• Beranda
  • Blog
  • Travel
  • Memperingati Hari Pahlawan: 5 Rekomendasi Wisata Sejarah di Surabaya

02 Memperingati Hari Pahlawan_ 5 Rekomendasi Wisata Sejarah di Surabaya-min.jpg
02 Memperingati Hari Pahlawan_ 5 Rekomendasi Wisata Sejarah di Surabaya-min.jpg
02 Memperingati Hari Pahlawan_ 5 Rekomendasi Wisata Sejarah di Surabaya-min.jpg

Travel

Memperingati Hari Pahlawan: 5 Rekomendasi Wisata Sejarah di Surabaya

10 November 2022

Share

Kota Pahlawan, begitulah Kota Surabaya dikenal seantero Indonesia. Tak ayal, kota ini menjadi destinasi tujuan wisata yang paling cocok untuk memperingati hari pahlawan.  Jika Anda menyambangi Surabaya di bulan November, maka aura masa perjuangan akan sangat kental terasa. Ornamen-ornamen bambu runcing dan kata-kata penyemangat dipasang di berbagai sudut kota untuk memperingati hari pahlawan.

 

Tak hanya yang berkaitan dengan pertempuran 10 November 1945, Surabaya juga memiliki banyak destinasi wisata sejarah yang layak Anda kunjungi. Penasaran? Yuk cek langsung destinasi-destinasi di bawah ini. 


 

 

Rekomendasi wisata sejarah di Surabaya dalam rangka Hari Pahlawan
 

1. Jembatan Merah

Di lokasi ini lah awal pertempuran sengit tersebut terjadi, pertempuran yang melatarbelakangi lahirnya hari pahlawan sekaligus predikat Kota Pahlawan bagi Kota Surabaya. Kini Jembatan Merah masih berdiri kokoh dengan cat merah yang menyala seolah menjadi pengingat peristiwa besar tersebut.


 

2. Tugu Pahlawan dan Museum 10 Nopember

Tempat ini menjadi salah satu ikon wisata di Surabaya, lokasinya tepat di tengah kota. Tugu tunggu menjulang setinggi lebih dari 40 meter ini dibangun untuk mengenang peristiwa besar pertempuran Surabaya dan diresmikan pada 10 November 1952 oleh Presiden Soekarno. Jangan lupa untuk mampir ke Museum 10 Nopember, museum yang menyimpan dokumentasi hingga benda-benda bersejarah terkait pertempuran Surabaya seperti senjata, surat-surat dan banyak lainnya.

 

 

3. Hotel Majapahit

Dahulu dikenal sebagai Hotel Yamato, tempat dimana peristiwa ikonik perobekan bendera merah-putih-biru milik pemerintah Belanda menjadi bendera merah-putih. Hotel mewah ini hingga sekarang masih beroperasi sebagai penginapan sekaligus cagar budaya. Anda bisa merasakan kemewahan ala nona dan tuan di masa lampau dengan menginap di sini. Ada berbagai tipe kamar yang bisa Anda pesan mulai dari Classic Room hingga Presidential Suites. 


 

4. Gedung Internatio

Nama resmi gedung ini adalah Internationale Crediten Handelvereeniging, salah satu gedung penting pendukung perdagangan pada masa penjajahan Belanda. Gedung ini juga pernah menjadi markas Sekutu saat mendarat di Surabaya, letaknya tak jauh dari Jembatan Merah. Tewasnya pimpinan tinggi Sekutu, Jendral AWS Mallaby di depan Gedung Internatio ini lah yang menjadi pemantik pertempuran besar Surabaya.


 

 

5. Gedung Siola

Gedung di sudut jalan Tunjungan ini pasti akan mencuri perhatian setiap orang yang melintasinya. Dahulu gedung ini merupakan salah satu toko serba ada andalan orang-orang masa lampau. Gedung ini juga pernah menjadi salah satu basis pertahanan rakyat Surabaya saat pertempuran November 1945. Kini, gedung cantik ini telah disulap menjadi Museum Surabaya, Anda bisa mampir ke sini untuk mendalami perkembangan Kota Pahlawan dan tak lupa berfoto di penanda yang ada di depan gedung.

 

 

Selain 5 destinasi di atas, masih banyak destinasi menarik lain yang bisa Anda sambangi di Surabaya, sebut saja; Museum Pendidikan, House of Sampoerna, Museum H.O.S Tjokroaminoto, Museum WR Soepratman, kawasan Jalan Gula dan Jalan Karet, Makam Peneleh dan banyak lainnya.

 

Bagi Anda yang menyukai wisata sejarah, Anda bisa merencanakan perjalanan bersama dengan komunitas maupun teman-teman Anda yang memiliki minat serupa. Jika bepergian dengan banyak orang, sebaiknya cari lah armada yang bisa mendukung mobilitas Anda, misalnya bus kecil yang mampu menampung hingga 18 orang. Pilihan ini cocok bagi perjalanan Anda karena tak akan ada rombongan yang terpisah.

 

Gunakan layanan rental mobil dan sewa bus terpercaya dari TRAC untuk mendukung segala keperluan Anda, termasuk saat bertualang di kota Pahlawan. Anda dapat memilih armada yang Anda perlukan sesuai dengan kebutuhan, mulai dari rental mobil dengan pengemudi hingga sewa bus dengan aneka kapasitas. TRAC juga memiliki jangkauan layanan di berbagai kota di Indonesia, jadi tak perlu khawatir dengan rencana perjalanan Anda.

 

Tunggu apa lagi? Saatnya lakukan pemesanan. Reservasi layanan rental mobil maupun sewa bus dari TRAC bisa dilakukan dimana saja, langsung dari ponsel Anda melalui aplikasi TRACtoGo. Kemudahan ini bisa Anda dapatkan dengan mengunduh aplikasi TRACtoGo di Google Playstore dan di Apple App Store sesuai dengan spesifikasi gawai Anda. Selain itu, pemesanan juga bisa dilakukan di Kantor Cabang TRAC yang berada di berbagai kota. 

 

Jika membutuhkan informasi tambahan Anda bisa menghubungi Customer Assistance Center di 1500009. Follow media sosial TRAC untuk informasi terkini baik melalui instagram @trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter @TRACastra.

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp