https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/Artikel-Banner%20--3september%20.jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/Artikel-Banner%20--3september%20.jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/Artikel-Banner%20--3september%20.jpg

Travel

Mengintip Jejak Masyarakat Betawi di Kemang

02 September 2019

Share

Festival Kampung Kemang adalah salah satu agenda budaya yang ditunggu-tunggu di Kemang, Jakarta Selatan, yang tahun ini akan berlangsung 7-8 September 2019. Selama acara berlangsung, pengunjung akan dapat menikmati aneka hiburan, termasuk atraksi budaya dan aneka stan kuliner, terutama aneka masakan Betawi yang banyak di antaranya nyaris punah karena tidak ada lagi yang membuatnya. Festival ini bukan sekadar keriaan, namun juga merupakan perwujudan konsistensi dalam mengedukasi masyarakat akan kearifan budaya Betawi yang memang pernah berakar di Kemang.

 

Festival Betawi lain yang juga secara rutin diadakan di Kemang, biasanya setiap April, adalah Festival Palang Pintu.  Palang Pintu sendiri adalah ritual dalam upacara pernikahan tradisional Betawi, di mana dilakukan pembukaan penghalang bagi calon pengantin untuk memasuki daerah rumah pasangannya. Tradisi ini disertai atraksi silat dan iringan musik dari kelompok pemain rebana kecimpring.

 

Bila Anda sedang di Jakarta ketika Festival Kampung Kemang atau Festival Palang Pintu berlangsung, Anda dapat menggunakan jasa sewa mobil TRAC yang menyediakan layanan dengan pengemudi, sehingga dapat minta diturunkan di mana saja di sekitar lokasi tanpa harus repot mencari parkir. Harga layanan ini pun sudah all-in, yaitu tak hanya telah termasuk harga sewa kendaraan, namun juga biaya jasa pengemudi, bensin, asuransi, tol, dan bahkan parkir. Anda pun dapat mengatur durasi pemakaian karena untuk paket sewa mobil dengan pengemudi ini TRAC menawarkan durasi sewa empat dan 12 jam. Bila memilih sewa mobil lepas kunci harian pun, biaya sewanya telah termasuk asuransi.

 

 

Kemang di Masa Lalu

Kemang di masa lalu merupakan pemukiman warga Betawi yang terdiri dua kampung, yaitu Kampung Kemang yang terhampar dari area dekat Kem Chicks hingga ke Jalan Kemang Selatan I; dan Kampung Kebon yang terbentang dari Jalan Kemang Raya hingga ke Jalan Kemang Selatan. Perkampungan ini kemudian mengalami perubahan signifikan saat warga asing yang bekerja di Jakarta mulai mendiami kawasan ini. Sejumlah tanah kemudian dilepas untuk dibangun perumahan modern.

 

Posisi Kemang memang menguntungkan bagi warga asing tersebut karena dekat lokasi kantor mereka yang rata-rata berada di Segitiga Emas Jakarta (Jalan M. H Thamrin-Jalan Jenderal Sudirman, Jalan H. R Rasuna Said, dan Jalan Jenderal Gatot Subroto). Kawasan ini juga asri, sehingga nyaman untuk ditinggali.

 

Selain diuntungkan dengan layanan yang memberi pilihan untuk sewa mobil dengan dan tanpa pengemudi, TRAC juga memudahkan dalam hal pemesanan sewa mobil yang dapat dilakukan melalui WhatsApp di 0811 1177 097, menelepon Reservation Call Center di 1500 009, mengirimkan email ke rco.nasional@trac.astra.co.id

 

Selama September 2019, TRAC menawarkan harga khusus bagi pemesanan daring via situs trac.astra.co.id maupun melalui aplikasi TRAC to Go, di mana sewa mobil dengan pengemudi mulai Rp 500.000 untuk pemakaian 10 jam (Avanza) dan Rp 950.000 (Innova). Promosi ini berlaku untuk pemakaian hingga Oktober 2019 di Jakarta, Bandung, Medan, dan Surabaya, serta dapat digunakan di hari kerja maupun akhir pekan. Perlu dicatat, harga promosi yang tertera belum termasuk biaya bensin dan parkir.

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp