• Beranda
  • Blog
  • Travel
  • Memperingati Hari Air, 5 Rekomendasi Wisata Danau dan Waduk di Indonesia

https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/thumbnail-277-07 Memperingati Hari Air, 5 rekomendasi wisata danau dan waduk (1).jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/thumbnail-277-07 Memperingati Hari Air, 5 rekomendasi wisata danau dan waduk (1).jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/thumbnail-277-07 Memperingati Hari Air, 5 rekomendasi wisata danau dan waduk (1).jpg

Travel

Memperingati Hari Air, 5 Rekomendasi Wisata Danau dan Waduk di Indonesia

24 Maret 2022

Share

Setiap tanggal 22 Maret diperingati sebagai Hari Air Sedunia atau World Water Day, tujuan awalnya adalah untuk mengingatkan masyarakat akan pentingnya air bersih dan ajakan untuk mengelola sumber air bersih secara berkelanjutan. Anda dapat ikut merefleksikan pesan di hari air sedunia dengan mengunjungi sumber-sumber air bersih yang juga menjadi tujuan wisata.

 

Berikut 5 rekomendasi wisata danau dan waduk di Indonesia untuk memperingati hari air sedunia

 

1. Danau Toba, Sumatera Utara

 

Siapa tak kenal dengan destinasi yang satu ini. Danau Toba digadang menjadi danau vulkanik terbesar di dunia. Begitu besarnya, Anda hanya akan melihat hamparan air jika berkunjung ke sisi-sisi Danau Toba bahkan beberapa tepian memiliki ombak lengkap dengan pasir putihnya. Danau Toba dapat dijangkau melalui perjalanan darat dari Medan maupun Bandar udara Silangit, Siborong-borong.

 

 

2. Waduk Jatiluhur, Jawa Barat

 

Jika Danau Toba memiliki predikat terbesar, Waduk jatiluhur pun tak mau kalah. Danau buatan yang masuk dalam teritorial Kabupaten Purwakarta, Cianjur dan Bandung ini juga disebut sebagai waduk terbesar di Indonesia bahkan di Asia Tenggara. Anda dapat menikmati waduk jatiluhur kapan saja, dari matahari terbit hingga terbenam.

 

 

3. Ranu Pani, Jawa Timur

 

Berada di kaki Gunung Semeru, Ranu Pani atau dikenal juga sebagai Ranu Pane dapat diakses menggunakan kendaraan hingga desa terdekat namun pastikan kendaraan dan kemampuan anda berkendara cukup mumpuni untuk menghadapi medan yang berat. Berkemah lah di tepian danau dan nikmati pemandangan danau yang tenang dengan ornamen pepohonan hijau yang mengitarinya. 

 

Terdapat beberapa danau yang bisa Anda sambangi di kaki gunung Semeru. Tak jauh dari Ranu Pane, Anda bisa menemukan Ranu Regulo. Sedangkan untuk Ranu Kumbolo yang terkenal, Anda masih perlu melakukan sedikit pendakian. Oh iya, ‘Ranu’ sendiri sudah merujuk pada kata yang berarti danau.

 

 

4. Danau Beratan, Bali

 

Anda mungkin terlebih dahulu mengenal keindahan danau ini dari selembar uang Rp50.000. Berada di dataran tinggi Bedugul yang menjadi bagian dari Kabupaten Tabanan, Danau Beratan menyimpan kecantikan tersendiri terlebih dengan Pura Ulun Danu sebagai latarnya. Keindahan danau ini semakin menjadi dengan bingkai alam yang bukit-bukit hijau yang mengelilinginya. Karena terdapat tempat ibadah, sebaiknya Anda menggunakan pakaian tertutup saat mengunjungi destinasi ini.


 

 

5. Labuan Cermin, Kalimantan Timur

 

Konon katanya, kejernihan air di danau ini dapat memantulkan bayangan sejelas cermin dan dari situ lah nama tempat ini berasal. Di siang hari, dasar danau akan terlihat biru, apalagi dengan riak yang cenderung tenang membuat ilusi optik seakan perahu yang berada di atasnya menjadi melayang. Terletak di Kabupaten Berau, Labuan Cermin menjadi destinasi lain dari wisatawan yang akan atau telah berkunjung ke derawan. 

 

Selain danau dan waduk di atas, Anda juga dapat merefleksikan peringatan Hari Air Sedunia di waduk dan danau yang ada di sekitar tempat tinggal. Ajak keluarga dan kerabat untuk berwisata di danau dan waduk, jelajahi sumber air sambil meneruskan pesan untuk selalu menjaga kebersihannya.

 

Untuk menjangkau lokasi waduk maupun danau tujuan Anda, sebaiknya persiapkan sarana transportasi yang sesuai. Pilihlah kendaraan yang mampu menjangkau tempat-tempat tersebut namun tak mengesampingkan kenyamanan Anda dalam berwisata. TRAC, rental mobil profesional dan terpercaya memiliki berbagai pilihan armada untuk mendukung bermacam aktivitas Anda.

 

 

 

Unduh aplikasi TRACtoGo di Google Playstore maupun di Apple App Store untuk melakukan reservasi dan dapatkan berbagai penawaran yang menarik. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut terkait rental mobil dengan pelayanan prima dari TRAC, Anda dapat menghubungi Customer Assistance Center di 1500009 atau mengirimkan email ke rco.nasional@trac.astra.co.id

 

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp