• Beranda
  • Blog
  • Travel
  • Mengintip Sederet Tradisi Unik Masyarakat Indonesia Jelang Puasa Ramadhan

10 Mengintip Sederet Tradisi Unik Masyarakat Indonesia Jelang Puasa Ramadhan.jpg
10 Mengintip Sederet Tradisi Unik Masyarakat Indonesia Jelang Puasa Ramadhan.jpg
10 Mengintip Sederet Tradisi Unik Masyarakat Indonesia Jelang Puasa Ramadhan.jpg

Travel

Mengintip Sederet Tradisi Unik Masyarakat Indonesia Jelang Puasa Ramadhan

17 Maret 2023

Share

Bulan suci Ramadhan adalah bulan yang penting bagi umat Islam di seluruh dunia. Dengan lebih dari 200 juta umat Muslim, Indonesia jadi negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia.

 

Banyak tradisi unik jelang puasa yang digelar di seluruh nusantara. Hal ini seolah ikut menunjukan warisan budaya bangsa yang beragam, terlebih tiap daerah memiliki caranya masing-masing dalam menyambut bulan yang agung tersebut.

 

Ada beberapa tradisi unik menjelang puasa yang biasa digelar di berbagai daerah di Indonesia. Tradisi-tradisi ini akan membawa Sobat TRAC untuk menyelami lebih dalam lagi keragaman budaya warisan leluhur yang telah melegenda.

 

Dari karnaval akbar hingga makan bersama, selalu ada cerita untuk semua orang. Yuk lihat lebih dekat beberapa tradisi unik sebelum Ramadhan yang ada di beberapa kota di Indonesia.

 

 

 

5 Tradisi Unik Jelang Puasa Di Berbagai Daerah

 

Dugderan (Semarang)

 

Tradisi Dugderan merupakan perayaan unik dan meriah yang digelar di Semarang menjelang datangnya bulan Ramadhan.

 

Upacara multikultural ini menyatukan masyarakat Jawa, Tionghoa, dan Arab yang mencerminkan perpaduan beragam budaya di Semarang.

 

Pemukulan genderang dan meriam akan dilakukan dan sebagai penanda telah datangnya bulan suci Ramadhan. Oh iya tradisi ini ternyata sudah ada sejak tahun 1881 lho!

 

 

 

Saat festival Dugderan digelar, Sobat TRAC bisa menemukan bermacam-macam barang, termasuk makanan, minuman, dan mainan saat acara ini.

 

Puncak festival sendiri adalah warak ngendog alias makhluk berkaki empat yang menarik dengan kepala seperti naga yang melambangkan kerukunan antar etnis dan tentunya akulturasi budaya.

 

Dengan sejarah yang penuh warna dan kemeriahan, tradisi Dugderan wajib dikunjungi bagi mereka yang ingin merasakan budaya Semarang yang menarik dan unik. 

 

Meugang (Aceh)

 

Masyarakat Aceh merayakan awal Ramadhan dengan tradisi Meugang yang telah dilakukan secara turun temurun. Tradisi unik ini melibatkan penyembelihan hewan seperti lembu atau kerbau, serta hewan yang lebih kecil seperti ayam dan bebek.

 

 

 

Daging ternak itu kemudian dimasak dan dibagikan kepada keluarga, kerabat, bahkan anak yatim piatu dalam acara makan bersama yang menyatukan berbagai elemen masyarakat.

 

Meugang berlangsung di seluruh wilayah di Provinsi Aceh, yang memang mayoritas beragama Islam. Tradisi unik menjelang puasa ini biasanya diselenggarakan pada satu atau dua hari sebelum dimulainya Ramadhan.

 

Kirab Dandangan (Kudus)

 

Kudus terkenal dengan warisan budayanya yang unik. Selama Ramadhan, kota ini menyelenggarakan prosesi akbar yang disebut Kirab Dandangan.

 

Prosesi ini ditandai dengan membawa Dandangan, artefak tradisional Islam sambil diiringi musik dan tarian tradisional yang diyakini memiliki kekuatan penyembuhan.

 

 

 

Munggahan (Jawa Barat)

 

Hampir sama dengan yang ada di Aceh, masyarakat Jawa Barat merayakan awal Ramadan sebuah tradisi berbagi makanan bersama yang disebut Munggahan.

 

Tradisi unik menjelang puasa ini biasa dilakukan di berbagai kota di Jawa Barat bahkan beberapa perantau juga melakukan ini di kota tempatnya tinggal.

 

Munggahan menyatukan masyarakat untuk berbagi hidangan tradisional dalam pertemuan sederhana yang disebut botram.

 

Berbagi adalah aspek penting di bulan Ramadhan, dan Munggahan adalah salah satu cara terbaik untuk merasakan kebersamaan yang selama bulan suci ini.

 

 

 

Nyadran (Jawa Tengah)

 

Di hampir seluruh daerah di Jawa Tengah, masyarakat akan menyambut Ramadhan dengan tradisi Nyadran atau mengunjungi makam dengan tujuan menghormati leluhur.

 

Selama Nyadran, orang-orang berkumpul di kuburan untuk membersihkan dan menghiasnya serta berdoa.

 

Tradisi tersebut diyakini dapat mempererat ikatan antara yang masih hidup dan yang sudah meninggal, serta merupakan cara untuk menunjukkan rasa syukur atas berkah yang diterima dari leluhur. 

 

Nyadran juga merupakan waktu untuk reuni keluarga. Karena banyak orang yang pulang ke kampung halaman untuk berpartisipasi dalam tradisi tersebut.

 

 

 

Jelajahi Keragaman Wisata Indonesia Dengan Layanan TRAC

 

Selain beberapa tradisi yang telah disebutkan di atas, sebenarnya masih banyak lagi tradisi unik menjelang puasa yang ada di Indonesia.

 

Jika Sobat TRAC ingin menjelajah untuk merasakan pengalaman dan terlibat pada tradisi-tradisi ini maka cara yang paling nyaman menyambanginya adalah dengan menggunakan rental mobil.

 

Pilihlah rental mobil dari TRAC untuk menemani perjalanan dan menikmati berbagai tradisi unik jelang puasa. Karena telah berpengalaman, TRAC telah dikenal sebagai penyedia layanan rental mobil terpercaya dengan berbagai pilihan armada. 

 

Dengan melakukan rental mobil, Sobat TRAC akan lebih leluasa dan nyaman saat untuk menjelajahi kota tujuan, tentunya bisa disesuaikan dengan agenda yang telah disusun.

 

 

 

Gunakan layanan rental mobil dengan pengemudi sehingga tak perlu repot mengendarai mobil sendiri, terlebih jika tidak terbiasa dengan jalan dan lalu lintas setempat.

 

Tak hanya saat menjelang puasa, rental mobil dari TRAC akan senantiasa menemani Anda untuk menjelajah dan merasakan berbagai tradisi dan upacara unik di Indonesia bahkan di sepanjang tahun.

 

Berencana bepergian dengan banyak orang? Tidak masalah! TRAC juga memiliki jasa sewa bus dengan berbagai ukuran yang mampu menampung hingga 59 penumpang.

 

Sobat TRAC dapat memilih dari bus kecil, sedang, dan besar bahkan beberapa di antaranya bahkan memiliki toilet. 

 

 

 

TRAC juga menawarkan bus mewah dengan fasilitas lengkap, termasuk kursi nyaman dengan sandaran tangan dan kaki, pantry mini, toilet, dan sistem hiburan.

 

Dengan pengemudi profesional yang berpengetahuan luas tentang daerah setempat, Sobat TRAC dapat duduk santai dan menikmati perjalanan Anda dengan bercengkrama bersama orang-orang tersayang.

 

Keselamatan adalah prioritas utama di TRAC, dan semua armada dilengkapi dengan perangkat keamanan dan dilindungi oleh asuransi. Hal ini tentu akan membuat Sobat TRAC lebih tenang dalam perjalanan. 

 

Jadi, ayo ajak keluarga besar dan kolega untuk menjelajahi berbagai tradisi dan keunikan yang akan digelar jelang puasa. Lakukan reservasi rental mobil atau sewa bus dengan TRAC sekarang juga!

 

Untuk kemudahan pemesanan, Sobat TRAC bisa lakukan lewat aplikasi TRACtoGo. Segera install aplikasi TRACtoGo di Google Playstore maupun Apple App Store. Dan dapatkan berbagai promo menarik di dalamnya.

 

Oh iya, untuk informasi terkini, jangan lupa follow media sosial TRAC melalui instagram @trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter @TRACastra.

 

Kemanapun treknya, pakai TRAC aja!

 

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp