https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/detail-artikel--9%20agustus.jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/detail-artikel--9%20agustus.jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/detail-artikel--9%20agustus.jpg

Travel

Menjelajahi Pesona Kuliner Medan

08 Agustus 2019

Share

Surga kuliner, begitulah Medan dijuluki. Saking banyaknya pilihan tempat makan yang mesti disinggahi, siapa pun yang ke kota ini, terlebih bila waktu mereka terbatas, harus membuat strategi agar dapat mencicipi beberapa pesona kuliner sekaligus. Kami sarankan untuk sewa mobil dengan pengemudi dari operator terpercaya agar perjalanan lebih nyaman dan terencana, sehingga waktu dapat digunakan sebaik mungkin untuk mengunjungi setidaknya lima tempat makan berikut.

 

Kari Bihun Tabona

Beroperasi sejak 1983, bagi warga setempat, warung bihun kari ini menjadi tempat favorit untuk sarapan. Kari encer yang membasahi bihun dan potongan daging bebek serta kentang ini memang hidangan sarapan hangat yang sulit untuk ditolak. Oleh karena itu, pagi dan jam makan siang selalu menjadi waktu teramai di warung makan ini. Tak heran namanya menggunakan kata “tabo” karena kata tersebut dalam bahasa Batak berarti enak. (Jalan Mangkubumi No. 17, T: 061-453 6952, buka pukul 07:00-17:00)

 

Bihun Bebek Asie Kumango

 Sejumlah kuliner ikonik di Kota Melayu Deli (sebutan untuk Medan) yang terkenal telah memiliki pelanggan fanatik selama puluhan tahun. Beberapa menjadi legendaris berkat rasanya yang konsisten, walau tempat makannya tidak mengalami perubahan yang signifikan. Sederhana namun tetap mengedepankan kualitas, itulah Bihun Bebek Asie Kumango yang beroperasi sejak 1930. Menghidangkan jenis kuah yang diolah dari daging bebek dengan aneka rempah herbal, seperti tongkui (sejenis gingseng), tongsem (semacam akar mirip ginseng), kici (gory berry), atau angco (kurma merah), bihun bebek di sini dihidangkan bersama rebusan sawi hijau, bawang goreng, daun bawang, serta sedikit siraman minyak wijen sebagai penambah aroma. (Jalan Kumango No. 15, Kesawan, T: 061-451 2517, buka pukul 07:00-11:00 Senin hingga Sabtu, Minggu tutup)

 

Kedai Kopi Apek

Satu lagi tempat sarapan favorit warga Medan adalah Kedai Kopi Apek. Buku pukul 06:00 setiap harinya, tempat ini terdiri meja-meja kayu bundar dengan gantungan hiasan kalender kuno Tiongkok. Kedai Kopi ini pertama beroperasi pada 1923, di mana namanya diambil dari nama anak Thia A Kee dan Khi Liang Kiao. Bubuk kopi yang digunakan adalah dari Sidikalang dan diracik secara manual sebagai pendamping roti panggang dengan selai srikaya dan telur ayam kampung setengah matang, atau bakmi dan kwetiau goreng. (Jalan Hindu No. 11, Kesawan, buka pukul 06:00-14:00 (Senin-Sabtu), 06:00-11:30 (Minggu))

 

Soto Kesawan

Masih di kawasan Kesawan, tepatnya di seberang Mansion Tjong A Fie yang menjadi atraksi wisata andalan Medan, rumah makan soto khas Medan ini menghadirkan isi soto yang melimpah. Tak hanya suwiran daging sapi, tapi juga ada udang, paru, dan jeroan lainnya. Terdapat pula pilihan soto ayam bagi yang tidak makan daging merah. Soto berkuah santan ini tidak sekental kuah soto Betawi dan disajikan dengan sambal cabai hijau yang dicampur kecap manis dengan bawang goreng. (Jalan Ahmad Yani, Kesawan, T: 061-451 4518, buka pukul 08:00-14:00 Senin hingga Sabtu, Minggu tutup)

 

 

Ucok Durian

Tak hanya orang Medan saja yang familiar dengan tempat ini, namun orang luar Medan pun jika sedang berada di kota ini hampir selalu berkunjung ke sini. Mengusung konsep makan durian di tempat dengan nyaman, Ucok Durian pun menyediakan aneka olahan durian, seperti pancake dan es krim. Untuk oleh-oleh pun Ucok Durian menyediakan durian kupas dengan packaging khusus yang baunya tidak akan tercium. (Jalan K. H. Wahid Hasyim No. 32-34)

 

Agar waktu lebih efisien, manfaatkan sewa mobil dengan pengemudi dari operator terpercaya seperti TRAC, yang tersedia di 28 kota di Indonesia, termasuk Medan. Terlebih TRAC sedang menawarkan promo sewa mobil Toyota Avanza mulai Rp 500.000 dan Toyota Alphard mulai Rp 950.000 dengan pengemudi untuk pemakaian 10 jam dengan termasuk biaya sewa kendaraan, pengemudi, asuransi, bensin, dan bahkan uang tol dan parkir. Penawaran istimewa ini berlaku untuk pemesanan sepanjang Agustus 2019, namun periode pemakaiannya berlaku hingga September 2019. Tak hanya di Medan, promosi menarik ini juga tersedia di Jakarta, Bandung, dan Surabaya bagi para wisatawan.  

 

Untuk kemudahan melakukan reservasi, unduh dan instal aplikasi TRACtoGo di Google Play Store dan Apple App Store. Dapatkan juga berbagai promo dan penawaran terbaik hanya di aplikasi keren ini. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi Customer Assistance Center TRAC melalui nomor telepon 1500009 atau mengirimkan email ke rco.nasional@trac.astra.co.id.

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp