04 Mlaku-mlaku nang Surabaya, xx Rekomendasi Kuliner Surabaya (2).jpg
04 Mlaku-mlaku nang Surabaya, xx Rekomendasi Kuliner Surabaya (2).jpg
04 Mlaku-mlaku nang Surabaya, xx Rekomendasi Kuliner Surabaya (2).jpg

Travel

Mlaku-mlaku nang Surabaya, 7 Rekomendasi Kuliner Surabaya

19 Oktober 2022

Share

Dikenal sebagai Kota Pahlawan, Surabaya sarat dengan Wisata Sejarah, selain itu Ibu Kota Jawa Timur ini pun kerap menjadi tujuan perjalanan bisnis. Tak sampai di sana, Surabaya juga juga menyimpan potensi wisata kuliner yang tak akan habis diulik dalam sehari bahkan dari pagi hingga tengah malam sekalipun.

 

TRAC merangkum 7 rekomendasi kuliner Surabaya yang bisa dijadikan pilihan saat Anda melakukan business trip maupun sekadar mengunjungi kota ini untuk berwisata.


 

 

7 Rekomendasi Kuliner Surabaya ala TRAC


 

1. Nasi Cumi Pasar Atom dan Cakue Peneleh, cocok jadi pembuka hari

Berawal dari sebuah warung tenda, kini Nasi Cumi Bu Atun atau yang dikenal dengan Nasi Cumi Pasar Atom telah menempati lokasi yang lebih nyaman. Warung ini buka 24 Jam sehingga dapat Anda nikmati kapan pun. Seporsi Nasi Cumi Komplit terdiri dari nasi putih, cumi bumbu hitam, empal, telor, babat, usus, paru serta peyek udang dan taburan serundeng kelapa.

 

Tak lengkap rasanya bila tak mampir membeli Cakue Peneleh di dalam Pasar Atom. Cemilan legendaris ini telah ada sejak tahun 1988, menjual cakue dan aneka kue lainnya. Buka pukul 10 pagi, Cakue Peneleh cocok untuk cemilan menjelang makan siang.


 

 

2. Lontong Kupang Bu Wito, Legendanya Lontong Kupang Surabaya

Secara sederhana kupang adalah kerang kecil yang banyak terdapat di pesisir Surabaya oleh karena itu tak sulit menemukan lontong kupang di kota ini. Salah satu lontong kupang yang digadang sebagai yang terbaik adalah Lontong Kupang Bu Wito yang buka sejak tahun 1980-an. Kupang yang diolah sedemikian rupa dan dimasak menggunakan kuah ini kemudian disiram ke atas potongan lontong. Rasanya gurih, manis dan segar. Anda juga bisa menambah perasan jeruk nipis, sambal hingga melengkapinya dengan sate kerang.


 

3. Sate Klopo Ondomohen Bu Asih, kesukaan para influencer

Meski namanya sate klopo bukan berarti kelapa yang dijadikan sate ya! Sate Klopo umumnya berbahan dasar daging ayam maupun daging sapi yang dibalut bumbu kelapa dan disajikan dengan bumbu kacang. Anda juga bisa meminta taburan serundeng kelapa jika memang suka. Rekomendasi untuk sajian ini adalah Warung Sate Klopo Ondomohen Bu Asih. Selain opsi daging sapi dan Ayam di sini juga menjual sate sapi lemak, sate sumsum dan sate usus. Nikmat!


 

 

4. Bebek Sinjay, tak harus langsung ke Madura

JIka Anda memiliki waktu luang, Anda bisa menyebrang ke Pulau Madura dan menikmati seporsi Bebek Sinjay yang tersohor. Namun jika waktu Anda terbatas, ada banyak cabang Bebek Sinjay yang bisa Anda sambangi di Surabaya seperti yang berlokasi di Jalan Dharmahusada, Jalan A. Yani, Jalan Tidar dan beberapa lokasi lainnya. Sepiring nasi panas ditemani sepotong bebek lezat lengkap dengan serudeng serta sambal mangga tentu tak bisa ditolak begitu saja.


 

5. Kota Lama Coffee, cocok juga untuk bekerja

Datanglah ke sini di sore hari untuk menikmati secangkir kopi susu sambil melihat lalu-lalang orang di ujung jalan Embong Malang. Bagi Anda yang melakukan perjalanan bisnis ke Surabaya, tempat ini cocok untuk “membawa” pekerjaan Anda keluar kamar hotel. Suasana yang klasik dan sajian yang nikmat dijamin ampuh untuk meningkatkan mood Anda. 


 

 

6. Sego Sambel Mak Yeye 

Terkenal dengan kuliner pedas, tentu tak lengkap bila berkunjung ke Surabaya tanpa mampir ke kedai yang satu ini. Menu andalan di sini adalah sambelan iwak pe atau ikan pari asap yang diguyur sambal menggoda. Buka pukul 9 malam hingga 4 pagi, namun jangan harap Anda bisa mendapatkan iwak pe jika datang di atas jam 10 malam. 


 

7. Nasi Babat Pegirian

Satu lagi rekomendasi sajian malam di Surabaya, kali ini cocok bagi Anda yang suka makan jeroan sapi. Selain sajian babat, usus dan makanan lain, yang unik dari warung ini adalah nasi yang digunakan adalah nasi jagung. Bagi Anda yang tak memakan jeroan, ada pula pilihan nasi ikan dan nasi telur yang tak kalah lezat. Warung ini buka mulai pukul 5 sore hingga 1 dini hari dan berlokasi di kawasan Ampel yang menjadi Kampung Arab di Surabaya.


 

Surabaya merupakan kota yang besar, lokasi kuliner andalannya pun cukup terpencar di segala penjuru kota. Anda tentu memerlukan dukungan transportasi yang mumpuni saat berwisata kuliner terutama di tengah perjalanan bisnis dengan waktu yang terbatas. Untuk itu, layanan rental mobil dari TRAC dapat menjadi pilihan tepat bagi Anda yang akan bertualang di Surabaya. 

 

TRAC menyediakan berbagai jenis armada sesuai dengan kebutuhan Anda mulai dari city carMinivan hingga SUV untuk mendukung segala kebutuhan transportasi Anda. Gunakan lag layanan rental mobil dengan pengemudi agar perjalanan Anda semakin nyaman. Anda tak perlu membuang waktu memikirkan rute jalan serta mencari parkir. Semuanya bisa Anda serahkan kepada pengemudi dari TRAC yang telah berpengalaman.

 

Tak sulit melakukan reservasi layanan rental mobil dari TRAC, Anda hanya perlu menggunakan aplikasi TRACtoGo yang dapat diunduh di Google Playstore maupun di Apple App Store. Selain itu, bisa juga menyambangi kantor TRAC Wonorejo Surabaya maupun cabang yang ada di kota Anda. 

 

Jangan lupa follow media sosial TRAC untuk informasi terkini baik melalui instagram trac_astra, facebook @TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter @TRACastra. Jika memerlukan informasi tambahan Anda bisa menghubungi Customer Assistance Center di 1500009 maupun mengirimkan email ke rco.nasional@trac.astra.co.id

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp