https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/thumbnail-292-02 Merangkai pantai, rekomendasi wisata di Garut Selatan  (1).jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/thumbnail-292-02 Merangkai pantai, rekomendasi wisata di Garut Selatan  (1).jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/thumbnail-292-02 Merangkai pantai, rekomendasi wisata di Garut Selatan  (1).jpg

Travel

Merangkai Pantai, Rekomendasi Wisata di Garut Selatan

18 Mei 2022

Share

Sejak jaman kolonial dahulu Garut dikenal sebagai Swiss van Java. Konon katanya, nama ini disematkan oleh selebriti dunia Charlie Chaplin yang terkesima dengan keasrian dataran tinggi Garut. Jangan salah, potensi wisata Garut tak sebatas kawasan dingin. Arahkan perjalanan ke Garut selatan dan bersiaplah terpukau dengan untaian Pantai Indah yang akan memukau Anda.

 

Garut memiliki setidaknya 65 km garis pantai yang terbentang dari Pantai Sancang hingga Pantai Ranca Buaya. Terdapat belasan pantai yang bisa disinggahi sepanjang jalur tersebut, sebut saja Pantai Cijeruk, Karang Paranje, Santolo, Sayang Heulang, Manalu, Cicalobak dan beberapa pantai kecill lainnya.

 

Tak perlu memaksakan diri untuk menyambangi seluruh pantai yang ada. Anda bisa menikmati satu atau dua pantai di sekali waktu dan menikmati pantai lain saat kunjungan selanjutnya. Berikut rekomendasi 3 pantai di Garut Selatan ala TRAC.

 

3 Rekomendasi pantai di Garut selatan

 

1. Pantai Santolo, Primadonanya Pantai di Garut Selatan

Dari deretan pantai yang ada, Santolo seolah menjadi pusatnya hal ini tentu juga dipengaruhi letaknya yang tak jauh dari jalur utama. Hamparan pasir pantai dan deburan ombak khas laut selatan akan menyambut siapapun yang datang. Jangan lupa mampir ke sisa dermaga Santolo yang dulu terkenal dengan Cilauteureun, di sini Anda bisa melihat air laut terhenti dan bertemu air tawar yang mengalir dari muara.

 

Fasilitas di Pantai Santolo juga bisa dibilang sebagai yang paling lengkap di sepanjang sisi Selatan Garut. Anda tak akan sulit menemukan penginapan, rumah makan dan penjual cinderamata di kawasan Ini.

 

2. Pantai Taman Manalusu

Tak sampai 30 menit berkendara ke arah barat sekitar 13 km dari Pantai Santolo, Anda akan tiba di Pantai Taman Manalusu. Tak hanya pemandangan yang indah di permukaan, Pantai Taman Manalusu juga terkenal dengan keindahan perairannya. Di kedalaman tertentu Anda dapat menemukan bermacam biota laut yang memukau bahkan beberapa macam ikan hias terlihat berenang riang di perairan dangkal. Jika tak sempat menikmati keindahan bawah permukaan air, Anda tetap bisa merasakan keindahan pantai ini dengan beraktivitas ditepiannya.

 

 

3. Pesta seafood ala Garut selatan di Pantai Rancabuaya

Tenang saja, meski namanya memiliki arti “kubangan buaya”, Anda tak akan menemukan hewan tersebut di Pantai Rancabuaya. Yang pasti Anda temukan di pantai ini selain deburan ombak adalah jejeran warung makan yang menjual berbagai olahan boga bahari alias seafood. Lokasinya yang tak jauh dari perkampungan nelayan, membuat Anda tak akan kesulitan untuk mendapatkan seafood segar.

 

Pantai Rancabuaya terletak berada di ujung barat Kabupaten Garut, dan dapat diakses melalui Pameungpeuk maupun jalur Bandung Selatan. Jika Anda berangkat dari Garut kota arahkan perjalanan ke Pameungpeuk lalu menyusuri tepian garis pantai Garut selatan. Opsi lain adalah melalui jalur Bandung Selatan ke arah Cidaun dengan kondisi jalan yang cukup menantang.

 

Perjalanan menuju sisi selatan dapat ditempuh sekitar 3-4 jam dari alun-alun Garut, diperlukan stamina dan kemampuan berkendara yang andal untuk menjangkau tempat ini. Di beberapa tempat Anda akan menemukan jalan berliku yang sempit serta kontur tanah yang mendaki dan menurun. Manfaatkan layanan rental mobil untuk mendukung perjalanan Anda, dan nikmati destinasi wisata dengan orang tercinta tanpa rasa lelah.

 

Deretan pantai di Garut Selatan juga bisa menjadi opsi destinasi liburan bersama dengan teman dan keluarga. Jika Anda bepergian bersama banyak orang, sebaiknya gunakan moda transportasi bus agar tetap terasa kebersamaannya. Selain rental mobil, TRAC juga memiliki layanan sewa bus dengan berbagai kapasitas.

 

Untuk kemudahan melakukan reservasi, unduh dan instal aplikasi TRACtoGo di Google Play Store dan Apple App Store. Dapatkan juga berbagai promo dan penawaran terbaik hanya di aplikasi keren ini. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi Customer Assistance Center TRAC melalui nomor telepon 1500009 atau mengirimkan email ke rco.nasional@trac.astra.co.id.

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp