di 28 kota di Indonesia, termasuk Semarang, menawarkan banyak pilihan kendaraan dan paket sewa mobil, baik untuk self-drive maupun dengan pengemudi. Setiap penyewaan kendaraan di TRAC telah termasuk asuransi dan bila memesan kendaraan dengan supir, tersedia paket selama 4 dan 12 jam yang dapat dipilih, di mana harganya pun telah termasuk biaya jasa pengemudi, bensin, tol, dan parkir di tempat-tempat wisata.

 

Untuk kemudahan melakukan reservasi, unduh dan instal aplikasi TRACtoGo di Google Play Store dan Apple App Store. Dapatkan juga berbagai promo dan penawaran terbaik hanya di aplikasi keren ini. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi Customer Assistance Center TRAC melalui nomor telepon 1500009 atau mengirimkan email ke rco.nasional@trac.astra.co.id.

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp