Nusa Penida Bali, Pulau Indah yang Punya Banyak Keistimewaan
Nusa Penida Bali, Pulau Indah yang Punya Banyak Keistimewaan
Nusa Penida Bali, Pulau Indah yang Punya Banyak Keistimewaan

Travel

Nusa Penida Bali, Pulau Indah yang Punya Banyak Keistimewaan

19 September 2023

Share

Sobat TRAC pasti setuju kalau Bali merupakan destinasi impian banyak wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Hamparan pantai yang indah, hutan dan lembah yang memukau, serta seni dan budayanya mampu menyedot perhatian pengunjung dari berbagai belahan dunia. 

 

Keindahan Bali tak hanya terletak di pulau utamanya saja. Banyak pulau kecil yang jadi permata tersembunyi yang siap dieksplorasi, salah satunya Nusa Penida.

 

Percaya atau tidak, pulau kecil ini adalah surga tersendiri, dengan pantai-pantai yang menakjubkan, air laut yang jernih, dan serta kehidupan didasarnya yang memesona. 

 

Sobat TRAC yang mencari petualangan baru, Nusa Penida akan menawarkan kejutan di setiap sudutnya. Rencanakan perjalanan sobat untuk mengungkap keindahan tersembunyi di pulau ini. Tapi sebelum kesana, simak beberapa informasi ini dulu, sob.

 

 

 

5 Fakta tentang Nusa Penida 

 

Destinasi Istimewa yang Baru Terungakap 

 

Sobat TRAC pasti sudah sangat familiar dengan banyak pantai di Bali, namun Nusa Penida menyimpan rahasianya dengan cukup baik. Berada diantara Bali dan Lombok yang jadi ikon pariwisata Indonesia, Nusa Penida baru dikenal luas sekitar tahun 2019 lalu. 

 

Meski lebih dekat dengan Bali, namun pulau ini memiliki pesona dan daya tariknya sendiri. Nusa Penida bisa menjadi pilihan jika sobat mencari tempat peristirahatan yang lebih tenang dan tidak begitu komersil. Tempat ini menawarkan pengalaman otentik menikmati kehidupan pulau di Indonesia.

 

Kekayaan Laut Nusa Penida

 

Nusa Penida adalah mimpi indah bagi para penyelam. Ekosistem laut di sini benar-benar memukau dengan keindahan menjadi bukti kekayaan alam pulau ini.

 

 

 

Salah satu spot penyelaman yang cukup populer adalah Manta Bay. Dari titik ini, sobat bisa bertemu dengan pari manta yang anggun. Ada juga Crystal Bay dengan air yang sangat jernih dan jadi tempat  ideal untuk snorkelling.

 

Selain itu, Buddha Bay memiliki patung Buddha bawah air yang akan memberikan sentuhan mistis pada pengalaman menyelam. Khusus buat sobat yang sudah berpengalaman dengan kegiatan menyelam, maka situs penyelaman seperti Penida Bay, Manta Point, dan Malibu Point tentu tak boleh dilewatkan.

 

Budaya dan Nilai Warga Lokal

 

Komunitas lokal di sini sangat melindungi Nusa Penida sebagai rumah mereka. Penduduk setempat memiliki kesadaran yang sangat tinggi untuk menjaga keindahan sekaligus memberikan keamanan dan kenyamanan kepada para pengunjung.

 

Para wisatawan diajak untuk menjelajahi rumput laut Spinosum yang langka, komoditas yang banyak ditemukan disini. Rumput laut ini tidak hanya berfungsi sebagai komoditas perdagangan tapi juga sebagai sumber makanan bergizi bagi penduduk setempat. 

 

 

 

Selain kekayaan alamnya, Nusa Penida juga kaya dengan nilai spiritual. Disana, terdapat Pura Penataran Agung Ped yang jadi tujuan wisata religi dan dikunjungi banyak umat setiap bulannya. Rumah ibadah ini sangat dihormati dan merupakan tempat penting bagi penganut agama Hindu di Bali.

 

Akses Menuju Nusa Penida

 

Sobat TRAC bisa dengan mudah menemukan layanan kapal cepat yang akan mengantar dari Pulau Bali menuju Nusa Penida. Kapal-kapal ini akan berangkat dari pelabuhan Sanur atau pelabuhan Kusamba yang berada di dekat Padang Bai.

 

Perjalanan umumnya akan ditempuh sekitar 40 menit dari Sanur dan 20 menit jika dari Kusamba. Terdapat banyak jadwal keberangkatan kapal setiap harinya. Hal itu tentu memberikan banyak opsi bagi jika sobat ingin mengarungi Nusa Penida. 

 

Kenyamanan dan keamanan selama perjalanan menjadi perhatian para operator kapal. Setiap kapal dilengkapi dengan jaket pelampung dan dilakukan perawatan berkala dengan standar tinggi. 

 

 

 

Kapal akan merapat di  pelabuhan-pelabuhan populer di Nusa Penida termasuk Banjar Nyuh, Sampalan, dan Buyuk. Sobat TRAC disarankan untuk memesan tiket kapal terlebih dahulu agar tak kehabisan jadwal, terutama saat musim liburan atau saat ada upacara lokal yang sedang berlangsung.

 

Spot Cantik Nusa Penida

 

Kecantikan alami Nusa Penida yang masih terjaga menjadi tantangan tersendiri untuk menjelajahinya. Kontur pulau ini bergelombang dengan infrastruktur jalan seadanya.

 

Dengan ketinggian puncak mencapai 524 mdpl, Nusa Penida menyajikan lanskap yang begitu memanjakan mata. Beberapa destinasi yang wajib dikunjungi diantaranya Pantai Kelingking, Pantai Broken, Angel Billabong, dan Air Terjun Peguyangan.

 

Jelajah Keindahan Bali dengan Rental Mobil TRAC

 

Rencanakan petualangan ke Nusa Penida segera, sob. Sobat bisa memulai perjalanan dengan lebih dahulu menjelajahi keindahan Pulau Bali. Menikmati panorama hijau di Ubud, pantai yang tenang di Seminyak, serta kekayaan budaya dari Pura Uluwatu.

 

 

 

Ingin menjelajah Bali dengan kendaraan ramah lingkungan? Layanan rental mobil Bali dari TRAC menawarkan opsi Kendaraan Listrik/ Electric Vehicle (EV), seperti CMOS EV, C+pod EV, dan seri Prius yang populer.

 

Diskon Spesial Hari Pelanggan Rental Mobil Dan Sewa Bus TRAC

 

Tak hanya itu, TRAC juga memiliki banyak pilihan kendaraan lainnya, mulai dari mobil kecil hingga mobil besar yang siap digunakan sesuai kebutuhan.

 

Untuk kemudahan pemesanan, Sobat TRAC bisa lakukan lewat aplikasi TRACtoGo. Segera install aplikasi TRACtoGo di Google Playstore maupun Apple App Store. Jangan lupa registrasi membership untuk menikmati beragam kemudahan layanan TRAC.

 

Oh iya, untuk informasi terkini, jangan lupa follow media sosial TRAC melalui instagram @trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter @TRACastra.

 

Kemanapun treknya, pakai TRAC aja!

 

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp