06_Long weekend saat Nyepi di Bali_ Siapkan Hal Ini Medium.png
06_Long weekend saat Nyepi di Bali_ Siapkan Hal Ini Medium.png
06_Long weekend saat Nyepi di Bali_ Siapkan Hal Ini Medium.png

Travel

Long Weekend saat Nyepi di Bali? Siapkan Hal Ini

09 Maret 2024

Share

Sebagai salah satu destinasi favorit di Indonesia, Bali tentu masuk dalam urutan tujuan wisata saat long weekend. Namun, ada yang spesial dari long weekend di bulan Maret ini karena bertepatan dengan perayaan Nyepi yang jadi hari besar umat Hindu.

 

Secara filosofis, ada empat pantangan yang wajib ditaati saat perayaan Nyepi atau disebut juga ‘Catur Brata Penyepian’, antara lain; tidak menyalakan api (Amati Geni), tidak bepergian (Amati Lelungan), tidak bekerja (Amati Karya), dan tidak berfoya-foya (Amati Lelanguan).

 

Saat prosesi Nyepi, orang-orang di Bali sejenak akan meninggalkan aktivitas dan segala hiruk-pikuk duniawi. Mulai dari jam 6 pagi hingga keesokan harinya Bali akan berubah lenggang tanpa lalu lalang kendaraan, tanpa aktivitas wisata, tanpa ada penerbangan dan penyeberangan. 

 

Dengan terhentinya sederet kegiatan itu, bukan berarti sobat nggak bisa menikmati pulau dewata. Justru di momentum ini lah sobat bisa merasakan Bali yang sesungguhnya dan nggak aneh kalau banyak orang yang justru datang ke Bali untuk merasakan kesyahduan Nyepi.

 

Untuk menikmati liburan di Bali saat Nyepi sebenarnya cukup tricky, Sobat harus melakukan beberapa persiapan terutama memperhatikan stok makanan dan uang cash. Berikut beberapa tips supaya staycation di Bali tetap seru saat Nyepi. 

 

 

 

5 Tips Liburan Nyepi di Bali

 

Siapkan uang tunai untuk keperluan darurat

 

Biasanya sehari sebelum Nyepi, banyak mesin ATM akan dinonaktifkan. Sobat sebaiknya menarik sejumlah uang tunai untuk keperluan darurat dan mendesak. Memang kecil kemungkinan ada transaksi jual beli saat Hari Raya Nyepi namun tak ada salahnya untuk berjaga-jaga.

 

Pastikan perbekalan cemilan dan makanan telah aman

 

Ini dia hal terpenting yang harus Sobat persiapkan jika mau liburan di Bali saat Hari Raya Nyepi. Di hari tersebut tak ada warung makan, restoran ataupun pusat perbelanjaan yang buka. Untuk itu, luangkan waktu untuk belanja perbekalan setidaknya sejak satu hari sebelumnya.

 

Pastikan stok cemilan sudah aman tapi tidak berlebih. Untuk makan berat, sebaiknya pilih makanan yang tahan lama. Kalau Sobat mau masak maka sebaiknya lakukan sebelum matahari terbit karena ada aturan tidak boleh menyalakan api. 

 

Pilih penginapan dengan fasilitas yang lengkap

 

Di saat-saat ini lah kemampuan sobat untuk mencari fasilitas akomodasi alias penginapan akan dijajal. Pilih penginapan yang memiliki fasilitas yang lengkap termasuk dapur dengan microwave untuk membantu Sobat menghangatkan makanan.

 

Sobat juga bisa memilih villa yang dilengkapi private pool atau bahkan yang dilengkapi dengan taman bermain agar si kecil tak bosan.

 

 

 

Meski masih bisa beraktivitas di penginapan tapi sebaiknya Sobat tidak membuat suara-suara bising yang dapat mengganggu ritual ibadah yang dijalankan.

 

Susun kegiatan seru bersama orang tersayang

 

Momen berlibur saat Nyepi ini bisa Sobat jadikan alasan untuk mengadakan sesi obrolan mendalam bersama sahabat dan keluarga. Hindari acara yang menimbulkan banyak suara seperti karaoke atau mencari games yang banyak menggunakan aktivitas luar ruang.

 

Sobat juga bisa menggunakan momentum ini untuk ikut bermeditasi dan rehat dari ketergantungan telepon genggam dengan membaca buku dan menikmati alam.

 

Kabari beberapa orang tentang situasi terkini

 

Beberapa tahun terakhir, jaringan internet di Pulau Bali juga dinonaktifkan selama Hari raya Nyepi. Sebelum jaringan internet terputus, sobat bisa memberikan kabar kepada orang di rumah terkait kondisi dan situasi terakhir.

 

Jangan lupa simpan beberapa nomor telepon penting yang bisa dihubungi melalui jaringan telepon seluler seperti rumah sakit dan kepolisian.

 

Jelajah Keindahan Pulau Dewata setelah Nyepi dengan Rental Mobil Bali dari TRAC

 

Jadikan liburan di Bali makin menyenangkan dengan rental mobil Bali dari TRAC. Jelajahi setiap sisi Pulau Dewata dengan segala keindahannya dan nuansa adat yang kental setelah perayaan Nyepi. 

 

 

 

Sobat bisa memilih layanan rental mobil lepas kunci Bali yang memberikan fleksibilitas perjalanan maupun rental mobil dengan pengemudi yang nyaman dan praktis. Mau mengemudi sendiri maupun dengan pengemudi, semua bisa diatur bersama TRAC

 

Urusan perjalanan yang nyaman dan armada yang mumpuni tentu TRAC jawabannya. Buktikan dan rasakan sendiri kemudahan perjalanan dengan melakukan reservasi melalui aplikasi TRACtoGo yang bisa diunduh lewat Playstrore atau Apple Appstore

 

Ada banyak banget jenis mobil yang ditawarkan untuk sobat yang mau berkeliling Bali dengan rental mobil dari TRAC. Pilihannya mulai dari mobil keluarga yang menjadi favorit hingga kendaraan listrik yang trendy sekaligus ramah lingkungan.

 

[BANNER THUMBNAIL] TRAC X ASTRAPAY.jpg

 

Tentukan sendiri durasi dan waktu penggunaan, lokasi pengantaran hingga jenis armada yang diinginkan melalui aplikasi keren ini. Jangan lupa lengkapi registrasinya agar Sobat bisa menikmati seluruh layanan yang ada.

 

Dapatkan tips perjalanan dan rekomendasi destinasi wisata menarik lainnya dengan follow sosial media TRAC di instagram @trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter @TRACastra.

 

Kemanapun treknya pakai TRAC aja!

 

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp