https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-76-TRAC - Artikel Web Desember-03 banner.jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-76-TRAC - Artikel Web Desember-03 banner.jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-76-TRAC - Artikel Web Desember-03 banner.jpg

Travel

Menikmati yang Bersejarah di Malang

10 Desember 2019

Share

Malang menawarkan atraksi sarat sejarah yang menyenangkan untuk ditelusuri, terutama saat libur akhir tahun bersama keluarga dengan naik sewa mobil menggunakan jasa pengemudi yang lebih menguasai jalanan kota, di samping alasan kenyamanan. Untuk menikmati wisata sejarah di Malang, manfaatkan layanan sewa mobil milik TRAC yang menawarkan layanan pengemudi, dengan pilihan paket sewa empat atau 12 jam yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. 

 

Inilah beberapa tempat wisata sejarah pilihan di Malang yang menawarkan kemudahan akses dari pusat kota. 

 

 

Tugu Kemerdekaan Malang

Disebut juga Tugu Balai Kota karena berada di seberang Balai Kota Malang, tugu ini dibuat sebagai simbol Malang yang bebas dari pendudukan Belanda. Ketika Agresi Militer Belanda pada 1947, tugu dan Balai Kota ini ikut hancur. Setelah Belanda meninggalkan Indonesia, barulah tugu kembali dibangun dan diresmikan Presiden Sukarno pada 20 Mei 1953. Landmark kota Malang yang dikelilingi taman dan kolam bunga ini tak hanya cantik, namun juga menyimbolkan tanggal proklamasi kemerdekaan. Pilar-pilar penyangga yang menyusunnya terdiri 17, 8, dan 45  buah. Di pagi hari Anda dapat jogging di sini sambil menghirup udara segar. 

 

 

Ijen Boulevard

Diakui sebagai salah satu jalanan tercantik di Malang, buah karya arsitek Herman Thomas Karsten dari Belanda ini berupa jalan kembar dengan taman pembatas yang juga diperindah dengan deretan pohon palem. Merupakan kawasan perumahan mewah bagi pejabat Hindia Belanda yang bertugas di Malang, rumah-rumah di sini dibangun dengan konsep vila satu lantai dengan langit-langit tinggi, yang disesuaikan dengan hawa sejuk Malang. Rumah tipe ini masih dapat ditemukan di sepanjang Jalan Ijen dan Jalan Pahlawan TRIP. Jangan lewatkan juga Gereja Ijen yang bergaya Neo Gothik dan dibangun pada 1934 dan disarankan berkunjung ke sini di Minggu pagi ketika jalanan tertutup dari pukul 05:30 hingga 10:00 untuk Hari Bebas Kendaraan mulai. 

 

 

Klenteng Eng An Kiong

Keunikan klenteng tertua di Malang ini adalah fungsinya sebagai tempat ibadah tiga ajaran, yaitu Kong Hu Cu, Tao, dan Buddha. Berlokasi di Jalan Martadinata, Klenteng Eng An Kiong dibangun pada 1825 atas ide Liutenant Kwee Sam Hway, keturunan ketujuh seorang jenderal di masa Dinasi Ming yang kemudian melarikan diri ke Indonesia saat mendapat tekanan dari penguasa Dinasti Jing. Klenteng ini menggabungkan arsitektur Tiongkok dan Eropa. Tak hanya ramai dikunjungi ketika Imlek dan Cap Go Meh, Klenteng Eng An Kiong pun rutin menggelar ritual upacara Sedekah Bumi atau sembahyang kepada leluhur yang digelar setiap bulan tujuh di tanggal 15 kalender lunar. Sedekah Bumi juga merupakan ajang untuk membagikan bahan-bahan kebutuhan pokok kepada pengunjung, tidak terbatas untuk umat yang berdoa. 

 

 

Kampoeng Heritage Kayutangan

Berada di sepanjang Jalan Basuki Rahmat Gang IV, kampung yang pernah disebut dalam Kitab Paraton yang berisi sejarah raja-raja Singosari dan Majapahit ini konon merupakan tempat Akuwu Tunggul Ametung saat memburu Ken Arok. Semasa kolonial Belanda, kawasan ini dijadikan area pemukiman yang hingga kini bangunan-bangunannya masih terjaga. Sekitar 1920-1940, mulailah dibangun rumah-rumah model atap pelana atau yang disebut rumah jengki. Kini, desa wisata ini dibuka untuk umum bagi yang ingin melihat sekitar 25 rumah kuno. Dikenakan biaya masuk Rp5.000, pengunjung akan mendapatkan peta wisata Kayutangan dan kartu pos bergambar bangunan lawas. Sedangkan untuk memasuki rumah bersejarah akan dikenakan biaya tambahan Rp10.000. 

 

 

Berkeliling Malang, manfaatkanlah layanan sewa mobil dengan pengemudi agar perjalanan lebih santai karena Anda akan ditemani tenaga profesional yang telah mengenal medan dengan baik. TRAC yang menawarkan layanan sewa mobil di 28 kota di Indonesia, termasuk Malang, dapat menjadi pilihan karena kemudahan pemesanan dan jaminan penyediaan mobil pengganti bila terjadi masalah selama penyewaan.

 

Untuk kemudahan melakukan reservasi, unduh dan instal aplikasi TRACtoGo di Google Play Store dan Apple App Store. Dapatkan juga berbagai promo dan penawaran terbaik hanya di aplikasi keren ini. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi Customer Assistance Center TRAC melalui nomor telepon 1500009 atau mengirimkan email ke rco.nasional@trac.astra.co.id.

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp