https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-142-Header-Tgl-24.jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-142-Header-Tgl-24.jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-142-Header-Tgl-24.jpg

Travel

Panorama Cantik Berastagi, Alasan Anda Harus Mengunjungi Tempat Ini

24 November 2020

Share

Jika Anda sedang ada kunjungan bisnis atau memang berlibur ke kota Medan, ada baiknya Anda mampir ke Berastagi. Daerah yang terletak di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, ini memiliki berbagai panorama cantik yang layak untuk Anda nikmati. Apalagi jarak Berastagi dari Kota Medan hanya sekitar 60 km. Tentu tak butuh waktu tempuh yang panjang. Tinggal sewa mobil saja untuk mempermudah perjalanan.

 

Apa saja, sih, yang dapat dilakukan di Berastagi? Jika di Jabodetabek Anda mengenal Bandung sebagai salah satu escape getaway untuk liburan di akhir pekan, maka Berastagi adalah lokasi yang cocok untuk kota Medan. Suasananya pun dingin karena Berastagi berada di ketinggian 1,300 mdpl. Inilah beberapa panorama cantik yang akan Anda dapatkan di Berastagi.

 

Mengunjungi Danau Lau Kawar yang hijau

Danau Lau Kawar (foto: Tibta Nangin / iStockphoto)

Jika Anda sudah puas mengagumi keindahan Danau Toba, ada baiknya Anda mengunjungi juga Danau Lau Kawar di Berastagi. Meski tidak seluas Danau Toba, Danau Lau Kawar yang terletak di kaki Gunung Sinabung ini menawarkan suasana asri yang berbeda. Air danaunya berwarna hijau, serasi rerimbunan hutan di sekitarnya, serta tanah lapang yang dapat dijadikan lokasi camping. Di sana, Anda dapat menghabiskan waktu dengan berenang, memancing, atau sekadar menikmati ketenangan yang ditawarkan. Danau Lau Kawar terletak Desa Kuta Gugung, Kecamatan Naman Teran. Untuk mencapai Danau Lau Kawar, Anda harus menempuh perjalanan sekitar 50 menit dari pusat Berastagi. 

 

Mendaki Gunung Api Sibayak

Gunung Api Sibayak (foto: fbxx / iStockphoto)

Berastagi adalah daerah yang diapit oleh dua gunung api, yaitu Gunung Sinabung dan Gunung Sibayak. Jadi, Anda yang sedang ingin mendaki dengan santai, atau pendaki pemula yang ingin melatih stamina, bisa menjajal trekking di Gunung Sibayak karena jalurnya tidak terlalu sulit untuk dilalui. Meski begitu, Anda akan mendapatkan berbagai keindahan yang memanjakan mata. Mulai dari melihat Berastagi dari ketinggian di Puncak Tapal Kuda yang Indah, berkemah di antara suara gemuruh yang dikenal sebagai Suara Neraka, hingga beristirahat di Pemandian Air Panas Sidebuk-debuk.

 

Mengintip kesegaran Air Terjun Sipiso-piso yang alami

Air Terjun Sipiso-piso (foto: mazzzur / iStockphoto)

Jika Danau Toba disebut-sebut sebagai keindahan Sumatera Utara, maka Air Terjun Sipiso-piso adalah keindahan Sumatera Utara lainnya. Air terjun yang terletak di Kecamatan Merek ini tingginya mencapai 120 meter, dan merupakan salah satu air terjun tertinggi di Indonesia, lho. Air Terjun Sipiso-piso dapat Anda nikmati dari atas maupun dari bawah. Jika Anda cukup puas dengan melihat air terjun yang jatuh ke bawah di sela-sela pepohonan rindang, maka Anda cukup melihatnya dari atas. Akan tetapi, jika Anda ingin turun ke bawah, tak perlu khawatir karena pengelola sudah menyediakan anak tangga yang terdiri dari kurang lebih 500 anak tangga. Memang cukup tinggi, tetapi, sepadan dengan sensasi yang akan ada dapati.

 

Mengunjungi Gereja Saint Fransiskus Asisi yang unik

Gereja Saint Fransiskus Asisi (foto: Alisa Tananaeva / iStockphoto)

Bukan hanya wisata alam, Berastagi juga memiliki wisata religi, yaitu Gereja Saint Fransiskus Asisi yang terletak di Jl. Raya Medan Karo. Apa yang unik dari tempat ibadah umat Kristiani ini adalah arsitekturnya yang benar-benar mengikuti kearifan lokal. Setiap desainnya mencerminkan kebudayaan Suku  Karo. Bahkan, jika melihatnya sekilas, mungkin Anda akan mengiranya sebagai rumah adat. Meski begitu, gereja ini mampu menambung hingga 1000 jemaah. 

 

Berburu kain Uis Gara

Uis Gara, salah satu jenis Uis Karo (foto: Yudintha Ginting / iStockphoto)

Tanah Batak bukan hanya punya kain Ulos, lho. Di Suku Karo juga ada kain tradisional yang disebut dengan Uis. Mirip dengan kain songket, Uis dibuat dengan cara dipintal secara manual. Setelah bahan kain jadi barulah dibuat motif dengan pewarna alami maupun buatan.  Istimewanya, kain yang memiliki arti khusus bagi masyarakat Karo ini umumnya hanya dijual di beberapa daerah Karo saja. Berastagi adalah salah satunya. Uis ini juga banyak jenisnya. Ada Uis Gatip, Uis Padangrusak, Uis Teba, Uis Perembah, dan masih banyak lagi. Masing-masing jenis memiliki corak dan juga fungsi yang berbeda. Jadi, jika Anda ke Berastagi, jangan lewatkan untuk berburu Uis, ya.


 

Itulah beberapa keistimewaan Berastagi yang membuat Anda harus ke sana suatu saat nanti. Selain yang sudah disebutkan di atas, tentu masih banyak lagi spot-spot menarik di Berastagi yang menawarkan keindahan unik. Jika Anda ingin ke Berastagi, Anda dapat menyewa mobil dari Kota Medan. 

 

Gunakan aplikasi TRAC To Go untuk melakukan pemesanan sewa mobil online dari TRAC. Ada banyak variasi unit mobil yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan. Anda juga dapat memilih sendiri apakah ingin sewa mobil saja atau dengan pengemudi. Apabila Anda bepergian dalam rombongan dengan jumlah besar, Anda juga dapat menyewa bus melalui Aplikasi TRAC To Go. Ada berbagai ukuran bus yang bisa Anda pilih, mulai dari small, medium, large, hingga luxury bus. 

 

Aplikasi TRAC To Go baru saja relaunch dengan berbagai pembaharuan yang akan membuat pengalaman booking rental online Anda akan semakin mudah dan menyenangkan. Bukan hanya tampilannya yang lebih fresh, simpel, dan user friendly, aplikasi TRAC To Go versi terbaru juga dilengkapi dengan berbagai fitur canggih. Kini Anda dapat melakukan pembatalan pesanan maupun perpanjangan pesanan melalui aplikasi. Selain itu, melalui fitur Multiple Service Order, Anda dapat booking dua layanan sekaligus dalam satu transaksi. Fitur ini cocok untuk Anda yang datang ke Sumatera Utara melalui jalur udara dan membutuhkan Airport Transfer dan sewa mobil sekaligus untuk mobilitas perjalanan. 

 

Selain fitur-fitur canggih, aplikasi TRAC To Go juga dilengkapi dengan berbagai konten informatif yang mungkin akan bermanfaat untuk perjalanan Anda. Butuh rekomendasi tempat wisata? TRAC To Go punya jawabannya. Jangan lewatkan juga berbagai promo dan penawaran menarik, yang hanya akan Anda dapatkan saat melakukan pemesanan lewat aplikasi TRAC To Go. Jadi, yuk, unduh aplikasi TRAC To Go sekarang melalui Google Play Store dan Apple Play Store. Sekadar info, ada harga spesial yang bisa Anda dapatkan selama periode relaunch aplikasi TRAC To Go.

 

Perjalanan Anda bersama TRAC akan semakin nyaman dengan diberlakukannya protokol TRAC SMART: Sanitized “ Wear a Mask “ Ready to Go! Setiap unit kendaraan TRAC selalu dibersihkan dan disemprot dengan disinfektan setiap sebelum dan sesudah digunakan. Selain itu, setiap pengemudi yang bertugas juga diwajibkan menggunakan masker, sarung tangan, serta dipastikan telah melalui tes kesehatan. Dalam rangka menerapkan physical distancing, TRAC juga memberlakukan pembatasan jumlah penumpang. Dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat ini, tentunya perjalanan Anda akan lebih aman, bukan?

 

Untuk kemudahan melakukan reservasi, unduh dan instal aplikasi TRACtoGo di Google Play Store dan Apple App Store. Dapatkan juga berbagai promo dan penawaran terbaik hanya di aplikasi keren ini. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi Customer Assistance Center TRAC melalui nomor telepon 1500009 atau mengirimkan email ke rco.nasional@trac.astra.co.id.

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp