• Beranda
  • Blog
  • Travel
  • Makassar Sebagai Surga Kuliner Turut Dibentuk Oleh 5 Makanan Khas Ini

https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-170-BANNER TRAVEL - 04 (1).jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-170-BANNER TRAVEL - 04 (1).jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-170-BANNER TRAVEL - 04 (1).jpg

Travel

Makassar Sebagai Surga Kuliner Turut Dibentuk Oleh 5 Makanan Khas Ini

22 Maret 2021

Share

(Foto: iStockphoto)

Menganggap Indonesia sebagai surganya kuliner adalah pendapat yang tak keliru. Lagi pula, memang seperti itu adanya. Sebab, perbedaan geografis, etnis dan budaya di wilayah nusantara, tak dimungkiri telah melahirkan ragam kuliner otentik seperti yang dapat Anda temui di Makassar. 

 

Bisa dikatakan bahwa Makassar adalah satu surga kecil di bagian timur yang ikut membentuk Indonesia menjadi surga kuliner. Anda pasti sudah tahu Coto Makassar yang tersohor kelezatannya. Namun, kuliner Kota Daeng bukan hanya itu. Makassar sebagai œsurga dibentuk oleh beragam kuliner yang akan memanjakan perut siapa saja dari pagi hingga malam yang berkunjung ke sana.

 

 

1. Bassang, primadona masyarakat untuk menghangatkan perut di pagi hari

Bassang (foto: @dapur_kueku via Cookpad.com)

Menghangatkan perut dengan sarapan merupakan cara bijak memulai hari. Adalah bassang, hidangan sederhana tapi populer sekaligus memorable bagi masyarakat Makassar sejak dulu.

 

Meski kini terbilang langka, Anda masih bisa menemukan penjual makanan manis sejenis bubur yang terbuat dari jagung pulut dan tepung terigu ini di seantero Makassar. Nikmat disantap selagi hangat, bassang biasanya disajikan bersama kuah yang terbuat dari air, gula, dan garam.

 

2. Konro, pilihan menu makan siang kaya rempah

Konro bakar dengan saos kacang (foto: Vera Arida via pergikuliner.com)

Makanan berkuah seperti konro yang berasal dari tradisi Bugis adalah ikon kuliner Makassar. Masakan sejenis sup kaya rempah ini biasanya diolah menggunakan iga atau daging sapi, untuk disantap bersama burasa dan ketupat.

 

Salah satu tempat terbaik menyantap konro asli Makassar adalah warung legendaris bernama Konro Karebosi. Tempat yang selalu ramai pada jam makan siang ini berlokasi di Jalan Gunung Lompobattang, dan sudah berdiri sejak tahun 1968. Di sana Anda bisa memesan dua varian konro, dengan diguyur kuah atau dihidangkan dengan saus kacang.

 

 

3. Pallumara, hidangan boga bahari yang menyegarkan

Pallumara (foto: Yene Dandelion via cookpad.com)

Kata pallu dalam hidangan Makassar merujuk pada arti memasak. Sementara pallumara artinya masakan bercita rasa asam (mara). Hidangan ini mengambil boga bahari Makassar yakni ikan sebagai bahan utama, mencakup daging hingga bagian kepala.

 

Hidangan ini biasanya menggunakan ikan kakap, yang dimasak dengan cara direbus bersama beragam bumbu seperti belimbing wuluh dan jeruk nipis untuk cita rasa menyegarkan. Cocok sebagai pilihan makan siang.

 

4. Mie Kering Makassar untuk pilihan teman makan malam

Mi Kering Makassar (foto: iStockphoto)

Sedikit mirip dengan i fu mie, Mie Kering Makassar memang dipengaruhi oleh masakan Tionghoa yang telah lama jadi bagian identitas masyarakat Makassar. Mi pada hidangan ini biasanya disajikan bersama saus kental, sayuran, irisan ayam atau boga bahari yang cocok sebagai menu mengenyangkan. 

 

Ada beberapa tempat di Makassar yang terkenal dengan mie kering legendarisnya. Di antaranya Mie Hengky yang berlokasi di Jalan Nusantara dan sudah berdiri sejak 1980, atau Mie Titi Boulevard yang disebut-sebut sebagai pionir mie kering makassar karena sudah buka sejak tahun 1970.

 

5. Pallubasa, masakan kaya rempah lainnya yang menggunakan daging sapi

Pallubasa (foto: iStockphoto)

Selain coto dan konro, orang Makassar juga mengolah daging sapi menjadi hidangan lezat lainnya bernama pallubasa. Dibuat dengan cara yang tak jauh beda dengan coto, yang berbeda dari pallubasa adalah serundeng kelapa dan kuning telur sebagai pelengkap kuah rempah tradisionalnya.

 

Untuk menikmati kelezatan pallubasa dengan sepiring nasi hangat langsung di Makassar, Pallubasa Onta dan Pallubasa Serigala adalah tempat yang cukup populer di kalangan masyarakat setempat, dan bisa Anda jadikan pilihan.

 

 

Itu dia 5 makanan khas Makassar yang secara tidak langsung ikut membentuk Kota Daeng sebagai surga kuliner di bagian timur Indonesia, sehingga layak dicicipi langsung ketika mengunjungi Makassar.

 

Untuk memudahkan perjalanan menemukan bagian surga kuliner Makassar di atas, Anda bisa memanfaatkan layanan sewa mobil dari TRAC yang menyediakan moda transportasi sesuai kebutuhan jarak dan jumlah penumpang, mulai dari sepeda motor untuk solo-traveling, mobil berkapasitas hingga empat orang untuk perjalanan keluarga, hingga bus berbagai ukuran untuk perjalanan dalam rombongan.  

 

Selain itu, dengan TRAC Anda juga bisa menyewa mobil pilihan secara lepas kunci atau dengan pengemudi bersertifikat defensive driving. Jika Anda ingin menyambangi destinasi tertentu langsung dari bandara, TRAC juga menyediakan layanan antar jemput bandara dengan jaminan tepat waktu.  

 

Soal keamanan perjalanan selama pandemi Covid-19, TRAC berkomitmen menerapkan SMART PROTOCOL, sebuah protokol kesehatan ketat yang meliputi penyemprotan rutin unit kendaraan menggunakan disinfektan setiap sebelum dan sesudah digunakan, memastikan pengemudi yang bertugas telah melalui pemeriksaan kesehatan, dan mewajibkan penggunaan masker serta sarung tangan, menyediakan hand sanitizer untuk penumpang, hingga menerapkan physical distancing dengan membatasi jumlah penumpang.

 

Untuk kemudahan melakukan reservasi, unduh dan instal aplikasi TRACtoGo di Google Play Store dan Apple App Store. Dapatkan juga berbagai promo dan penawaran terbaik hanya di aplikasi keren ini. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi Customer Assistance Center TRAC melalui nomor telepon 1500009 atau mengirimkan email ke rco.nasional@trac.astra.co.id.

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp