06 Mencicipi Ragam Kuliner Yogyakarta Yang Melegenda.jpg
06 Mencicipi Ragam Kuliner Yogyakarta Yang Melegenda.jpg
06 Mencicipi Ragam Kuliner Yogyakarta Yang Melegenda.jpg

Travel

Mencicipi Ragam Kuliner Yogyakarta Yang Melegenda

13 Maret 2023

Share

“Pulang ke kotamu ada setangkup haru dalam rindu” seperti dalam lirik yang  di populerkan oleh Kla Project, Yogyakarta memang selalu membuat siapa saja ingin kembali.

 

Dikenal dengan kota budaya, pesona alam Yogyakarta pun tak kalah menarik wisatawan. Namun, seperti julukannya yaitu “Kota Gudeg”, Yogyakarta pun tak bisa lepas dari wisata kuliner.

 

Ada banyak sekali ragam kuliner Yogyakarta yang layak untuk dicicipi di setiap kali mengunjunginya. Berikut ini beberapa kuliner “sepanjang masa” Yogyakarta khusus buat Sobat TRAC.

 

 

 

5 Kuliner Legendaris Yogyakarta Yang Wajib Dicicipi

 

Gudeg

 

Gudeg telah melekat pada Yogyakarta dan seolah menjadi identitas kuliner kota ini. Sejatinya, gudeg merupakan olahan nangka muda yang dimasak berjam-jam bersama santan, gula aren dan berbagai rempah lain termasuk daun jati sebagai pewarna.

 

Dalam seporsi gudeg biasanya ditemani dengan beberapa lauk lain seperti oseng krecek, ayam, telur setha tahu dan tempe bacem.

 

Tak sulit mencari penjual gudeg di Yogyakarta. Mau dari penjual rumahan hingga brand ternama tersebar di berbagai penjuru kota.

 

Beberapa yang sering direkomendasikan adalah Gudeg Yu Djum yang cabangnya hampir terlihat di setiap jalan di Yogyakarta.

 

 

 

Ada pula Gudeg Permata, cocok untuk Sobat TRAC yang kelaparan di malam hari dan Gudeg Mbah Lindu di pagi hari. Jangan lewatkan juga Gudeg Pawon yang mengusung tema layaknya di dapur tradisional rumah lawas.

 

Bakmi Jawa

 

Meski bukan eksklusif milik Yogyakarta namun tak jarang wisatawan yang merasa belum lengkap ke Yogya jika belum mencicipi bakmi jawa yang ada di sana.

 

Bakmi jawa dikenal dengan rasanya yang sederhana namun tetap nikmat. Beberapa lokasi idola wisatawan adalah Bakmi Pele, Bakmi Mbah Gito, Bakmi Jawa Pak Rebo dan Bakmi Jawa Pak Geno.

 

Jika ingin yang tak terlalu mengantri tak ada salahnya mencoba Bakmi Mbah hadi yang lokasinya bersembunyi di SPBU Terban.

 

 

 

Sate Klathak

 

Dari tampilannya, sate ini sudah terlihat berbeda dari sate kambing yang biasanya. Tusukan besi jadi ciri khas sate klathak, dagingnya pun cenderung pucat dan disajikan dengan sepiring kuah gulai.

 

Untuk menikmati sate Klathak, Sobat TRAC harus berkendara ke arah Bantul. Biasanya orang akan mengincar Sate Klathak Pak Bari yang buka malam hari di Pasar Wonokromo maupun Sate Pak Pong yang bisa dinikmati sepanjang hari.

 

Angkringan

 

Berciri khas pikulan maupun gerobak kayu dengan berbagai jajanan dan minuman hangat, Angkringan kini bisa ditemukan di hampir semua kota di Indonesia. Meski begitu, tentu tak lengkap rasanya jika tak mampir ke Angkringan di daerah asalnya. 

 

Angkringan umumnya menjual aneka lauk yang dimasak ala bacem dan ditusuk seperti sate, ada sate usus, sate kulit, sate kerang, telur puyuh dan banyak lainnya.

 

 

 

Tak lupa nasi putih berukuran mini yang dikenal dengan nasi kucing dan segelas kopi jos alias kopi dengan tambahan bongkahan arang.

 

Sobat TRAC bisa mencoba Angkringan secara random di sepanjang Jalan Mangkubumi, Selasar Malioboro atau salah satu yang legendaris adalah Angkringan Lik Man yang sebelumnya berada di sekitar Stasiun Tugu,

 

Hidangan Keraton Yang Telah Merakyat

 

Ingin merasakan makanan kegemaran Sultan Yogyakarta di abad 19? Coba lah untuk datang ke Restoran Bale Raos yang lokasinya masih di sekitaran Keraton Yogyakarta.

 

 

 

Sobat TRAC dapat mencicipi rangkaian makanan pembuka hingga penutup. Banyak menu di resto ini yang dulunya hanya bisa dicicipi oleh para bangsawan dah Sultan saja.

 

Beberapa yang patut dicoba adalah Selada Huzar, Bebek suwar-suwir dengan saus kedondong, bistik sapi, sup timlo, nasi liwet.

 

Untuk hidangan penutup jangan lewatkan manuk nom atau burung mud, tenang saja ini adalah puding yang dibentuk burung dengan kepingan emping sebagai sayapnya. 

 

Selain 5 makanan di atas sebenarnya masih banyak lagi kuliner legendaris Yogyakarta yang bisa Sobat TRAC cicipi.

 

 

 

Tak ada salahnya juga memasukan beberapa ragam kuliner lain di bucket list Sobat TRAC seperti mangut lele, mercon pedas, entok slenget, ayam geprek yang sedang hits hingga ayam goreng Mbok Berek yang telah melayani sejak tahun 1830-an.

 

Eksplorasi Wisata Kuliner Yogyakarta Dengan Rental Mobil

 

Saat melakukan wisata kuliner di Yogyakarta, sebaiknya gunakan layanan rental mobil. Sobat TRAC bisa lebih santai menikmati makanan tanpa memikirkan rute menuju lokasi terlebih hampir di setiap wilayahnya memiliki kuliner yang legendaris.

 

Belum lagi tempat parkir yang minim sering membuat selera makan terganggu. Kalau begini, tentu rental mobil Yogyakarta adalah solusinya.

 

Untuk kemudahan pemesanan, Sobat TRAC bisa lakukan lewat aplikasi TRACtoGo. Segera install aplikasi TRACtoGo di Google Playstore maupun Apple App Store. Dan dapatkan berbagai promo menarik di dalamnya.

 

Oh iya, untuk informasi terkini, jangan lupa follow media sosial TRAC melalui instagram @trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter @TRACastra.

 

Kemanapun treknya, pakai TRAC aja!

 

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp