https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/wisata%20karimun%20jawa%20--9%20september.jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/wisata%20karimun%20jawa%20--9%20september.jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/wisata%20karimun%20jawa%20--9%20september.jpg

Travel

Menjelajah Keindahan Karimunjawa

08 September 2019

Share

Terletak di utara Pulau Jawa, atau tepatnya di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, kepulauan yang telah ditetapkan sebagai taman nasional ini dengan mudah dapat diakses dari Jepara. Jepara sendiri dapat ditempuh dari Semarang selama sekitar dua jam.

 

Pintu gerbang menuju Karimunjawa adalah Pelabuhan Kartini Jepara, di mana di sini tersedia kapal cepat (Bahari Express) selama dua jam atau kapal lambat (KMP Siginjai) selama 4,5 jam. Kapal dari Pelabuhan Jepara ke Karimunjawa dan sebaliknya ini tersedia setiap hari kecuali Minggu. Karena merupakan kepulauan yang memerlukan akses laut, pastikan Anda merencanakan perjalanan di bulan-bulan terbaiknya, yaitu mulai April hingga Oktober, ketika sedang musim kemarau, agar puas menjelajahi 27 pulau yang ada.

 

Biasanya, wisatawan akan berkunjung ke Pulau Menjangan Kecil untuk snorkeling maupun berfoto di ayunan ikonik yang terapung di pantainya. Pulau Cemara Besar dengan hamparan pasir putihnya menawarkan lokasi piknik dan dan Pulau Gosong Seloka yang merupakan hamparan pasir putih di tengah laut pun biasanya dimasukkan dalam jadwal kunjung. Pilihan aktivitas lainnya adalah menjelajah hutan bakau di Desa Kemujan, lalu mampir ke gardu pandang di tengah hutan, sebelum menuju Pantai Ujung Gelam untuk menikmati pemandangan matahari terbenam. Akomodasi di sini pun telah tersedia dalam beragam konsep dan dapat dipilih sesuai kebutuhan dan bujet masing-masing.

 

 

Rencanakan Perjalanan

Untuk memudahkan perjalanan, sebaiknya telah memesan rental mobil dengan pengemudi beberapa hari sebelumya agar dijemput di Semarang. Usahakan telah berada di Pelabuhan Kartini Jepara 45 menit sebelum keberangkatan untuk memastikan kapal dapat berangkat sesuai jadwal, berhubung jadwal keberangkatan kapal dapat berubah sewaktu-waktu, tergantung kondisi perairan. Selagi Anda memastikan jadwal kapal, mintalah pengemudi sewa mobil untuk menunggu karena bila ternyata kapal batal berangkat, mobil dapat mengantar ke penginapan terdekat.

 

Sekembalinya dari Karimunjawa, Anda dapat kembali dijemput di pelabuhan untuk langsung menuju Semarang atau menginap semalam di Jepara. Berjuluk Kota Ukir, kota ini pun mennawarkan banyak pantai, air terjun, dan perbukitan asri yang menawan. Sebagai kota kelahiran Kartini, Jepara juga memiliki museum yang memuat berbagai hal tentang pejuan emansipasi wanita ini, selain menamai salah satu pantainya yang berombak tenang dengan nama Kartini.

 

Operator terpercaya seperti TRAC yang menawarkan layanan sewa mobil di 28 kota di Indonesia, termasuk Semarang, dapat menjadi pilihan karena memiliki berbagai penawaran menarik, seperti asuransi perjalanan hingga penyediaan mobil pengganti bila terjadi masalah selama penyewaan. Walau tersedia sewa mobil lepas kunci untuk self-drive, namun hal ini disarankan karena sebaiknya Anda menyewa mobil dengan pengemudi agar dapat bersantai di perjalanan dan menyimpan energi untuk melanjutkan perjalanan naik kapal. Paket sewa mobil dengan pengemudi dari TRAC pun tersedia dalam pilihan durasi empat dan 12 jam, di mana komponen harganya sudah termasuk biaya sewa kendaraan, jasa pengemudi, asuransi perjalanan, bensin, tol, dan bahkan parkir.

 

Untuk kemudahan melakukan reservasi, unduh dan instal aplikasi TRACtoGo di Google Play Store dan Apple App Store. Dapatkan juga berbagai promo dan penawaran terbaik hanya di aplikasi keren ini. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi Customer Assistance Center TRAC melalui nomor telepon 1500009 atau mengirimkan email ke rco.nasional@trac.astra.co.id.

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp