https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/Artikel-TRAC-Website---Oktober-2019_18-10-10%20--%2018%20oktober%20.png
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/Artikel-TRAC-Website---Oktober-2019_18-10-10%20--%2018%20oktober%20.png
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/Artikel-TRAC-Website---Oktober-2019_18-10-10%20--%2018%20oktober%20.png

Travel

Pacitan, Indah Bertabur Pantai dan Gua

17 Oktober 2019

Share

Setidaknya ada 65 pantai di Pacitan yang berada di tepi Samudera Hindia. Perut bumi di kawasan ini pun menyimpan kekayaan alam melalui belasan gua berhiaskan lekuk-lekuk stalaktit dan stalagmit, selain jejak peradaban manusia prasejarah. Bingung menjelajahi yang mana dulu?

 

Mungkin perencanaan perjalanan ke Pacitan dapat diawali dengan sewa mobil dari operator terpercaya seperti TRAC yang memiliki jaringan di Yogyakarta dan Solo. Anda dapat memilih menuju Pacitan dari salah satu kota tersebut dengan sewa mobil bersama pengemudi selama sekitar tiga jam. Sewa mobil dengan pengemudi dari TRAC memberlakukan sistem satu harga yang termasuk sewa kendaraan, jasa pengemudi, bensin, asuransi, tol, dan bahkan parkir.

 

Jika hanya ingin berkunjung ke Pacitan dengan day trip dari Yogyakarta atau Solo, tersedia paket sewa mobil dengan pengemudi untuk pemakaian per 12 jam. Sedangkan jika ingin puas menjelajah Pacitan, disarankan untuk sewa mobil lepas kunci harian agar bebas menyetir ke berbagai pantai dan gua menakjubkan sebagai berikut.

 

 

Pantai Klayar

Berpasir putih, berombak besar, dan dikelilingi bukit batu yang megah, reputasi pantai ini semakin menanjak ketika penyanyi Didi Kempot merilis lagu berjudul Pantai Klayar pada 2017. Dilengkapi warung makan, tempat bilas, mushala, penyewaan ATV untuk keliling pantai, menurut warga setempat semburan air laut yang melewati celah tebing di sini terdengar seperti seruling.   

 

 

Pantai Teleng Ria

Awalnya menyatu dengan Pantai Tamperan, pantai ini pun kemudian terpisah, sehingga dinamai Teleng yang dalam bahasa Jawa berarti pemisah. Tak seperti pantai-pantai lain di Pacitan yang berombak besar, pantai ini berair tenang berkat terlindung oleh Pegunungan Limo. Kawasan ini juga memiliki beragam akomodasi, dari tipe pondok sehingga resor pantai. Berkunjung ke Teleng Ria juga dapat sekaligus mampir ke Kampung Cemara yang menyediakan deretan pohon cemara yang eksotis sebagai latar berfoto.

 

 

Pantai Srau

Pantai minim pengunjung ini selain dihiasi deretan pohon kelapa, juga diseraki batu karang. Saking luasnya, pengunjung sampai memberi nama lain untuk sisi pantai yang berbeda, yaitu Pantai Srau 2 atau yang kemudian lebih sering disebut Pantai Wayang. Pantai ini sekilas mirip Broken Beach di Nusa Penida karena keberadaan karang besar yang berlubang di tengahnya.

 

 

Pantai Banyu Tibo

Di sini, pengunjung dapat menikmati pantai dan air terjun sekaligus. Namanya pun mendeskripsikan air terjun dalam bahasa Jawa. Konon, air terjun ini tak pernah kering, sekalipun musim kemarau. Jangan mendekat ke air terjun ketika air laut sedang pasang karena arus air yang dapat menarik tubuh ke tengah laut. Dengan akses terjal yang terhubung dengan anak-anak tangga, di pantai ini warga kerap memancing dari salah satu batu karang yang ada.

 

 

Pantai Karang Bolong

Merupakan tebing batu karang yang berlubang di Dusun Donorejo, pengunjung tak bisa menuruni tebing untuk menuju pantai berombak besar di bawahnya. Walau begitu, tempat ini memang menawarkan spot untuk menikmati pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan.

 

 

Gua Gong

Gua ini akan selalu muncul teratas di mesin pencari jika mengetikkan kata “gua di Pacitan”. Keindahan formasi stalaktit dan stalagmit gua di Desa Bromo ini disebut-sebut sebagai salah satu yang terindah di Asia Tenggara. Pengunjung dapat menyusuri gua sepanjang 236 meter yang jika batunya dipukul ini akan menghasilkan suara seperti gong pada gamelan. Nyaman dijelajahi karena tersedia tangga, pagar pengaman, penerangan, dan kipas angin, stalaktit dan stalagmit di sini pun diberikan nama unik.

 

 

Gua Tabuhan

Gua ini pun memiliki keunikan serupa Gua Gong yang bebatuannya dapat mengeluarkan bunyi seperti gong. Berada di Desa Wareng dan dikelilingi perbukitan kapur, gua ini terdiri dua ruang besar yang salah satunya konon merupakan bekas pertapaan Sentot Prawirodirjo, panglima Perang Diponegoro. Merupakan gua yang juga dihuni manusia purba ribuan tahun lalu, untuk mengetahui sejarah Gua Tabuhan, pengunjung dapat menggunakan jasa pemandu.

 

 

Gua Song Terus

Dari Gua Tabuhan, dapat sekaligus mengunjungi Gua Song Terus yang merupakan situs prasejarah karena di sini ditemukan kerangka manusia purba pada 1999. Rangka tersebut kemudian dinamai Mbah Sayem, karena setelah diteliti, kerangka itu merupakan seorang laki-laki berumur sekitar 40-50 tahun yang ketika meninggal dalam posisi berbaring sambil menggenggam peralatan dari batu dan tulang. Sekitar tiga kilometer dari gua tersebut terdapat Gua Song Keplek yang diperkirakan pernah dihuni ras manusia purba Australomelanesid sekitar 4.500-8.000 tahun lalu.

 

 

Gua Peden

Berada di Dusun Seso, Gua Peden yang belum terlalu populer ini susah-susah gampang untuk dijelajahi. Bersiaplah untuk melihat stalagmit berwarna putih yang kemudian disebut warga sebagai pocong. Belum dikelola secara profesional, pengunjung wajib minta izin penduduk setempat sebelum masuk. Tidak disarankan masuk terlalu dalam ke gua karena oksigen yang menipis.

 

 

Luweng Jaran

Gua ini pertama kali dijelajahi oleh tim ekspedisi asal Australia pada 1987. Namanya sendiri diberikan warga setempat dari dongeng kuno tentang pengelana yang hanyut di dalam gua bersama kuda yang ditungganginya. Luweng Jaran termasuk dari 13 situs geologi di Pacitan yang memiliki sistem perguaan terpanjang di Jawa, dengan jaringan lorong dan sungai bawah tanah.

 

Selain diuntungkan dengan banyaknya pilihan kendaraan, TRAC juga mempermudah pelanggan untuk melakukan pemesanan.

 

Untuk kemudahan melakukan reservasi, unduh dan instal aplikasi TRACtoGo di Google Play Store dan Apple App Store. Dapatkan juga berbagai promo dan penawaran terbaik hanya di aplikasi keren ini. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi Customer Assistance Center TRAC melalui nomor telepon 1500009 atau mengirimkan email ke rco.nasional@trac.astra.co.id.

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp