Melihat Wajah Baru Taman Mini Usai Direnovasi
Melihat Wajah Baru Taman Mini Usai Direnovasi
Melihat Wajah Baru Taman Mini Usai Direnovasi

Travel

Melihat Wajah Baru Taman Mini Usai Direnovasi

25 September 2023

Share

Sobat TRAC pasti tau dong kalau Taman Mini Indonesia Indah (Taman Mini) merupakan salah satu destinasi wisata terbesar di Indonesia. Taman yang mulai dibangun pada 1972 ini berdiri di atas lahan seluar 147 hektar dan menjadikannya sebagai ikon pariwisata Indonesia.

 

Untuk memberi warna baru, pada tahun 2022, pemerintah memutuskan untuk melakukan revitalisasi besar-besaran pada Taman Mini. Revitalisasi ini dilakukan untuk mengembalikan kejayaan Taman Mini sebagai destinasi wisata kelas dunia.

 

Enggak main-main, proyek revitalisasi ini menelan anggaran mencapai Rp 1,07 triliun, sob. Wooow. Prosesnya baru saja selesai dan kembali resmi dibuka untuk umum sejak awal September 2023.

 

Pasca renovasi, Taman Mini seperti punya wajah baru. Menjadi jauh lebih modern, ramah lingkungan, serta inklusif. Berikut beberapa perubahan yang terjadi.

 

 

 

Lebih asri dan hijau

 

Salah satu perubahan paling terlihat di Taman Mini adalah banyaknya area hijau. Area hijau di Taman Mini kini mencakup 70% dari total luas taman. Hal ini membuat Taman Mini menjadi lebih asri dan sejuk.

 

Fasilitas lebih modern

 

Taman Mini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas modern, sob. Seperti angkutan berbasis listrik, zona hijau, dan ruang publik yang luas. Fasilitas-fasilitas ini tentunya dapat membuat pengunjung lebih nyaman menikmati Taman Mini di berbagai sisi.

 

Konsep yang lebih inklusif

 

Taman Mini kini memiliki konsep yang lebih inklusif. Hal ini terlihat dari ruang publik yang jauh lebih luas dan ramah bagi penyandang disabilitas, sob. Keren banget kan!

 

 

 

Selain tampil lebih asri dan modern, Taman Mini juga kini dilengkapi dengan beragam wahana dan atraksi yang baru, sob. Diantaranya sebagai berikut.

 

  • Museum Digital Indonesia
  • Danau Archipelago
  • Jagat Satwa Nusantara
  • Museum Komodo
  • Dunia Air Tawar & Serangga

 

Revitalisasi yang telah dilakukan ini diharapkan dapat membuat Taman Mini sebagai destinasi wisata yang lebih modern, dan ramah lingkungan, sob. Sehingga diharapkan dapat menjadi ikon wisata Indonesia yang dapat menarik wisatawan dari dalam dan luar negeri.

 

Tips Liburan ke Taman Mini

 

  • Pesan tiket secara online. Tiket Taman Mini bisa dibeli secara online melalui situs https://tiket.tamanmini.com/ agar tidak perlu lagi antri panjang di loket
  • Datang saat weekday. Taman Mini selalu lebih ramai pada akhir pekan dan hari libur. Untuk menghindari keramaian, sebaiknya datang pada hari kerja. Sehingga bisa lebih leluasa mengeksplorasi berbagai fasilitas yang tersedia
  • Coba angkutan berbasis listrik. Di dalam area Taman Mini tersedia bus listrik yang bisa dimanfaatkan untuk wara-wiri. Bus ini beroperasi setiap hari mulai pukul 8 pagi hingga 5 sore. Dijamin akan sangat menyenangkan berkeliling menikmati taman mini dengan bus ini.
  • Mengunjungi wahana dan atraksi baru. Taman Mini memiliki berbagai wahana dan atraksi baru yang menarik. Jangan lupa untuk mengunjunginya saat berkunjung ke Taman Mini.

 

Lokasi dan Harga Tiket Masuk Taman Mini

 

Taman Mini berlokasi di Jalan Taman Mini Indonesia Indah, Cipayung, Jakarta Timur. Cukup mudah untuk menemukannya, sob. Sobat bisa lewat tol Jagorawi lalu keluar di pintu keluar Taman Mini. Sekitar 2 kilometer, sobat akan melihat pintu masuk ke dalam kawasan Taman Mini.

 

 

 

Selalu jadi lokasi favorit liburan keluarga, Taman Mini buka setiap hari mulai dari pukul 6 pagi hingga 5 sore. Namun, saat akhir pekan buka lebih awal sejak pukul 5 pagi. Harga tiket masuknya juga sangat ramah di kantong, sob. Hanya dibanderol Rp 25 ribu per orang, serta tarif parkir Rp 25 ribu untuk mobil dan motor sebesar Rp 15 ribu.

 

Dengan wajah barunya ini, tentu akan membuat Taman Mini semakin menjadi pilihan destinasi liburan keluarga ibukota. Biar lebih nyaman, sobat bisa gunakan layanan rental mobil Jakarta dari TRAC. Pilih rental mobil dengan pengemudi biar lebih leluasa menjelajahi  berbagai sisi Taman Mini.

 

Untuk kemudahan pemesanan, Sobat TRAC bisa lakukan lewat aplikasi TRACtoGo. Segera install aplikasi TRACtoGo di Google Playstore maupun Apple App Store. Jangan lupa registrasi membership untuk menikmati beragam kemudahan layanan TRAC.

 

Oh iya, untuk informasi terkini, jangan lupa follow media sosial TRAC melalui instagram @trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter @TRACastra.

 

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp