Mengenal Benteng Martello yang Muncul di Petualangan Sherina 2
Mengenal Benteng Martello yang Muncul di Petualangan Sherina 2
Mengenal Benteng Martello yang Muncul di Petualangan Sherina 2

Travel

Mengenal Benteng Martello yang Muncul di Petualangan Sherina 2

06 November 2023

Share

Film Petualangan Sherina 2 ternyata nggak cuma mengambil set lokasi di Kalimantan aja, sob. Ada lokasi lain yang tak kalah indah dari belantara hutan borneo, yaitu Benteng Martello di Kepulauan Seribu.

 

Sobat TRAC udah nonton film Petualangan Sherina 2, tentu sudah bisa membayangkan scene mana yang menggunakan lokasi tersebut. 

 

Tapi buat sobat yang belum sempat nonton, tenang aja karena TRAC nggak akan memberi gambaran tentang serunya menjelajah Benteng Martello dan destinasi lain yang ada di sekitarnya.

 

Bertualang seperti Sherina dan Sadam maupun memilih untuk healing tipis-tipis di tempat ini bisa jadi solusi melepas penat dari rutinitas. Sebelum menjelajah, yuk! simak dulu fakta-fakta tentang Benteng Martello berikut ini.

 

 

 

5 Fakta Benteng Martello, Kepulauan Seribu

 

Lokasinya Nggak Jauh dari daratan Jakarta

 

Lokasi Benteng Martello bisa dibilang hanya “selemparan batu” dari tepian Jakarta. Bahkan secara administratif, tempat ini masih masuk ke dalam Provinsi DKI Jakarta lho!

 

Sobat TRAC bisa menjumpai Benteng Martello berdiri gagah di Pulau Kelor, Kabupaten Kepulauan Seribu. Pulau Kelor sendiri berada pada gugusan yang sama dengan beberapa pulau lainnya seperti Petandan, Kelapa, Onrust, Bidadari, maupun Cipir. 

 

Sejarah singkat Benteng Martello

 

Benteng Martello atau Benteng Menara merupakan daya tarik utama Pulau Kelor. Dengan warna bata merahnya yang khas, benteng ini nggak cuma cantik, sob tapi juga sarat akan sejarah. Dibangun VOC tahun 1850 untuk menahan gempuran pasukan Portugis.

 

Untuk sebuah bangunan yang sudah melalui peperangan hingga bencana lainnya, benteng tua ini bisa disebut masih kokoh.

 

 

 

Sebenarnya, Benteng Martello memiliki beberapa “saudara” yaitu 3 benteng serupa yang tersebar di Pulau Cipir, Pulau Bidadari dan Pulau Onrust. Sayangnya yang masih terlihat utuh hanya ada disini dan Pulau Bidadari.

 

Kegiatan yang bisa dilakukan sekitar Benteng Martello

 

Sama seperti tanaman kelor yang berdaun kecil namun punya banyak khasiat, Pulau Kelor yang tak begitu luas ini pun ternyata menyimpan pesona yang tak bertepi. 

 

Pulau seluas 28 hektar ini dikelilingi air laut yang jernih, cocok buat sobat yang ingin meluangkan waktu sambil snorkeling. Kalau nggak mau basah-basahan, cukup nikmati tepi pulau di atas pasir putih.

 

Bawa tabir surya ya, sob. Untuk mencegah iritasi kulit karena berjemur terlalu lama. Ohya, jangan lupa abadikan kunjungan sobat ke sini dengan berfoto di bagian luar Benteng Martello atau dinding batu bertuliskan “Pulau Kelor”. 

 

Akses menuju Benteng Martello

 

Untuk sampai ke Benteng Martello, sobat tentu harus menggunakan transportasi laut yang bisa diakses dari Dermaga Marina Ancol, atau Kamal Muara Penjaringan, Jakarta Utara.

 

 

 

Perjalanan laut dari Dermaga Kamal Muara ke Pulau Kelor umumnya akan memakan waktu sekitar 45 menit. Namun, perjalanan bisa lebih singkat kalau sobat berangkat dari Dermaga Marina, Ancol menggunakan kapal cepat.

 

Destinasi wisata di Pulau Seribu

 

Kalau sobat TRAC berwisata ke Pulau Kelor menggunakan agen perjalanan, paket perjalanan yang diberikan biasanya  juga mencakup beberapa pulau lainnya, seperti Pulau Cipir dan Onrust.

 

Pulau Cipir dikenal juga sebagai Pulau Kayangan, letaknya tak jauh di sebelah barat Pulau Kelor. Ukurannya lebih kecil dari Pulau Kelor. Namun, di pulau ini juga terdapat beberapa peninggalan Belanda berupa benteng serta prasasti tua.

 

Sayangnya Benteng di Pulau Cipir sudah terlihat tak utuh lagi. Meski begitu tetap menarik dikunjungi bahkan bisa jadi latar foto yang estetik.

 

Berikutnya ada Pulau Onrust. Banyak yang sering tertukar lantaran keduanya sama-sama memiliki sisa-sisa benteng. Bedanya, kondisi benteng di Pulau Onrust masih cukup kokoh, seperti Benteng Martello di Pulau Kelor. Disini juga terdapat sebuah rumah besar yang disulap jadi Museum dan menyimpan catatan sejarah Pulau Onrust. 

 

 

 

Pulau Onrust juga pernah menjadi pulau transit, galangan kapal rusak VOC hingga salah satu benteng pengawas. Pulau ini kemudian beralih fungsi menjadi rumah sakit karantina, sanatorium, kamp tawanan hingga akhirnya dibongkar. Sisa-sisa ceritanya masih terlihat dari sisa-sisa bangunan dan puing-puing yang ada. 

 

Destinasi wisata Pulau Seribu bisa dibilang hidden gem dan masih sering terabaikan. Siapa sangka, nggak jauh dari hiruk pikuk ibu kota tersimpan beberapa pulau wisata yang masih asri, alami sekaligus menyimpan nilai historis. 

 

Jelajah Wisata Ibukota dengan Rental Mobil Jakarta TRAC

 

Jelajahi setiap sudut ibu kota dengan layanan rental mobil Jakarta dari TRAC, termasuk saat mengantar ke dermaga sebelum berlayar menuju Kepulauan Seribu.

 

Pilih layanan rental mobil dengan pengemudi biar nggak perlu merasa was-was meninggalkan kendaraan di parkiran pelabuhan. Sobat TRAC bisa lebih leluasa menikmati keindahan Benteng Martello dan pulau-pulau lain yang disambangi.

 

Keliling Indonesia Rental Mobil TRAC Hemat hingga 25 Persen

 

Pesan sekarang lewat halaman reservasi di website TRAC atau melalui aplikasi TRACtoGo. Download aplikasinya di Google Playstore maupun Apple Appstore. Jangan lupa registrasi membership untuk menikmati beragam kemudahan layanan TRAC lainnya, sob. Mulai dari sewa bus pariwisata, airport transfer hingga paket perjalanan wisata.

 

Oh iya, untuk informasi terkini, jangan lupa follow media sosial TRAC melalui instagram @trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter @TRACastra.

 

Kemanapun treknya, pakai TRAC aja!

 

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp