04 Melihat PIAMARI Aquarium Raksasa di Pangandaran.jpg
04 Melihat PIAMARI Aquarium Raksasa di Pangandaran.jpg
04 Melihat PIAMARI Aquarium Raksasa di Pangandaran.jpg

Travel

Melihat Kemegahan Aquarium Raksasa Indonesia Di Pangandaran

09 Februari 2023

Share

Dikenal dengan kawasan wisata pantai yang eksotik, Pangandaran kini memiliki satu lagi destinasi wisata yang tak boleh Anda lewatkan. Digadang sebagai kompleks akuarium terbesar, Aquarium Indonesia Pangandaran berdiri di atas lahan seluas 10 hektar.

 

Hadirnya Aquarium Indonesia di Pangandaran menambah opsi akuarium raksasa yang ada di Indonesia selain Jakarta Aquarium dan Seaworld Ancol yang telah eksis terlebih dahulu. Penasaran dengan Aquarium Indonesia? Yuk cek beberapa fakta dan informasi di bawah ini.

 

5 Hal Tentang Aquarium Indonesia Pangandaran

 

Berlokasi di Area PPI Cikidang, Pangandaran

 

Aquarium Indonesia berlokasi di Komplek Pelabuhan Pendaratan Ikan Cikidang yang ada di Desa Babakan, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Hanya dibutuhkan waktu sekitar 15 menit berkendara dari kawasan wisata Pantai Pangandaran untuk mencapai tempat ini.

 

 

 

Harga Tiket dan Jadwal Operasional

 

Sebagai sarana edukasi wisata untuk masyarakat luas, tentu harga tiket masuk aquarium raksasa ini perlu disesuaikan. Hanya dengan Rp50 ribu saja Anda bisa menikmati kemegahan Aquarium Indonesia.

 

Untuk jam operasional, Aquarium Indonesia buka setiap hari pada senin - minggu pukul 08.30 hingga 16.30 untuk akhir pekan dan 09.00 - 16.00 di hari kerja. Saat ini antusiasme masyarakat terhadap tempat ini masih cukup tinggi, sebaiknya datanglah saat hari kerja atau di pagi hari agar Anda bisa puas menikmati Aquarium Indonesia. 

 

Punya Aquarium Cekung Terpanjang

 

Aquarium Indonesia memiliki empat jenis kolam akuarium, antara lain Schooling Fish Cylinder Tank, akuarium cekung, akuarium utama dan Touch Pool. Masing-masing akuarium tentu memiliki keunikannya sendiri.

 

 

 

Schooling Fish Cylinder Tank merupakan akuarium silinder raksasa dengan tinggi mencapai 7 meter dan diameter 5 meter yang didalamnya terdapat koloni ikan yang berenang secara bergerombol (schooling). Yang selanjutnya adalah akuarium cekung atau Curved Aquarium dengan panjang 47 meter. Konon, akuarium ini menampung hingga 500 ribu liter air lho!

 

Ada pula akuarium utama atau main fish tank dengan jendela ekstra besar sepanjang 33 meter! Disini lah pertunjukan feeding fish akan di lakukan setiap harinya. Yang terakhir adalah Touch Pool, di kolam ini Sobat TRAC bisa langsung berinteraksi dengan biota laut. Jangan lupa ajak si kecil untuk ke kolam ini ya!

 

Yang tak kalah unik dari akuarium yang ada adalah Museum Ibu Rempah. Disini Anda bisa belajar mengenai kemaritiman Indonesia. Terdapat pula temuan-temuan para penyelam yang diambil dari dasar laut Indonesia.

 

 

 

Jadwal Feeding Show di Aquarium Indonesia

 

Setiap harinya para penyelam di Aquarium Indonesia akan melakukan pertunjukan pemberian makan (feeding show) pada hewan-hewan laut yang ada di tangki akuarium utama. Terdapat dua jadwal pemberian makan yaitu pukul 11.00 dan 15.00. Jadi pastikan Anda sudah ada di depan jendela akuarium utama sebelum jam tersebut untuk mendapatkan view terbaik.

 

Dahulu Bernama PIAMARI

 

Bagi warga Pangandaran, sebenarnya Aquarium Indonesia bukanlah sesuatu yang baru. Dahulu tempat ini dikenal dengan Pangandaran Integrated Aquarium and Marine Research Institute (PIAMARI) milik Kementerian Kelautan dan Perikanan RI Pembangunannya sendiri telah dimulai sejak 2017 lalu dan rencananya akan dilengkapi dengan balai riset juga.

 

Bagaimana, tertarik mengunjungi Aquarium Indonesia? Jika dibandingkan dengan akuarium raksasa lainnya, destinasi ini bisa dibilang yang paling terjangkau. Jadi, tentunya aman bagi kantong jika mengajak keluarga besar sekalipun.

 

 

 

Selain Aquarium Indonesia, Pangandaran juga memiliki beberapa destinasi wisata lain seperti kawasan Pantai Pangandaran yang memiliki sisi berpasir putih dan pasir hitam. Ada pula Pantai Batu Karas yang menjadi idola para peselancar. Serta yang tak boleh terlewat adalah wisata Green Canyon dengan tebing-tebing yang memukau.

 

Sayangnya, saat ini belum ada jalan tol yang menghubungkan Pangandaran dengan kota-kota besar di sekitarnya. Dari Jakarta kawasan Pangandaran dapat ditempuh melalui 8 jam perjalanan darat. Sedangkan dari Bandung maupun Yogyakarta memerlukan waktu setidaknya 5 jam perjalanan.

 

Waktu tempuh yang cukup lama tentu bukanlah sebuah hambatan besar. Anda bisa melakukan perjalanan menggunakan layanan rental mobil sehingga dapat beristirahat dengan santai di sepanjang perjalanan. Dengan menggunakan layanan rental mobil, Anda pun bisa melakukan quality time bersama keluarga maupun orang-orang tersayang tanpa harus memikirkan kondisi jalanan.

 

Pilihlah layanan rental mobil dan sewa bus terbaik dari TRAC untuk menemani perjalanan Anda ke Pangandaran agar liburan kali ini terasa makin mengesankan. Lakukan reservasi rental mobil dan sewa bus dari TRAC melalui aplikasi TRACtoGO. Aplikasi ini dapat diunduh melalui Google Playstore maupun Apple App Store sesuai dengan gawai yang digunakan.

 

Follow media sosial TRAC melalui instagram trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter TRACastra untuk mendapatkan banyak tips perjalanan dan informasi wisata lainnya. Nantikan juga penawaran-penawaran yang akan menguntungkan di setiap perjalanan.

 

Kemana pun treknya, pakai TRAC aja!

 

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp